Membunuh Jiwa Seorang Muslim Tanpa Hak Termasuk Diantara Dosa Besar yang Paling Besar
Allah ta’ala berfirman :
وَمَنْ
يَقْتُلْ مُؤْمِناً مُتَعَمِّداً فَجَزَاؤُهُ جَهَنَّمُ خَالِداً فِيهَا
وَغَضِبَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهُ وَأَعَدَّ لَهُ عَذَاباً عَظِيماً
“Dan
barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka
balasannya ialah Jahanam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka
kepadanya, dan melaknatnya, serta menyediakan azab yang besar baginya” [QS. An-Nisaa’ : 93].
Tidaklah Allah ta’ala memberikan
hukuman terhadap satu perbuatan dengan kekekalan di Jahannam, murka
kepadanya, melaknatnya, dan adzab yang besar; melainkan perbuatan
tersebut sangat besar dosanya di sisi Allah – hingga sebagian
salaf berpendapat pelaku pembunuhan seorang muslim secara sengaja tidak
diterima taubatnya.
حَدَّثَنَا
الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدٍ الزَّعْفَرَانِيُّ، حَدَّثَنَا شَبَابَةُ،
حَدَّثَنَا وَرْقَاءُ بْنُ عُمَرَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
" يَجِيءُ الْمَقْتُولُ بِالْقَاتِلِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ نَاصِيَتُهُ
وَرَأْسُهُ بِيَدِهِ وَأَوْدَاجُهُ تَشْخَبُ دَمًا، يَقُولُ: يَا رَبِّ
هَذَا قَتَلَنِي حَتَّى يُدْنِيَهُ مِنَ الْعَرْشِ "، قَالَ: فَذَكَرُوا
لِابْنِ عَبَّاسٍ التَّوْبَةَ فَتَلَا هَذِهِ الْآيَةَ وَمَنْ يَقْتُلْ
مُؤْمِنًا مُتَعَمِّدًا فَجَزَاؤُهُ جَهَنَّمُ، قَالَ: مَا نُسِخَتْ
هَذِهِ الْآيَةُ وَلَا بُدِّلَتْ وَأَنَّى لَهُ التَّوْبَةُ،
Telah
menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Muhammad Az-Za’faraaniy :
Telah menceritakan kepada kami Syabaabah : Telah menceritakan kepada
kami Warqaa’ bin ‘Umar, dari ‘Amru bin Diinaar, dari
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “ "Akan
datang orang yang dibunuh bersama orang yang membunuhnya pada hari
kiamat dengan memegang jambul dan kepalanya dengan tangannya, dan urat
lehernya mengucurkan darah. Ia berkata : ‘Wahai Rabb, orang ini
telah membunuhku’. Hingga Allah menghinakannya dari 'Arsy".
'Amru berkata : Kemudian orang-orang menyebutkan taubat kepada Ibnu
Abbas, kemudian ia (Ibnu ‘Abbaas) membaca ayat ini : ‘Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahanam’ (QS.
An-Nisaa’ : 93). Ia berkata : “Ayat tersebut tidak dihapus
dan tidak pula diganti, dan bahwasannya taubatnya tidaklah diterima[1]” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy 5/122-123 no. 3029; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy 3/219-220].
