Melazimkan qunut shubuh secara terus menerus menurut
pendapat yang paling shahih bukan merupakan sunnah Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Hal ini berdasarkan hadits :
حدثنا أحمد بن منيع أخبرنا يزيد بن هارون عن أبي مالك
الأشجعي قال: قلت لأبي: يا أبت إنك قد صليت خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبي
بكر وعمر وعثمان وعلي بن أبي طالب هاهنا بالكوفة، نحوا من خمس سنين، أكانوا
يقنتون؟ قال: أي بني محدث.
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Manii’[1]
: Telah mengkhabarkan kepada kami Yaziid bin Haaruun[2],
dari Abu Maalik Al-Asyja’iy[3],
ia berkata: “Aku pernah bertanya kepada ayahku[4]
: ‘Wahai ayahku, engkau pernah shalat di belakang Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, dan ‘Aliy di sini, yaitu di
Kuufah selama kurang lebih lima tahun. Apakah mereka semua melakukan qunut ?”.
Ayahku menjawab : “Wahai anakku, itu adalah perbuatan muhdats (perkara
baru yang tidak pernah mereka lakukan- Abul-Jauzaa’)” [Diriwayatkan
oleh At-Tirmidziy no. 402, dan ia berkata : “Hadits ini hasan shahih”].
Diriwayatkan juga oleh Ahmad 3/472, Ibnu Maajah no.
1241, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kubraa 8/378 no. 8178, Ath-Thahawiy dalam
Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/249, Adl-Dliyaa’ dalam Al-Mukhtarah 8/97
& 98 no. 101 & 104, dan Al-Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal
13/334-335 dari jalan Yaziid bin Haaruun, dari Abu Maalik Al-Asyja’iy. Dalam
lafadh Ath-Thahawiy disebutkan :
قلت لأبي : يا أبت، إنك صليت خلف رسول الله صلى الله
عليه وسلم وخلف أبي بكر وخلف عمر وخلف عثمان وخلف علي رضي الله عنهم ههنا بالكوفة،
قريبا من خمس سنين، أفكانوا يقنتون في الفجر ؟. فقال : أي بني، محدث.
Aku bertanya kepada ayahku : “Wahai ayahku,
sesungguhnya engkau pernah shalat di belakang Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, dan ‘Aliy di sini di Kuufah
hampir selama lima tahun. Apakah mereka semua melakukan qunut di waktu
(shalat) Shubuh ?”. Ayahku menjawab : “Wahai anakku, itu adalah perbuatan muhdats”
[shahih].
Yaziid bin Haaruun mempunyai mutaba’ah dari :
1. Hafsh bin Ghiyaats[5]
dan ‘Abdullah bin Idriis[6]
sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/308 (no. 7034 & 7036),
Ibnu Maajah no. 1241, Ath-Thabaraaniy 8/378 no. 8179, dan Adl-Dliyaa’ dalam Al-Mukhtarah
8/98 no. 105 [shahih].
2. Khalaf bin Khaliifah[7]
sebagaimana diriwayatkan Ahmad 6/394, An-Nasaa’iy 2/204 dan dalam Al-Kubraa 1/341
no. 671, dan Ibnu Hibbaan no. 1989; dengan lafadh :
صليت خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم فلم يقنت وصليت
خلف أبي بكر فلم يقنت وصليت خلف عمر فلم يقنت وصليت خلف عثمان فلم يقنت وصليت خلف
علي فلم يقنت ثم قال يا بني إنها بدعة.
“Aku shalat di belakang Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam, beliau tidak qunut. Aku shalat di belakang Abu Bakr, ia
tidak qunut. Aku shalat di belakang ‘Umar, ia tidak qunut. Aku shalat di
belakang ‘Utsmaan, ia tidak qunut. Dan aku shalat di belakang ‘Aliy, ia pun
tidak qunut”. Kemudian ayahku berkata : “Wahai anakku, ia adalah perbuatan bid’ah”
[shahih lighairihi].
3.
Abu ‘Awaanah[8]
sebagaimana diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 403, Ath-Thayaalisiy no. 1425,
Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 8/378 no. 8177, Al-Baihaqiy 2/213, dan
Adl-Dliyaa’ 8/97-98 no. 102-103. Ath-Thabaraaniy dan Adl-Dliyaa’ membawakan
dengan lafadh :
سألت أبي عن القنوت في صلاة الغداة ؟ فقال : أي بني صليت
خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر رضي الله عنهما فلم أر أحدا منهم
يقنت، أي بني بدعة. قالها ثلاثا.
