Al-Faakihaaniy,
namanya adalah : ‘Umar bin ‘Aliy bin Saalim bin Shadaqah
Al-Lakhmiy Al-Iskandariy – masyhur dengan nama : Taajuddiin
Al-Faakihaaniy rahimahullah. Lahir tahun 654 H atau ada yang mengatakan 656 H.
Ibnu Katsiir rahimahullah menyifatinya dengan perkataan : asy-syaikh, ai-imaam, lagi menguasai cabang-cabang ilmu pengetahuan [Al-Bidaayah wan-Nihaayah, 14/168].
Ibnu Farhuun Al-Maalikiy rahimahullah menyifatinya
dengan perkataan : “Seorang yang faqih, mempunyai keutamaan,
menguasai cabang-cabang ilmu hadits, fiqh, ushuul, bahasa ‘Arab,
dan adab [Ad-Diibaaj Al-Madzhab fii Ma’rifati A’yaanil ‘Ulamaa’ Al-Madzhab, 1/108].
Dari
sini dapat diketahui bahwa ia seorang ulama besar madzhab Maalikiyyah
di jamannya. Ia pernah menjelaskan posisinya terhadap amalan maulid Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang kala itu banyak dilakukan manusia:
أما
بعد : فإنه قد تكرر سؤال جماعة من المباركين عن الاجتماع الذي يعمله بعض
الناس في شهر ربيع الأول ويسمونه المولد : هل له أصل في الشرع ، أو هو
بدعة وحدث في الدين ؟ ؟ وقصدوا الجواب من ذلك مبينا ، والإيضاح عنه معينا
، فقلت وبالله التوفيق : لا أعلم لهذا المولد أصلا في كتاب ولا سنة ، ولا
ينقل عمله عن أحد من علماء الأمة الذين هم القدوة في الدين المتمسكون
بآثار المتقدمين ، بل هو بدعة أحدثها المبطلون ، وشهوة نفس اعتنى بها
الأكالون بدليل أنا إذا أدرنا عليها الأحكام الخمسة : قلنا إما أن يكون
واجبا أو مندوبا ، أو مباحا أو مكروها أو محرما ، وليس هو بواجب إجماعا ،
ولا مندوبا ، لأن حقيقة المندوب : ما طلبه الشارع من غير ذم على تركه ،
وهذا لم يأذن فيه الشارع ، ولا فعله الصحابة ، ولا التابعون ، ولا العلماء
المتدينون فيما علمت ، وهذا جوابي عنه بين يدي الله تعالى إن عنه سئلت ولا
جائزا أن يكون مباحا ، لأن الابتداع في الدين ليس مباحا بإجماع المسلمين
فلم يبق إلا أن يكون مكروها أو محرما
“Amma ba’du,
sungguh telah berulang kali pertanyaan dilontarkan oleh jama’ah
orang-orang yang mendapat keberkahan tentang perkumpulan yang dilakukan
sebagian orang di bulan Rabii’ul-Awwal, yang mereka namai dengan
Maulud (Nabi) : ‘Apakah ia mempunyai asal/dalil dari
syari’at? Ataukah ia merupakan bid’ah yang diada-adakan
dalam agama ?. Mereka menghendaki jawaban dan penjelasan yang terang
tentang perkara tersebut.
Maka aku katakan – wa billaahit-taufiiq - :
Aku
tidak mengetahui asal perbuatan maulid dari Al-Kitaab (Al-Qur’an)
dan As-Sunnah. Perbuatan tersebut juga tidak pernah ternukil dari
satupun ulama umat yang menjadi teladan dalam agama dan berpegang pada
atsar ulama terdahulu. Bahkan perbuatan itu adalah bid’ah yang
diada-adakan oleh orang-orang baathil (kalangan Faathimiyyin – Abul-Jauzaa’),
serta syahwat jiwa yang diperhatikan oleh orang-orang yang senang
makan. Dalilnya, apabila aku menghendaki hukum-hukum syar’iyyah,
maka kami katakan : kemungkinan ia wajib, manduub (sunnah), mubah, makruh, atau haram. Perbuatan (maulid) itu bukan termasuk wajib secara ijmaa’. Bukan pula manduub, karena hakekatmanduub adalah sesuatu yang dituntut oleh Syaari’ (Allah) tanpa adanya celaan jika meninggalkannya. Adapun perbuatan ini (yaitu maulid) tidaklah diizinkan oleh Syaari’(Allah), tidak pernah dilakukan para shahabat, taabi’iin, dan ulama yang dijadikan pegangan dalam agama sepanjang pengetahuanku. Inilah jawabanku di hadapan Allahta’ala jika
nanti aku ditanya tentang permasalahan itu. Tidak boleh menjadikan
perkara tersebut sesuatu yang mubah, karena berbuat bid’ah dalam
agama bukanlah perkara mubah berdasarkan ijmaa’ kaum muslimin. Oleh karena itu, tidaklah tersisa kecuali perbuatan itu dihukumi makruh atau haram........” [Al-Maurid fii ‘Amalil-Maulid, hal. 20-22, Maktabah Al-Ma’aarif, Riyaadl, Cet. 1/1407].
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2014/06/fatwa-al-faakihaaniy-rahimahullah.html