Membunuh Jiwa Seorang Muslim Tanpa Hak Termasuk Perkara yang Membinasakan (Pelakunya)
حَدَّثَنِي
هَارُونُ بْنُ سَعِيدٍ الأَيْلِيُّ، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ:
حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ، عَنْ ثَوْرِ بْنِ زَيْدٍ، عَنْ
أَبِي الْغَيْثِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ
"، قِيلَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَمَا هُنَّ؟ قَالَ: " الشِّرْكُ
بِاللَّهِ، وَالسِّحْرُ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ
إِلَّا بِالْحَقِّ، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ، وَأَكْلُ الرِّبَا،
وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ، وَقَذْفُ الْمُحْصِنَاتِ الْغَافِلَاتِ
الْمُؤْمِنَاتِ "
Telah
menceritakan kepadaku Haaruun bin Sa’iid Al-Ailiy : Telah
menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, ia berkata : Telah menceritakan
kepadaku Sulaimaan bin Bilaal, dari Tsaur bin Zaid, dari Abul-Ghaits,
dari Abu Hurairah : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : “Jauhilah oleh kalian tujuh perkara yang membinasakan”. Dikatakan : “Wahai Rasulullah, apakah itu ?”. Beliau menjawab : “Syirik
kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan
hak, memakan harta anak yatim, memakan riba, melarikan diri dari
peperangan, dan menuduh wanita mukminah baik-baik lagi suci telah
berbuat zina” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 89].
(Dosa) Membunuh Jiwa Seorang Muslim Tanpa Hak Seperti (Dosa) Membunuh Semua Umat Manusia[2]
Allah ta’ala berfirman :
مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الأرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا
“Barangsiapa
yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang
lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka
seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya” [QS. Al-Maaidah : 32].
Pembunuh Bukan Termasuk Orang yang Berada di Atas Agama dan Petunjuk Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
حَدَّثَنَا
مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ، حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " مَنْ حَمَلَ عَلَيْنَا
السِّلَاحَ، فَلَيْسَ مِنَّا "
Telah
menceritakan kepada kami Muusaa bin Ismaa’iil : Telah
menceritakan kepada kami Juwairiyyah, dari Naafi’, dari
‘Abdullah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma, dari Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Barangsiapa yang mengangkat senjatanya kepada kami, maka ia bukan termasuk golongan kami” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6874].
An-Nawawiy rahimahullah berkata :
وَمَعْنَاهُ
عِنْد أَهْل الْعِلْم أَنَّهُ لَيْسَ مِمَّنْ اِهْتَدَى بِهَدْيِنَا
وَاقْتَدَى بِعِلْمِنَا وَعَمَلِنَا وَحُسْنِ طَرِيقَتِنَا
“Maknanya
menurut para ulama adalah ia bukan termasuk orang yang mendapatkan
petunjuk dengan petunjuk kami, serta (bukan termasuk orang yang)
mengikuti ilmu, amal, dan baiknya jalan kami” [Syarh Shahiih Muslim, 1/109].
Jika
mengangkat senjata saja sudah mendapatkan ancaman seperti itu, lantas
bagaimana dengan orang yang benar-benar mengayunkannya sehingga darah
kaum muslimin teralirkan ?.
Pembunuhan adalah Amalan yang Pertama Kali Dihisab di Hari Kiamat
حَدَّثَنَا
عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ،
حَدَّثَنِي شَقِيقٌ، سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ،
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " أَوَّلُ مَا يُقْضَى
بَيْنَ النَّاسِ بِالدِّمَاءِ "
Telah
menceritakan kepada kami ‘Umar bin Hafsh : Telah menceritakan
kepada kami ayahku : Telah menceritakan kepada kami Al-A’masy :
Telah menceritakan kepadaku Syaqiiq : Aku mendengar ‘Abdullah
(bin Mas’uud) radliyallaahu ‘anhu berkata : Telah bersabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Sesuatu yang pertama kali diputuskan kelak (pada hari kiamat) di antara manusia adalah masalah darah” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6533].
Lenyapnya Dunia dan Seisinya Lebih Ringan di Sisi Allah daripada Terbunuhnya Jiwa Seorang Muslim Tanpa Hak
أَخْبَرَنَا
يَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ الْبَصْرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي
عَدِيٍّ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: " لَزَوَالُ الدُّنْيَا أَهْوَنُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ
قَتْلِ رَجُلٍ مُسْلِمٍ "
Telah
mengkhabarkan kepada kami Yahyaa bin Hakiim Al-Bashriy, ia berkata :
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi ‘Adiy, dari
Syu’bah, dari Ya’laa bin ‘Athaa’, dari ayahnya,
dari ‘Abdullah bin ‘Amru, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Lenyapnya/hancurnya dunia lebih rendah kedudukannya di sisi Allah daripada terbunuhnya seorang muslim” [Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 3987;dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan An-Nasaa’iy 3/74].