Aku bertanya kepada ayahku tentang qunut pada shalat
Shubuh. Ia menjawab : “Wahai anakku, aku pernah shalat di belakang
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, dan ‘Umar radliyallaahu
‘anhumaa, namun aku tidak melihat salah seorang pun di antara mereka yang
melakukan qunut. Wahai anakku, itu adalah perbuatan bid’ah”. Ia
mengatakannya tiga kali [shahih].
4.
Abu Mu’aawiyyah[9]
sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Bazzaar dalam Al-Musnad no. 2766 dan
Al-‘Uqailiy 2/484 no. 597.
Lafadh hadits ini mauquf namun dihukumi marfu’.
Kesimpulan finalnya, hadits ini shahih, para perawinya
tsiqaat, dan sanadnya bersambung. Dishahihkan juga oleh Al-Albaaniy
dalam Irwaaul-Ghaliil 2/182-183 no. 435, Al-Wadi’iy dalam Al-Jaami’ush-Shahiih
mimmaa Laisa fish-Shahiihain 2/147, Al-Arna’uth dalam Takhrij Musnad
Al-Imam Ahmad 25/214, dan Basyar ‘Awwaad dalam Takhrij Sunan Ibni Maajah
2/402-403.
Para ulama berbeda pendapat dalam permasalahan qunut
dalam shalat Shubuh. Sedikit akan saya sebutkan di bawah :
At-Tirmidziy rahimahullah setelah menyebutkan
riwayat tentang qunut Shubuh berkata :
واختلف أهل العلم في القنوت في صلاة الفجر، فرأى بعض أهل
العلم من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم وغيرهم القنوت في صلاة الفجر. وهو قول
الشافعي.
وقال أحمد، وإسحق: لا يقنت في الفجر إلا عند نازلة تنزل
بالمسلمين، فإذا نزلت نازلة فللإمام أن يدعو لجيوش المسلمين.
“Para ulama berbeda pendapat mengenai qunut shalat
Shubuh. Sebagian ulama dari kalangan shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam dan selain mereka berpendapat (masyru’-nya) qunut pada shalat
Shubuh. Itu merupakan perkataan Asy-Syaafi’iy. Ahmad (bin Hanbal) dan Ishaaq
(bin Rahawaih) berkata : ‘Qunut tidak dilakukan pada shalat Shubuh, kecuali
jika ada musibah yang menimpa kaum muslimin. Jika ada musibah yang menimpa kaum
muslimin, maka imam mendoakan (kebaikan/kemenangan) untuk pasukan kaum
muslimin”.
والعمل عليه عند أكثر أهل العلم.
وقال سفيان الثوري إن قنت في الفجر فحسن، وإن لم يقنت فحسن واختار أن لا يقنت. ولم ير ابن المبارك القنوت في الفجر.
وقال سفيان الثوري إن قنت في الفجر فحسن، وإن لم يقنت فحسن واختار أن لا يقنت. ولم ير ابن المبارك القنوت في الفجر.
“(Hadits Abu Maalik Al-Asyja’iy di atas) diamalkan
oleh kebanyakan ulama. Sufyaan Ats-Tsauriy berkata : ‘Apabila seseorang
melakukan qunut di waktu shalat Shubuh, maka itu baik. Jika tidak melakukannya,
itu pun baik’. Ia (Ats-Tsauriy) memilih untuk tidak qunut. Ibnul-Mubaarak tidak
berpendapat adanya qunut pada shalat Shubuh” [Jaami’ At-Tirmidziy,
1/426-427].
Al-‘Uqailiy rahimahullah berkata :
والصحيح عندنا أن النبي صلى الله عليه وسلم قنت ثم ترك.
وهذا يذكر أن النبي صلى الله عليه وسلم لم يقنت.
“Dan yang benar menurut kami bahwasannya Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah melakukan qunut, kemudian meninggalkannya. Hadits
ini (yaitu hadits Abu Maalik Al-Asyja’iy di atas – Abul-Jauzaa’)
menyebutkan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan
qunut” [Adl-Dlu’afaa’, 2/484].
Abu Ja’far Ath-Thahawiy Al-Hanafiy rahimahullah berkata
:
إنما لا يقنت عندنا في الفجر من غير بلية فإن وقعت فتنة
أو بلية فلا بأس به فعله رسول الله صلى الله عليه وسلم أي بعد الركوع
“Bahwasannya tidak dilakukan qunut dalam shalat Shubuh
di sisi kami (madzhab Hanafiyyah) selain dikarenakan musibah. Apabila terjadi
fitnah atau musibah, maka tidak mengapa. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam telah melakukannya, yaitu setelah rukuk” [Haasyiyyah
Ath-Thahthaawiy ‘alaa Maraaqil-Falaah, hal. 377].
