Ada beberapa adab majelis ilmu yang mungkin sudah kita lupakan dan
lalaikan, yaitu berusaha mencatat ilmu tersebut. Seringnya kita datang
ke majelis ilmu dengan niat yang kurang ikhlas, datang ke majelis ilmu
hanya sekedar mendengarkan sambil santai-santai, itupun tidak serius,
ada yang sambil bermain HP, ada yang sambil bersandar di posisi paling
belakang dan adab yang tidak selayaknya ada di majelis ilmu yang mulia
serta di do'akan oleh para malaikat. Bahkan ada yang niatnya kurang baik
yaitu majelis ilmu dengan tujuan utama ngumpul-ngumpul, kopdar, ingin
ketemu ustadznya atau tujuannya berdagang saja. Semoga niat ini bisa
diperbaiki agar mendapatkan keberkahan ilmu dengan adab majelis yang
benar.
Anjuran mencatat ilmu
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam,
قَيِّدُوا الْعِلْمَ بِالْكِتَابِ
“Ikatlah ilmu dengan dengan menulisnya”1
Bahkan beliau memerintahkan sebagian sahabatnya agar menulis ilmu.
Salah satunya adalah Abdullah bin ‘Amru. Beliau bersabda kepadanya:
اكْتُبْ، فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، مَا خَرَجَ مِنْهُ إِلَّا حَقٌّ
“Tulislah. Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya. Tidaklah keluar darinya melainkan kebenaran”2
Imam Asy Syafi’i rahimahullah berkata,
الْعِلْمُ صَيْدٌ وَالْكِتَابَةُ قَيْدُهُ قَيِّدْ صُيُوْدَكَ بِالْحِبَالِ الْوَاثِقَهْ
فَمِنَ الْحَمَاقَةِ أَنْ تَصِيْدَ غَزَالَةً وَتَتْرُكَهَا بَيْنَ الْخَلاَئِقِ طَالِقَهْ
Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya
Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat
Termasuk kebodohan kalau engkau memburu kijang
Setelah itu kamu tinggalkan terlepas begitu saja3
Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat
Termasuk kebodohan kalau engkau memburu kijang
Setelah itu kamu tinggalkan terlepas begitu saja3
Sampai-sampai Asy-Sya’bi rahimahullah berkata,
إِذَا سَمِعْتَ شَيْئًا فَاكْتُبْهُ وَلَوْ فِي الْحَائِطِ
“Apabila engkau mendengar sesuatu ilmu, maka tulislah meskipun pada dinding”4
Mencatat ilmu agar tidak mudah lupa
Daya ingat manusia lemah dan terbatas, karenanya kita dianjurkan agar
mencatat ilmu. Dengan mencatat ilmu ketika di majelis, maka kita
berusaha merangkum apa yang didengar dan mencatatnya. Ini membuat lebih
fokus ketika mengikuti majelis ilmu dan membuat ingatan lebih kokoh dan
yang lebih penting sikap ini menunjukkan perhatian kita terhadap ilmu
serta memulia ilmu agama yang berkah ini.
Tafsir surat Al-Alaq yaitu agar kita mencatat ilmu agar tidak mudah
lupa, yaitu membaca dari tulisan. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
rahimahullah berkata,
قلنا: نعم له دواء ـ بفضل الله ـ وهي الكتابة،
ولهذا امتن الله عز وجل على عباده بها فقال: {اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ
الَّذِى خَلَقَ * خَلَقَ الإِنسَـنَ مِنْ عَلَقٍ * اقْرَأْ وَرَبُّكَ
الاَْكْرَمُ * الَّذِى عَلَّمَ بِالْقَلَمِ}. (العق: 1 ـ 4). فقال (اقرأ)
ثم قال: {الَّذِى عَلَّمَ بِالْقَلَمِ } يعني اقرأ من حفظك، فإن لم يكن فمن
قلمك، فالله تبارك وتعالى بين لنا كيف نداوي هذه العلة، وهي علة النسيان
وذلك بأن نداويها بالكتابة، والان أصبحت الكتابة أدقُّ من الأول، لأنه وجد ـ
بحمد الله ـ الان المسجِّل
“kita katakan, iya. Lupa ada obatnya –dengan karunia dari Allah-
yaitu menulisnya. Karenanya Allah memberi karunia kepada hamba-Nya
dengan surat Al-Alaq. Yaitu “iqra’” kemudian “mengajarkan dengan
perantara pena”. Maksudnya, bacalah dengan hapalannya, jika tidak hapal
maka dengan tulisanmu.
Allah Tabaraka Ta’ala menjelaskan kepada kita bagaimana mengobati penyakit ini yaitu penyakit lupa dan kita obati dengan menulis. Dan sekarang menulis lebih mudah dibanding dahulu karena mudah didapatkan dan segala puji bagi Allah, sekarang bisa direkam.”5
Ikat juga ilmu dengan amal
Di zaman sekarang di mana sarana tulis-menulis dan kemudahan copy-paste serta sarana sosial media internet, maka mencatat dan menyalin cukup mudah, karenanya ada ungkapan,
قيد العلم بالعمل
“ikatlah ilmu dengan mengamalkannya”
Ilmu lebih layak diikat dengan amal karena ilmu yang telah diikat
dikitab-kitab telah banyak dilupakan. Apalagi di zaman ini kita sangat
butuh terhadap amal, contoh akhlak mulia bagi masyarakat.
***
@Laboratorium RS Manambai, Sumbawa Besar – Sabalong Samalewa
Penyusun: dr. Raehanul Bahraen
Artikel Muslim.or.id
___
1 Silsilah Ash-Shahiihah no. 2026
2 HR. Ahmad 2/164 & 192, Al-Haakim 1/105-106, shahih
3 Diwan Syafi’I hal. 103
4 Al-‘Ilmu no. 146 oleh Abu Khaitsamah
5 Mutshalah Hadits syaikh Al-Utsaimin