Ibnu Abi Syaibah rahimahullah berkata :
حَدَّثَنَا
ابْنُ عُلَيَّةَ، عَنِ الْجُرَيْرِيِّ، عَنِ الْحَكَمِ بْنِ الْأَعْرَجِ،
قَالَ: سَأَلْتُ ابْنَ عُمَرَ عَنْ صَلَاةِ الضُّحَى، وَهُوَ مُسْنِدٌ
ظَهْرَهُ إِلَى حُجْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَقَالَ: بِدْعَةٌ، وَنِعْمَتِ الْبِدْعَةُ ! "
Telah
menceritakan kepada kami Ibnu ‘Ulayyah, dari Al-Jurairiy, dari
Al-Hakam bin Al-A’raj, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada
Ibnu ‘Umar tentang shalat Dluhaa, yang ketika itu punggungnya
bersandar pada kamar Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Ia menjawab : “Bid’ah, dan itu adalah sebaik-baik bid’ah” [Al-Mushannaf, 2/405 no. 7859].
Sanad riwayat ini shahih, semua perawinya tsiqaat. Ibnu ‘Ulayyah termasuk perawi yang mendengar riwayat dari Al-Jurairiy sebelum ikhtilaath-nya [lihat : Al-Mukhtalithiin oleh Al-‘Alaaiy (bersama komentar muhaqqiq-nya),
hal. 37-38 no. 16, tahqiq : Raf’at bin Fauziy & ‘Aliy
bin ‘Abdil-Baasith; Maktabah Al-Khaanijiy, Kairo].
Telah masyhur bahwasannya Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa adalah salah seorang shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang berpendapat tentang bid’ahnya shalat Dluhaa.
حَدَّثَنَا
وَكِيعٌ، قَالَ: ثَنَا حَاجِبُ بْنُ عُمَرَ، عَنِ الْحَكَمِ بْنِ
الْأَعْرَجِ، قَالَ: سَأَلْتُ ابْنَ عُمَرَ عَنْ صَلَاةِ الضُّحَى؟
فَقَالَ: " بِدْعَةٌ "
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Haajib bin ‘Umar, dari Al-Hakam bin Al-A’raj,
ia berkata : Aku pernah bertanya kepafa Ibnu ‘Umar tentang shalat
Dluhaa, ia menjawab : “Bid’ah” [idem, 2/406 no. 7866].
Sanadnya shahih.
Sebagian orang ada yang mengambil riwayat Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa di
atas sebagai dalil keabsahan bid’ah hasanah dan menganggap Ibnu
‘Umar sebagai sosok penganut paham eksistensi bid’ah
hasanah.
Pendalilan mereka tertolak dalam beberapa segi dengan urutan berpikir sebagai berikut :
1. Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhu membid’ahkan shalat Dluhaa dikarenakan ia tidak mengetahui mengetahui adanya perintah atau perbuatan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang mendasarinya.
حَدَّثَنَا
مُسَدَّدٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ تَوْبَةَ،
عَنْ مُوَرِّقٍ، قَالَ: " قُلْتُ لِابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُمَا: أَتُصَلِّي الضُّحَى؟، قَالَ: لَا، قُلْتُ: فَعُمَرُ؟، قَالَ:
لَا، قُلْتُ: فَأَبُو بَكْرٍ؟، قَالَ: لَا، قُلْتُ: فَالنَّبِيُّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لَا إِخَالُهُ "
Telah
menceritakan kepada kami Musaddad, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Yahyaa, dari Syu’bah, dari Taubah, dari Muwarriq, ia
berkata : Aku pernah bertanya kepada Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma :
“Apakah engkau melakukan shalat Dluhaa ?”. Ia menjawab :
“Tidak”. Aku kembali bertanya : “Bagaimana dengan
‘Umar ?”. Ia menjawab : “Tidak”. Aku kembali
bertanya : “Abu Bakr ?”. Ia menjawab : “Tidak”.
Aku kembali bertanya : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam ?”. Ia menjawab : “Aku kira tidak” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1175].
Padahal, ada riwayat shahih bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallammengerjakan dan memerintahkan shalat Dluhaa.