Abul-Husain Asy-Syaafi’iy Al-Yamaniy rahimahullah berkata
:
والسنة : أن يقنت في صلاة الصبح عندنا في جميع الدهر،
وبه قال مالك، والأوزاعي، وابن أبي ليلى، والحسين بن صالح، ورواه الشافعي عن
الخلفاء الأربعة، وأنس.
وذهب الثوري، وأبو حنيفة، وأصحابه إلى : (أنه غير مسنون في الصبح)، ورُويَ ذلك عن ابن عباس، وابن عمر، وابن مسعود، وأبي الدرداء.
وقال أبو يوسف : إذا قنت الإمام.....فاقنتْ معهُ.....
وذهب الثوري، وأبو حنيفة، وأصحابه إلى : (أنه غير مسنون في الصبح)، ورُويَ ذلك عن ابن عباس، وابن عمر، وابن مسعود، وأبي الدرداء.
وقال أبو يوسف : إذا قنت الإمام.....فاقنتْ معهُ.....
“Dan sunnah (dalam permasalahan ini) : Melakukan qunut
pada shalat Shubuh menurut kami setiap waktu. Inilah yang dikatakan Maalik,
Al-Auza’iy, Ibnu Abi Lailaa, Al-Husain bin Shaalih, dan diriwayatkan oleh
Asy-Syaafi’iy dari khalifah yang empat, dan Anas. Adapun Ats-Tsauriy, Abu
Haniifah dan shahabat-shahabatnya berpendapat : Qunut tidak disunnahkan dalam
shalat Shubuh. Diriwayatkan hal itu dari Ibnu ‘Abbaas, Ibnu ‘Umar, Ibnu
Mas’uud, dan Abud-Dardaa’. Abu Yuusuf berkata : “Apabila imam melakukan
qunut….maka qunutlah bersamanya….” [Al-Bayaan fii Madzhab Asy-Syaafi’iy,
2/242-243].
Abul-Hasan Al-Mardawiy berkata ketika menerangkan
posisi madzhab Ahmad bin Hanbal rahimahumallaah :
الصحيح من المذهب: أنه يكره القنوت في الفجر كغيرها
وعليه الجمهور وقال في الوجيز: لا يجوز القنوت في الفجر.
قلت: النص الوارد عن الإمام أحمد لا يقنت في الفجر محتمل الكراهة والتحريم
قلت: النص الوارد عن الإمام أحمد لا يقنت في الفجر محتمل الكراهة والتحريم
“Yang shahih dari madzhab : Bahwasannya Ahmad
memakruhkan qunut di waktu shalat Shubuh sebagaimana (kemakruhan melakukan
qunut) selain shalat witir. Inilah pendapat jumhur. Dan ia berkata dalam Al-Wajiiz
: ‘Tidak boleh melakukan qunut dalam shalat Shubuh’. Aku berkata : ‘Nash yang
ada dari Al-Imam Ahmad : ‘tidak boleh qunut dalam shalat Shubuh’ dibawa
pada pengertian makruh tahrim” [Al-Inshaaf fii Ma’rifati-Raajih
minal-Khilaaf ‘alaa Madzhab Al-Imam Ahmad bin Hanbal, 2/174].
Ahmad Syaakir rahimahullah berkata saat
menyanggah perkataan Thaariq bin Asyyam bahwasannya qunut Shubuh adalah muhdats
:
ثبت في أحاديث صحيحة القنوت في الصبح، ومن حفظ حجة على
من لم يحفظ. والمثبت مقدم على النافي. وهو نفل لا واجب. فمن تركه فلا بأس، ومن
فعله فهو أفضل.
“Telah tetap dalam hadits-hadits shahih tentang (masyru’-nya)
qunut pada shalat Shubuh. Orang yang hapal merupakan hujjah bagi orang yang
tidak hapal. Yang menetapkan lebih didahulukan dari yang meniadakan.
Barangsiapa yang meninggalkannya, tidak mengapa. Dan barangsiapa yang
mengerjakannya, maka itu afdlal (lebih utama)” [Syarh Sunan At-Tirmidziy,
2/252].
Menilik perkataan Ahmad Syaakir di atas –dan juga
para ulama mutaqaddimiin-, memang benar ada beberapa hadits yang
dianggap sebagai hujjah masyru’-nya qunut Shubuh secara terus-menerus.
Di antaranya :
Apa yang dijadikan hujjah oleh madzhab Syaafi’iyyah
dan yang lainnya dari Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu, sebagaimana
dinukil oleh Abul-Husain Asy-Syaafi’iy Al-Yamaniy rahimahullah adalah
hadits berikut :
وحدثني عمرو الناقد وزهير بن حرب. قالا: حدثنا إسماعيل
عن أيوب، عن محمد. قال: قلت لأنس : هل قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في صلاة
الصبح؟ قال: نعم. بعد الركوع يسيرا.
