Islam Pedoman Hidup: Isyarat dengan Telunjuk Ketika Duduk di Antara Dua Sujud

Rabu, 18 November 2015

Isyarat dengan Telunjuk Ketika Duduk di Antara Dua Sujud

Dr. Khaalid bin ‘Abdillah Al-Mushlih pernah ditanya :
“Fadliilatusy-Syaikhassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Apakah disunnahkan berisyarat dengan telunjuk dalam doa saat duduk di antara dua sujud ?”.
Jawab :
Bismillaahir-rahmaanir-rahiimWa’alaikumus-salaam warahmatullaahi wabarakaatuh.

Jumhur ulama berpendapat tidak mengangkat telunjuk (berisyarat) kecuali saat duduk tasyahud. Namun sebagian yang lain berpendapat mengangkat telunjuk juga dilakukan pada saat duduk di antara dua sujud. Pendapat ini merupakan pendapat yang terpahami dari perkataan Ibnul-Qayyim dalam Zaadul-Ma’aad, yaitu perkataanya terhadap hadits yang diriwayatkan Al-Imaam Ahmad (18379) dari jalan ‘Aashim bin Kulaib, dari ayahnya, dari Waail bin Hujr radliyallaahu ‘anhu, ia berkata – dalam sifat shalat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam - : “… dan beliau sujud, lalu meletakkan tangan beliau di samping kedua telinga beliau. Kemudian duduk di atas kaki beliau yang kiri (duduk iftirasy). Kemudian meletakkan tangan kiri beliau di atas paha kiri beliau, dan meletakkan hasta kanan beliau di atas paha kanan beliau, lalu berisyarat dengan telunjuk dan meletakkan ibu jari di atas jari tengah dan menggenggam jari-jari yang lain. Kemudian sujud dimana kedua tangan beliau sejajar dengan kedua telinga beliau”.  Dan ini jelas penunjukkannya bahwa orang yang shalat berisyarat dengan telunjuknya ketika duduk di antara dua sujud. Adapun jumhur berkata : “Sesungguhnya riwayat ini bertentangan dengan riwayat yang mauhfuudh yang ternukil dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallamdari selain hadits ini dimana beliau tidak melakukannya kecuali ketika tasyahud; sebagaimana terdapat dalam Shahiih Muslim (no. 580) dari hadits Naafi’, dari Ibnu ‘Umarradliyallaahu ‘anhumaa : “Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam apabila duduk tasyahud, beliau meletakkan tangan kiri beliau di atas paha kiri beliau, dan meletakkan tangan kanan beliau di atas paha kanan beliau, dan beliau lingkarkan jarinya sehingga membentuk angka limapuluh tiga, dan berisyarat dengan telunjuk". Hadits ini sebagai dalil bahwa isyarat dengan telunjuk hanya ada pada waktu tasyahud.
Dan yang nampak/jelas (bagi saya) bahwasannya isyarat dengan telunjuk ketikatasyahud itu merupakan sunnah tsaabitah (tetap/shahih) yang ternukil dari Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam. Adapun (isyarat) pada waktu duduk di antara dua sujud, maka ia dilakukan kadang-kadang saja. Oleh karenanya, isyarat ketika duduk antara dua sujud tidaklah (banyak) ternukil sebagaimana ternukilnya perbuatan itu ketikatasyahudWallaahu a’lam”.
Saudaramu,
Dr. Khaalid Al-Mushlih (6-4-1427 H).
[selesai].
NB : Apa yang dikatakan oleh Asy-Syaikh Al-Mushlih hafidhahullah di atas seperti perkataan gurunya, Asy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimiin rahimahullah(http://www.islamqa.com/ar/ref/121658 danhttp://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=147975). Semoga Allah ta’alamemudahkan penulisan pokok-pokok tashhih hadits berisyarat pada waktu duduk di antara dua sujud ini. [Bersambung ke : sini].

from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2010/10/isyarat-dengan-telunjuk-ketika-duduk-di.html