حَدَّثَنَا
آدَمُ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مُرَّةَ، قَالَ:
سَمِعْتُ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ أَبِي لَيْلَى، يَقُولُ: " مَا
حَدَّثَنَا أَحَدٌ، أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى غَيْرُ أُمِّ هَانِئٍ، فَإِنَّهَا قَالَتْ:
إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ بَيْتَهَا
يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ فَاغْتَسَلَ وَصَلَّى ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ، فَلَمْ
أَرَ صَلَاةً قَطُّ أَخَفَّ مِنْهَا غَيْرَ أَنَّهُ يُتِمُّ الرُّكُوعَ
وَالسُّجُودَ "
Telah
menceritakan kepada kami Aadam : Telah menceritakan kepada kami
Syu’bah : Telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin Murrah,
ia berkata : Aku mendengar ‘Abdurrahmaan bin Abi Lailaa berkata :
“Tidak ada seorang pun yang menceritakan kepadaku bahwa ia
melihat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat Dluhaa kecuali Ummu Haani’. Sesungguhnya ia pernah berkata : “Sesungguhnya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah
masuk ke rumahnya pada hari Fathu makkah, lalu beliau mandi dan
melakukan shalat delapan raka’at. Aku tidak pernah melihat shalat
yang lebih ringan daripada itu, namun beliau tetap menyempurnakan rukuk
dan sujudnya” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1176].
حَدَّثَنَا
شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ، حَدَّثَنَا
يَزِيدُ يَعْنِي الرِّشْكَ، حَدَّثَتْنِي مُعَاذَةُ، أَنَّهَا سَأَلَتْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، " كَمْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي صَلَاةَ الضُّحَى ؟ قَالَتْ: أَرْبَعَ
رَكَعَاتٍ، وَيَزِيدُ مَا شَاءَ "
Telah
menceritakan kepada kami Syaibaan bin Farruukh : Telah menceritakan
kepada kami ‘Abdul-Waarits : Telah menceritakan kepada kami
Yaziid bin Ar-Risyk : Telah menceritakan kepadaku Mu’aadzah,
bahwasannya ia pernah bertanya kepada ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa : “Berapa raka’at Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa
mengerjakan shalat Dluhaa ?”. ‘Aaisyah menjawab :
“Empat raka’at, dan beliau menambah sebanyak yang Allah
kehendaki” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 719].
حَدَّثَنَا
سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ، أَخبرنا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ،
سَمِعَ عَاصِمَ بْنَ ضَمْرَةَ، عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي مِنَ
الضُّحَى "
Telah
menceritakan kepada kami Sulaimaan bin Daawud : Telah mengkhabarkan
kepada kami Syu’bah, dari Abu Ishaaq, ia mendengar ‘Aashim
bin Dlamrah meriwayatkan dari ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa mengerjakan shalat Dluhaa” [Diriwayatkan oleh Ahmad, 1/89; Al-Arna’uth berkata : “sanadnya qawiy (kuat)”].
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ الضُّبَعِيُّ، حَدَّثَنَا
مَهْدِيٌّ وَهُوَ ابْنُ مَيْمُونٍ، حَدَّثَنَا وَاصِلٌ مَوْلَى أَبِي
عُيَيْنَةَ، عَنْ يَحْيَى بْنِ عُقَيْلٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ يَعْمَرَ،
عَنْ أَبِي الأَسْوَدِ الدُّؤَلِيِّ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، عَنِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: " يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ
سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ،
وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ
تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ
الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا
مِنَ الضُّحَى "
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad bin Asmaa’
Adl-Dluba’iy : Telah menceritakan kepada kami Mahdiy bin Maimuun
: Telah menceritakan kepada kami Waashil maulaa Abi ‘Uyainah,
dari Yahyaa bin ‘Uqail, dari Yahyaa bin Ya’mar, dari
Abul-Aswad Ad-Dualiy, dari Abu Dzarr, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Pada
setiap pagi, setiap sendi tubuh Bani Adam harus bersedekah. Setiap
tasbih bisa menjadi sedekah. Setiap tahmid bisa menjadi sedekah. Setiap
tahlil bisa menjadi sedekah. Setiap takbir bisa menjadi sedekah. Setiap
amar ma’ruf nahi munkar juga bisa menjadi sedekah. Semua itu
dapat digantikan dengan raka’at yang dilakukan pada waktu
Dluha” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 720].
Orang yang mengetahui menjadi hujjah bagi orang yang tidak mengetahui.
2. Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa tidaklah menafikkan shalat Dluhaa secara mutlak. Shalat tersebut masyru’ dilakukan jika baru datang dari bepergian.
حَدَّثَنَا
إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الصَّوَّافُ، نَا سَالِمُ بْنُ نُوحٍ
الْعَطَّارُ، أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ
عُمَرَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ
يُصَلِّي الضُّحَى إِلا أَنْ يَقْدَمَ مِنْ غَيْبَةٍ "
Telah
menceritakan kepada kami Ishaaq bin Ibraahiim Ash-Shawwaaf : Telah
menceritakan kepada kami Saalim bin Nuuh Al-‘Aththaar : Telah
mengkhabarkan kepada kami ‘Ubaidullah, dari Naafi’, dari
Ibnu ‘Umar : Bahwasannya Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak
mengerjakan shalat Dluhaa kecuali jika baru datang dari
bepergian” [Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah 2/230-231 no. 1229;
dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam ta’liq Shahih Ibni Khuzaimah].
