Islam Pedoman Hidup: Diantara Sebab Bertambahnya Keimanan

Jumat, 02 September 2016

Diantara Sebab Bertambahnya Keimanan


​*NASEHAT ULAMA*
*_Diantara Sebab Bertambahnya Keimanan_*
💬 Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin _rahimahullåhu_ mengatakan :
🔹Bertambahnya Keimanan dengan beberapa sebab :
▫ *Sebab Pertama* : Mengenal Allah Ta’ala beserta nama² dan sifat²-Nya. Karena seseorang itu, dengan semakin mengenal Allah beserta nama² dan sifat²-Nya akan bertambah pula keimanannya tanpa diragukan lagi. 
Karena itulah, para ulama  yang mengetahui nama² dan sifat² Allah yang tidak diketahui oleh orang lain, mereka adalah orang yang paling kuat keimanannya dibandingkan selainnya dari sisi ini. 
▫ *Sebab Kedua* : Dengan memperhatikan ayat² Allah yang bersifat _kauniyah_ (alam)  dan syar’iyah (wahyu). Karena seseorang semakin ia memperhatikan ayat² _kauniyah_ yang merupakan makhluk ciptaan Allah, maka semakin bertambah keimanannya. 
Allah Ta’ala berfirman :
وفي الأرض آيات للموقنين وفي أنفسكم أفلا تبصرون 
_Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?_ (QS adz-Dzariyat 20-21).
Ayat² yang menunjukkan hal ini banyak sekali, yaitu ayat² yang menunjukkan bahwa manusia yang memikirkan dan merenungi alam semesta ini akan bertambah keimanannya.
▫ *Sebab Ketiga* : Banyak melakukan amalan ketaatan. Karena manusia yang semakin banyak  melakukan amalan ketaatan, maka akan bertambah keimanannya dengan ketaatan ini baik berupa ucapan ataupun perbuatan. 
Dzikir itu akan menambah keimanannya baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Demikian pula dengan sholat, puasa dan haji, juga akan menambah keimanannya baik secara kuantitas maupun  kualitasnya. 
📚 _Majmû’ Fatâwâ_ Syaikh Utsaimin  (I/49)
✏ @abinyasalma | abusalma.net