Islam Pedoman Hidup: Kaidah Memahami Al Qur’an Ke 7 : Cara Penetapan Kenabian…

Kamis, 14 Juli 2016

Kaidah Memahami Al Qur’an Ke 7 : Cara Penetapan Kenabian…

Kaidah-kaidah memahami Al Qur’an yang diambil dari kitab Qowa’idul Hisaan yang ditulis oleh Syaikh Abdurrohman As Sa’diy.
Kaidah ke 7 :
Tata cara al qur’an dalam menetapkan kenabian Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.
Al qur’an mejelaskan bahwa beliau adalah nabi yang ummiy tdak dapat membaca dan menulis. Maka sangat tidak mungkin al qur’an  ini berasal dari pemikiran beliau semata sementara Allah menantang para ahli bahasa arab untuk membuat uang seperti al qur’an, dan mereka tidak mungkin dapat membuatnya.
Al qura’an menceritakan kisah kisah para Nabi terdahulu secra panjang sesuai dengan kenyataan yang tidak dapat dipungkiri akan kebenarannya. Memastikan bahwa beliau mendapat wahyu dari Allah Ta’ala.
Al qur’an menetapkan kesempurnaan hikmah Allah dan kekuasaanNya. Maka orang yang meragukan risalah beliau berarti telah meragukan hikmah Allah dan kekuasaanNya.
Al qur’an menyifati beliau dengan sifat yang sempurna berupa akhlak yang indah. Akhlak dan sifat yang tidak dapat disaingi oleh manusia manapun sebagai bukti bahwa beliau adalah utusan Rabbul ‘alamin.
Al qur’an menyebutkan bahwa kitab kitab suci sebelumnya telah memberikan kabar gembira akan kedatangan Rasulullah dengan menyebutkan namanya, sifatnya dan sifat umatnya.
Al qur’an mengabarkan tentang kejadian kejadian yang telah berlalu dan yang akan terjadi di masa depan sebagai penguatan bahwa beliau diberikan wahyu.
Al qur’an menetapkan risalah beliau dengan mukjizat yang luar biasa yang manusia manapun akan lemah di hadapannya.
Dan cara cara lain dari al qur’an dalam menetapkan risalah kenabian beliau shallallahu alaihi wasallam.
Badru Salam,  حفظه الله تعالى

sumber=http://bbg-alilmu.com/archives/19300