3. Bersamaan dengan itu, Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa juga pernah mengerjakannya.
ثَنَا
لَيْثٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، كَانَ يُسْأَلُ
عَنْ صَلاةِ الضُّحَى فَلا يَنْهَى وَلا يَأْمُرُ بِهَا، وَيَقُولُ: "
إِنَّمَا أَصْنَعُ كَمَا رَأَيْتُ أَصْحَابِي يَصْنَعُونَ، وَلَكِنْ لا
تُصَلُّوا عِنْدَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَلا عِنْدَ غُرُوبِهَا "
Telah
menceritakan kepada kami Laits, dari Naafi’, dari ‘Abdullah
bin ‘Umar, bahwa ia pernah ditanya tentang shalat Dluhaa, maka ia
tidak melarangnya dan tidak pula memerintahkannya. Ia berkata :
“Aku hanyalah melakukannya sebagaimana aku lihat para shahabatku
melakukannya. Akan tetapi janganlah kalian mengerjakannya ketika
matahari terbit dan tenggelamnya" [Diriwayatkan oleh Abu Jahm
Al-Baghdaadiy dalam Juz-nya no. 17; sanadnya shahih].
Jelasnya lagi dalam riwayat :
حَدَّثَنَا
يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ هُوَ الدَّوْرَقِيُّ، حَدَّثَنَا ابْنُ
عُلَيَّةَ، أَخْبَرَنَا أَيُّوبُ، عَنْ نَافِعٍ، أَنَّ ابْنَ عُمَرَ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا كَانَ لَا يُصَلِّي مِنَ الضُّحَى إِلَّا فِي
يَوْمَيْنِ يَوْمَ يَقْدَمُ بِمَكَّةَ، فَإِنَّهُ كَانَ يَقْدَمُهَا ضُحًى
فَيَطُوفُ بِالْبَيْتِ ثُمَّ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ خَلْفَ الْمَقَامِ،
وَيَوْمَ يَأْتِي مَسْجِدَ قُبَاءٍ فَإِنَّهُ كَانَ يَأْتِيهِ كُلَّ
سَبْتٍ، فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَرِهَ أَنْ يَخْرُجَ مِنْهُ حَتَّى
يُصَلِّيَ فِيهِ، قَالَ: وَكَانَ يُحَدِّثُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَزُورُهُ رَاكِبًا وَمَاشِيًا، قَالَ:
وَكَانَ يَقُولُ: إِنَّمَا أَصْنَعُ كَمَا رَأَيْتُ أَصْحَابِي
يَصْنَعُونَ، وَلَا أَمْنَعُ أَحَدًا أَنْ يُصَلِّيَ فِي أَيِّ سَاعَةٍ
شَاءَ مِنْ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ، غَيْرَ أَنْ لَا تَتَحَرَّوْا طُلُوعَ
الشَّمْسِ وَلَا غُرُوبَهَا
Telah
menceritakan kepada kami Ya’quub bin Ibraahiim Ad-Dauraqiy :
Telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Ulayyah : Telah
mengkhabarkan kepada kami Ayyuub, dari Naafi’ : Bahwasannya Ibnu
‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa tidak
pernah mengerjakan shalat Dhuha kecuali pada dua kali, yaitu hari
ketika dia mengunjungi Makkah saat dia memasuki kota Makkah di waktu
Dhuha lalu dia melakukan thawaf di Ka’bah kemudian shalat dua
raka'at di belakang maqaam (Ibraahiim).
Dan yang lain adalah saat ia mengunjungi masjid Qubaa', yang ia
mendatanginya pada hari Sabtu. Bila ia telah memasukinya, maka ia
enggan untuk keluar darinya hingga ia shalat terlebih dahulu di
dalamnya. Berkata Nafi' : "Dan Ibnu'Umar radliallaahu 'anhumaa menceritakan bahwa Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam pernah mengunjungi (masjid Qubaa') baik dengan berkendaraan ataupun berjalan kaki". Berkata Nafi' : Dan Ibnu 'Umar radliallaahu 'anhumaa berkata
: "Sesungguhnya aku mengerjakan yang demikian seperti aku melihat para
sahabatku melakukannya, namun aku tidak melarang seseorangpun untuk
mengerjakan shalat pada waktu kapanpun yang ia suka baik di waktu malam
maupun siang hari, asalkan tidak bersamaan waktunya saat terbitnya
matahari atau saat tenggelam" [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1192].
