Islam Pedoman Hidup: Hukum Bershadaqah kepada Orang Kafir

Selasa, 27 Oktober 2015

Hukum Bershadaqah kepada Orang Kafir

Tanya :
ما حكم التبرع للكفار بالأموال الطائلة ؟
“Apa hukum bershadaqah kepada orang kafir dengan harta yang banyak ?”.


Jawab :
إذا كان ذلك لمصلحة المسلمين، فلا مانع أن ندفع شرهم، حتى الزكاة يعطى منها المؤلفة قلوبهم من الكفار مما يرجى كف شره عن المسلمين.
فالكافر الذي يرجى كف شره عن المسلمين يعطي من الزكاة التي هي فرض، فكيف لا يعطي من المال الذي ليس بزكاة من أجل دفع ضررهم عن المسلمين. وهذا مما يظنه بعض الجهال موالاة، وهو ليس موالاة، هذه مداراة لخطرهم وشرهم عن المسلمين .
“Apabila hal itu dilakukan untuk kemashlahatan kaum muslimin, maka tidak mengapa agar kita dapat menolak kejelekan mereka. Bahkan (harta) zakat pun boleh diberikan kepada orang-orang yang dibujuk hatinya (al-muallafatu quluubuhum) dari kalangankuffar yang diharapkan untuk menghentikan kejelekan mereka terhadap kaum muslimin.
Jika orang kafir yang diharapkan menghentikan kejelekan mereka terhadap kaum muslimin saja boleh diberikan harta zakat yang statusnya adalah fardlu (kewajiban), lantas bagaimana tidak diperbolehkan diberikan harta yang bukan dari jenis zakat dengan tujuan untuk menolak bahaya mereka kepada kaum muslimin ? Perbuatan ini disangka oleh sebagian orang-orang bodoh sebagai satu sikap loyalitas. Hal itu bukan loyalitas, namun termasuk sikap mudaarah (berbuat baik) karena adanya ancaman/bahaya dan kejelekan mereka terhadap kaum muslimin”.
[Fatwa Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan hafidhahullah, dari buku Al-Ajwibah Al-Mufiidah ‘an As-ilatil-Manaahijil-Jadiidah, pertanyaan no. 76 – dikutip oleh Abu Al-Jauzaa’ Al-Bogoriy, 14 Ramadlaan 1431 H].

from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2010/08/hukum-bershadaqah-kepada-orang-kafir.html