Dan telah menceritakan kepadaku ‘Amru An-Naaqid dan
Zuhair bin Harb, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami
Ismaa’iil, dari Ayyuub, dari Muhammad, ia berkata : Aku bertanya kepada Anas :
“Apakah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan qunut pada
shalat Shubuh ?”. Ia menjawab : “Benar, sebentar setelah rukuk” [Diriwayatkan
oleh Muslim no. 677 (298). Diriwayatkan juga oleh Al-Bukhaariy no. 1001, Ibnu Maajah
no. 1184, Abu Daawud no. 1444, dan yang lainnya].
Akan tetapi,….. mari kita perhatikan jalan periwayatan
yang lainnya dari Anas :
وحدثني عبيدالله بن معاذ العنبري وأبو كريب وإسحاق بن
إبراهيم. ومحمد بن عبدالأعلى (واللفظ لابن معاذ) حدثنا المعتمر بن سليمان عن أبيه،
عن أبي مجلز، عن أنس بن مالك : قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم شهرا بعد
الركوع. في صلاة الصبح. يدعو على رعل وذكوان. ويقول "عصية عصت الله
ورسوله".
Dan telah menceritakan kepadaku ‘Ubaidullah bin
Mu’aadz Al-‘Anbariy, Abu Kuraib, Ishaaq bin Ibraahiim, Muhammad bin
‘Abdil-A’laa –dan lafadh hadits ini adalah milik Ibnu Mu’aadz-: Telah
menceritakan kepada kami Al-Mu’tamir bin Sulaimaan, dari ayahnya, dari Abu
Mijlaz, dari Anas bin Maalik : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan
qunut selama sebulan setelah rukuk dalam shalat Shubuh. Beliau mendoakan
kejelekan kepada Bani Ri’l, dan Bani Dzakwaan, dan bersabda: “’Ushayyah
telah durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 677
(299). Diriwayatkan juga oleh Al-Bukhaariy no. 1003 & 4094].
حدثنا محمد بن المثنى. حدثنا عبدالرحمن. حدثنا هشام عن
قتادة، عن أنس؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قنت شهرا. يدعو على أحياء من
أحياء العرب. ثم تركه.
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Al-Mutsannaa : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan : Telah
menceritakan kepada kami Hisyaam, dari Qataadah, dari Anas : Bahwasannya
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan qunut selama
sebulan mendoakan kejelekan kepada sebagian orang-orang ‘Arab, kemudian beliau
meninggalkannya” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 677 (304). Diriwayatkan pula
oleh Al-Bukhaariy no. 4089].
أنا أبو طاهر نا أبو بكر نا محمد بن محمد بن مرزوق
الباهلي حدثنا محمد بن عبد الله الأنصاري حدثنا سعيد بن أبي عروبة عن قتادة عن أنس
أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا يقنت إلا إذا دعا القوم أو دعا على قوم
Telah memberitakan kepada kami Abu Thaahir[10]
: Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr[11]
: Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Muhammad bin Marzuuq Al-Baahiliy[12]
: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah Al-Anshaariy[13]
: Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Abi ‘Aruubah[14],
dari Qataadah[15],
dari Anas : Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak
melakukan qunut, kecuali jika mendoakan kebaikan pada satu kaum atau mendoakan
kejelekan pada satu kaum” [Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah no. 620; shahih].[16]
Tiga hadits di atas menjelaskan bahwa qunut Shubuh
yang dimaksudkan Anas adalah qunut nazilah karena peristiwa Bi’r
Ma’uunah. Itupun tidak dilakukan terus-menerus, karena hanya dilakukan selama
sebulan dan kemudian ditinggalkan. Timbul pertanyaan lanjutan, apakah qunut
tersebut hanya dilakukan khusus pada shalat Shubuh ? Perhatikan riwayat berikut
:
حدثنا عبد اللّه بن معاوية الجمحي، ثنا ثابت بن يزيد، عن
هلال بن خباب، عن عكرمة، عن ابن عباس قال : قَنَتَ رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم
شهراً متتابعاً في الظهر والعصر والمغرب والعشاء وصلاة الصبح في دبر كل صلاة إذا
قال : "سمع اللّه لمن حمده" من الركعة الآخرة يدعو على أحياء من
بني سليم على رعلٍ وذكوان وعصية، ويؤمّن من خلفه.
