Islam Pedoman Hidup: Pendapat Yang Harus Diingkari…

Jumat, 24 Juni 2016

Pendapat Yang Harus Diingkari…

Assalamualaikum tanya ustadz, pada jaman sekarang (saat ini) apa masih ada malam lailatul qodr ? karena ada yang bilang malam lailatul qodr itu malam diturunkannya Al Qur’an.
Atas pencerahannya disampaikan terimakasih.
Jawaban:
Waalaikumussalam warohmatulloh.
Ana jawab dalam beberapa poin berikut:
1. Yang dimaksud malam diturunkannya Al Qur’an, adalah malam diturunkannya Al Qur’an ke langit dunia secara sekaligus.. bukan tahap pertahap.
Karena penurunan Al Qur’an itu dua macam, ada yang sekaligus, sebagaimana penurunan Al Qur’an pada malam lailatul qodar. Dan ada yang bertahap, sebagaimana diturunkannya Al Qur’an sesuai peristiwa yang dialami oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
Dan penurunan Al Qur’an secara sekaligus ke langit dunia itu lebih dahulu.. daripada penurunan Al Qur’an secara bertahap.
2. Ketika Allah mengatakan bahwa Al Qur’an diturunkan pada malam lailatul qodar, bukan berarti tidak ada malam lailatul qodar yang tidak diturunkan Al Qur’an di dalamnya.. seperti ketika kita mengatakan, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dilahirkan pada hari senin, bukan berarti tidak ada hari senin yang di situ tidak dilahirkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
Karena malam lailatul qodar itu lebih umum daripada malam penurunan Al Qur’an tersebut, sebagaimana hari senin lebih umum daripada hari kelahiran Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.. semoga bisa dipahami.
3. Kalau lailatul qodar tidak ada lagi setelah penurunan Al Qur’an, lalu untuk apa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berusaha mendapatkannya, padahal Al Qur’an telah diturunkan secara sekaligus sebelum itu.
4. Lalu untuk apa juga beliau menyarankan kepada para sahabatnya untuk mencarinya di 10 malam terakhir.
5. Untuk apa para isteri beliau, dan para sahabat beliau, setelah wafatnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berusaha mencari dan mendapatkan malam lailatul qodar?!
Begitu pula para imam setelah mereka, mengapa mereka masih mencari malam lailatul qodar.. bahkan membahas tentang kapan lailatul qodar bisa didapatkan.
Intinya, pendapat yang mengatakan bahwa lailatul qodar tidak ada lagi sekarang, adalah pendapat yang ganjil, sangat lemah, tidak berdasar, dan harus diingkari, wallohu a’lam.
Musyaffa’ Ad Dariny,  حفظه الله تعالى

from=http://www.situssunnah.com/?utm_source=feedburner&utm_medium=email&utm_campaign=Feed%3A+KumpulanSitusSunnah+%28Kumpulan+Situs+Sunnah%29#!/articles/pendapat-yang-harus-diingkari