حَدَّثَنَا
هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، حَدَّثَنَا
مَرْوَانُ بْنُ جَنَاحٍ، عَنْ أَبِي الْجَهْمِ الْجُوزَجَانِيِّ، عَنِ
الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: " لَزَوَالُ الدُّنْيَا أَهْوَنُ عَلَى اللَّهِ مِنْ
قَتْلِ مُؤْمِنٍ بِغَيْرِ حَقٍّ "
Telah
menceritakan kepada kami Hisyaam bin ‘Ammaar : Telah menceritakan
kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami
Marwaan bin Janaah, dari Abul-Jahm Al-Juuzajaaniy, dari
Al-Barraa’ bin ‘Aazib : Bahwasannya Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : “Lenyapnya/hancurnya dunia lebih rendah kedudukannya di sisi Allah daripada terbunuhnya seorang muslim tanpa hak” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 2619; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Ibni Maajah 2/339].
أَخْبَرَنَا
أَبُو نَصْرِ بْنُ قَتَادَةَ، نا أَبُو عَمْرٍو إِسْمَاعِيلُ بْنُ
نُجَيْدٍ السُّلَمِيُّ، نا جَعْفَرٌ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ سَوَادَةَ، نا
الْحُسَيْنُ بْنُ مَنْصُورٍ، نا حَفْصُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، نا
شِبْلُ بْنُ عَبَّادٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ، قَال: لَمَّا نَظَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْكَعْبَةَ، فَقَالَ: " مَرْحَبًا بِكِ مِنْ
بَيْتٍ مَا أَعْظَمَكِ، وَأَعْظَمَ حُرْمَتَكِ، وَلَلْمُؤْمِنُ أَعْظَمُ
عِنْدَ اللَّهِ حُرْمَةً مِنْكِ "
Telah
mengkhabarkan kepada kami Abu Nashr bin Qataadah : Telah mengkhabarkan
kepada kami Abu ‘Amru Ismaa’iil bin Nujaid As-Sulamiy :
Telah mengkhabarkan kepada kami Ja’far bin Muhammad bin Sawaadah
: Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain bin Manshuur : Telah
mengkhabarkan kepada kami Hafsh bin ‘Abdirrahmaan : Telah
mengkhabarkan kepada kami Syibl bin ‘Abbaad, dari Ibnu Abi
Najiih, dari Mujaahid, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : Ketika
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallammemandang Ka’bah, beliau bersabda : “Selamat
datang wahai Ka’bah, betapa agungnya engkau dan betapa agung
kehormatanmu. Akan tetapi orang mukmin lebih agung di sisi Allah
daripadamu” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan, no. 4014; shahih].
Ibnul-‘Arabiy rahimahullah berkata :
ثبت النهي عن قتل البهيمة بغير حق والوعيد في ذلك فكيف بقتل الآدمي فكيف بالمسلم فكيف بالتقي الصالح
“Telah
tetap adanya larangan membunuh binatang tanpa hak dan ancaman terhadap
perbuatan tersebut. Maka bagaimana halnya dengan membunuh manusia ?
bagaimana halnya dengan membunuh seorang muslim ? dan bagaimana halnya
dengan membunuh seorang yang bertaqwa lagi shaalih ?” [Fathul-Baariy, 12/189].
