(A) : “Bang, katanya, shalawatan yang abang lakukan itu bid’ah”.
(B) : “Bid’ah gimana, masak orang demen ngucapan shalawat buat kanjeng Nabi dilarang. Justru dapet pahala”.
(A) : “Bukan masalah shalawatnya
bang, katanya, cara
abang yang ngumpulin penduduk tiap malem Jum’at buat shalawatan berjama’ah itu yang kagak ada contohnya dari
kanjeng Nabi. Bid’ah pan itu
namanya…”.
(B) : “Tong, itu namanya
bid’ah hasanah. Bid’ah yang baek,
karena maksudnya baek. Lagian, gak ada larangan”.
=====
Di lain kesempatan A dan B ketemu ngantri di depan toilet umum
(A) : “Allaahumma baarik lana fii maa razaqtanaa
wa qinaa ‘adzaaban-naar” (lalu A masuk toilet)”.
[setelah A keluar]
(B) : “Tong, doa yang ente baca itu doa mau makan, bukan buat masuk WC”.
(A) : Kemarin ane nemu ni doa di kertas bungkus
kacang. Baca terjemahannya, kok bagus, mohon berkah dan dijauhkan dari neraka. Kata abang tempo hari, yang
penting baik dan gak ada larangan ngucapinnya. Jadi ane pikir, kalau setiap ane masuk WC
ngucapin ini doa, ane pasti dikasih pahala. Kalaupun bid’ah, ya bid’ah hasanah lah”.
(B) : “Bukan gitu tong. Tetep saja itu doa makan. Santri diniyyah aja tau kok. Dan memang gitu yang diajarin pak kiyai
sama ane dan santri laennya. Kalau doa masuk toilet tu : Allaahumma a’uudzubika minal-khubutsi
wal-khabaaits. Masing-masing doa itu ade tempatnya Tong, jangan bikin aturan
sendiri seenaknya”
(A) : “Nah lho, gimana sih Bang ?? Abang sendiri yang kemaren
bilang asalkan baek kagak apa-apa diamalkan, kalopun bid’ah ya itu bid’ah
hasanah. Jadi ane pikir boleh-boleh saja asal doa, yang
penting baek Bang.. Lagian kan kagak ada larangannya Bang”
(B) : Emm.. Engg..
[Taken and edited from Dony Arif Wibowo Wall post]
“”””””””””””””
Komentar admin :
Demikianlah yang namanya bid’ah (yang dianggap) hasanah : Penuh kontradiksi karena memang
tak ada standart yang jelas, dan tak lebih dari sekedar opini menurut masing-masing orang. Baik menurut si A, belum tentu baik
menurut si B, baik kata si B, belum tentu baik kata si C, demikian seterusnya. Setiap pelaku bid’ah hasanah
pasti mengklaim bahwa amalannya adalah hasanah.
Lantas, apa fungsi Qur’an dan Sunnah kalo masing-masing orang bebas
menganggap baik amalannya sendiri-sendiri ???
Kata Imam Syafi’I rahimahullaah
:
“BARANGSIAPA YANG BER-ISTIHSAN (menganggap baik sebuah
perbuatan yang tidak ada dasarnya dalam AL Qur’an dan Sunnah) maka sungguh dia telah (menandingi ALLAH
dalam) membuat Syariat”
Renungkanlah apa yang dikatakan Ibnu Mas’ud radhiyallaahu anhu :
“Betapa banyak orang yang
menginginkan kebaikan, namun tidak mendapatkannya”(HR. Ad Darimi , atsar Abdullah bin Mas’ud)
UstadzAris.com