Dari sini terdapat sedikit kejelasan bahwa ‘sebaik-baik bid’ah’ yang dimaksudkan oleh Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa adalah
terkait shalat sunnah mutlak yang dilakukan oleh seorang muslim pada
waktu malam dan siang, dan kemudian orang-orang banyak melakukannya
pada waktu Dluhaa. Di satu sisi Ibnu ‘Umar mengetahui bahwa
shalat sunnah mutlak siang dan malam itu adalah masyru’,
namun di sisi lain ia tidak mengetahui adanya dalil pendawaman shalat
Dluhaa secara khusus di luar waktu ketika tiba dari bepergian.
Dengan
kata lain, perkataan sebaik-baik bid’ah yang diucapkan Ibnu
‘Umar tadi terkait dengan shalat sunnah mutlak yang banyak
dikerjakan kaum muslimin pada waktu Dluhaa, bukan pada shalat
Dluhaa-nya itu sendiri.
Oleh karena itu, bid’ah dalam perkataan ‘sebaik-baik bid’ah’ dari Ibnu ‘Umarradliyallaahu ‘anhumaa adalah bid’ah secara bahasa (lughawiy). Bukan bid’ah secara istilah. Telah masyhur perkataan Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa tentang penafikan eksistensi bid’ah hasanah sebagaimana riwayat :
أَخْبَرَنَا
أَبُو طَاهِرٍ الْفَقِيهُ، وَأَبُو سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَمْرٍو، قَالا:
ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ الأَصَمُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ
الْمُنَادِي، ثنا شَبَابَةُ، ثنا هِشَامُ بْنُ الْغَازِ، عَنْ نَافِعٍ،
عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: " كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلالَةٌ، وَإِنْ رَآهَا
النَّاسُ حَسَنَةً "
Telah
mengkhabarkan kepada kami Abu Thaahir Al-Faqiih dan Abu Sa’iid
bin Abi ‘Amru, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada
kami Abul-‘Abbaas Al-Asham : Telah menceritakan kepada kami
Muhammad bin ‘Ubaid Al-Munaadiy : Telah menceritakan kepada kami
Syabaabah : Telah menceritakan kepada kami Hisyaam bin Al-Ghaar, dari
Naafi, dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : “Setiap bid’ah adalah sesat, meskipun orang-orang memandangnya sebagai satu kebaikan (bid'ah hasanah)[Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Al-Madkhal no. 19; sanadnya hasan].
Dan inilah praktek Ibnu ‘Umar dalam penafikan bid’ah hasanah :
حَدَّثَنَا
حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ، حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ الرَّبِيعِ،
حَدَّثَنَا حَضْرَمِيٌّ مَوْلَى آلِ الْجَارُودِ، عَنْ نَافِعٍ، أَنَّ
رَجُلًا عَطَسَ إِلَى جَنْبِ ابْنِ عُمَرَ، فَقَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ
وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ، قَالَ ابْنُ عُمَرَ: وَأَنَا أَقُولُ
الْحَمْدُ لِلَّهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ، وَلَيْسَ هَكَذَا
عَلَّمَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَّمَنَا،
أَنْ نَقُولَ: " الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ "
Telah
menceritakan kepada kami Humaid bin Mas’adah : Telah menceritakan
kepada kami Ziyaad bin Ar-Rabii’ : Telah menceritakan kepada kami
Hadlramiy maulaa aali Al-Jaarud, dari Naafi’ : Bahwasannya ada
seorang laki-laki yang bersin di samping Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhu, lalu dia berkata : “Alhamdulillah was-salaamu ‘alaa Rasuulillaah (segala puji bagi Allah dan kesejahteraan bagi Rasulullah)”. Maka Ibnu ‘Umar berkata : “Dan aku mengatakan : alhamdulillah was-salaamu ‘alaa Rasuulillah. Akan tetapi tidak demikian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengajari kami. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengajari kami untuk mengucapkan (ketika bersin) : ‘Alhamdulillah ‘alaa kulli haal’ (Alhamdulillah dalam segala kondisi)” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no. 2738].
Seluruh perawinya tsiqaat, kecuali Hadlramiy, seorang yang maqbuul. Ia mempunyaimutaba’ah dari Sulaimaan bin Muusaa sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Asy-Syaamiyyiin 1/186 no. 323. Oleh karena itu riwayat ini adalah hasan.
Kembali ke awal pembicaraan. Tidak ada petunjuk yang shahih dan sharih dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa tentang pelegalan eksistensi bid’ah hasanah. Seandainya ada yang tetap keukeuh menganggap
Ibnu ‘Umar mendukung bid’ah hasanah, maka hakekatnya ia
hanya mengambil satu riwayat dan membutakan diri terhadap
riwayat-riwayat lainnya, serta enggan melakukan pengkompromian untuk
menghasilkan satu pemahaman komprehensif madzhab Ibnu ‘Umar dalam
masalah bid’ah.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – wonokarto, wonogiri, 12072012].
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2012/07/memahami-bidah-hasanah-ibnu-umar.html
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2012/07/memahami-bidah-hasanah-ibnu-umar.html