Membunuh Jiwa Seorang Muslim Tanpa Hak Menyebabkan Pelakunya Terhalang Mengerjakan Amal Kebaikan
حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بْنُ الْمُعَلَّى الدِّمَشْقِيُّ، ثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ،
ثَنَا صَدَقَةُ بْنُ خَالِدٍ. ح وَحَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ دُحَيْمٍ
الدِّمَشْقِيُّ، ثَنَا أَبِي، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ
شَابُورَ، قَالا: ثَنَا خَالِدُ بْنُ دِهْقَانَ، ثَنَا عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ أَبِي زَكَرِيَّا، عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ، عَنْ أَبِي
الدَّرْدَاءِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "
لا يَزَالُ الْمُؤْمِنُ مُعْنِقًا صَالِحًا مَا لَمْ يُصِبْ دَمًا
حَرَامًا، فَإِذَا أَصَابَ دَمًا حَرَامًا بَلَّحَ "
Telah
menceritakan kepada kami Ahmad bin Al-Mu’allaa Ad-Dimasyqiy :
Telah menceritakan kepada kami Hisyaam bin ‘Ammaar : Telah
menceritakan kepada kami Shadaqah bin Khaalid (ح).
Dan telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Duhaim Ad-Dimasyqiy :
telah menceritakan kepada kami ayahku : Telah menceritakan kepada kami
Muhammad bin Syu’aib bin Syaabuur; mereka berdua berkata : Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Abi Zakariyyaa, dari
Ummud-Dardaa’, dari Abud-Dardaa’, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Seorang
mukmin senantiasa mendapatkan taufiq bersegera mengerjakan kebaikan
selama belum menumpahkan darah yang haram. Apabila ia menumpahkan darah
yang haram, maka ia terputus darinya” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Asy-Syaamiyyiin 8/21-22; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Al-Jaami’ Ash-Shaghiir no. 7693].
Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 01011435/05112013 – 09:30].
[1] Inilah pendapat Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa dan
sebagian ulama salaf lain seperti : Zaid bin Tsaabit, Abu Hurairah,
‘Abdullah bin ‘Umar, Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan,
‘Ubaid bin ‘Umar, Al-Hasan, Qataadah, dan Adl-Dlahhaak bin
Muzaahim sebagaimana dinukil oleh Ibnu Abi Haatim [Tafsiir Ibnu Katsiir, 2/378].
Adapun
jumhur ulama salaf dan khalaf berpendapat pembunuh tersebut masih
mempunyai kesempatan untuk diterima taubatnya oleh Allah ta’ala berdasarkan banyak nash, antara lain firman Allah ta’ala :
إِنَّ اللَّهَ لا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ
“Sesungguhnya
Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan
Dia mengampuni dosa yang selain dari syirik itu bagi siapa yang
dikehendaki-Nya” [QS. An-Nisaa’ : 116].
قُلْ
يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا
مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا
إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
“Katakanlah:
"Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri,
janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah
mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun
lagi Maha Penyayang” [QS. Az-Zumar : 53].
Juga tentang hadits pembunuh 100 jiwa.
Pendapat jumhur ulama inilah yang benar.
[2] Sa’iid bin Manshuur rahimahullah berkata :
نا
سُفْيَانُ، عَنِ الْعَلاءِ بْنِ عَبْدِ الْكَرِيمِ، عَنْ مُجَاهِدٍ، فِي
قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ: مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ
فَسَادٍ فِي الأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا، قَالَ: "
فِي الإِثْمِ "، قَالَ: وَمَنْ أَحْيَاهَا، قَالَ: " مَنْ لَمْ يَقْتُلْ "
Telah
mengkhabarkan kepada kami Sufyaan (Ats-Tsauriy), dari
Al-‘Alaa’ bin ‘Abdil-Kariim, dari Mujaahid tentang
firman-Nya ta’ala : ‘Barangsiapa
yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang
lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka
seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya” (QS. Al-Maaidah : 32); ia berkata : “Dalam hal dosa”. Ia melanjutkan : “Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia’ (QS. Al-Maaidah : 32), yaitu : barangsiapa yang tidak membunuh” [As-Sunan no. 728; sanadnya shahih].
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2013/11/bahaya-pembunuhan-jiwa-seorang-muslim.html
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2013/11/bahaya-pembunuhan-jiwa-seorang-muslim.html