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin
Mu’aawiyyah Al-Jumahiy[17]
: Telah menceritakan kepada kami Tsaabit bin Yaziid[18],
dari Hilaal bin Khabbaab[19],
dari ‘Ikrimah[20],
dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
melakukan qunut selama sebulan penuh pada shalat Dhuhur, ‘Ashar, Maghrib, ‘Isyaa’,
dan Shubuh pada akhir setiap shalat, yaitu saat beliau berkata : ‘sami’allaahu
liman hamidah’ di raka’at terakhir. Beliau mendoakan kejelekan pada
orang-orang Bani Sulaim, Bani Ri’l, Bani Dzakwaan dan Bani ‘Ushayyah; serta
diaminkan orang-orang yang di belakang beliau (makmum)” [Diriwayatkan oleh Abu
Daawud no. 1443; hasan].
حدثنا عبد الرحمن بن إبراهيم ثنا الوليد ثنا الأوزاعي
حدثني يحيى بن أبي كثير حدثني أبو سلمة بن عبد الرحمن عن أبي هريرة قال : قنت رسول
الله صلى الله عليه وسلم في صلاة العتمة شهرا يقول في قنوته اللهم نج الوليد بن
الوليد اللهم نج سلمة بن هشام اللهم نج المستضعفين من المؤمنين اللهم اشدد وطأتك
على مضر اللهم اجعلها عليهم سنين كسني يوسف قال أبو هريرة وأصبح رسول الله صلى
الله عليه وسلم ذات يوم فلم يدع لهم فذكرت ذلك له فقال وما تراهم قد قدموا
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin
Ibraahiim[21]
: Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid[22]
: Telah menceritakan kepada kami Al-Auza’iy[23]
: Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Abi Katsiir[24]
: Telah menceritakan kepadaku Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan, dari Abu Hurairah
: Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan
qunut pada shalat ‘atamah (Maghrib dan/atau ‘Isya’) selama sebulan dan
berdoa : “Ya Allah, selamatkanlah Al-Waliid bin Al-Waliid. Ya Allah,
selamatkanlah Salamah bin Hisyaam. Ya Allah, selamatkanlah orang-orang lemah
dari kalangan mukminiin. Ya Allah, keraskanlah tekanan (‘adzab) kepada Bani
Mudlar. Ya Allah, jadikanlah hal itu terjadi atas mereka selama bertahun-tahun
seperti pada masa Yuusuf”. Abu Hurairah berkata : “Pada satu hari di waktu
Shubuh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak lagi mendoakan
mereka. Maka aku pun menanyakan permasalahan itu pada beliau, lalu beliau
bersabda : ‘Apa pendapatmu tentang mereka sementara mereka telah meninggal ?”
[Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1442; shahih].
حدثنا محمد بن المثنى. حدثنا معاذ بن هشام. حدثني أبي عن
يحيى بن أبي كثير. قال: حدثنا أبو سلمة بن عبد الرحمن؛ أنه سمع أبا هريرة يقول :
والله! لأقربن بكم صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم. فكان أبو هريرة يقنت في
الظهر. والعشاء الآخرة. وصلاة الصبح. ويدعو للمؤمنين. ويلعن الكفار
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Al-Mutsannaa : Telah menceritakan kepada kami Mu’aadz bin Hisyaam : Telah
menceritakan kepadaku ayahku, dari Yahyaa bin Abi Katsiir, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan [25],
bahwasannya ia pernah mendengar Abu Hurairah berkata : “Demi Allah, sungguh aku
akan dekatkan kalian dengan shalat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam”.
Maka Abu Hurairah melakukan qunut pada shalat Dhuhur, ‘Isyaa’ yang akhir dan
Shubuh dengan mendoakan kebaikan bagi kaum muslimin dan melaknat orang-orang
kafir” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 676 (296)].
Tiga riwayat di atas menunjukkan qunut beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam tidak hanya dilakukan di waktu Shubuh, akan tetapi di
waktu-waktu shalat yang lain. Ringkasnya, tidak ada pendalilan untuk hadits Anas
di atas sebagai hujjah masyru’-nya qunut pada shalat Shubuh secara
terus-menerus secara khusus.
Ada riwayat lain yang menjadi hujjah masyru’-nya
qunut Shubuh secara terus-menerus, yaitu hadits Anas bin Maalik radliyallaahu
‘anhu yang lain :
حدثنا ثنا عبد الرزاق قال ثنا أبو جعفر يعني الرازي عن
الربيع بن أنس عن أنس بن مالك قال ما زال رسول الله صلى الله عليه وسلم يقنت في
الفجر حتى فارق الدنيا
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrazzaaq, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Ja’far –yaitu Ar-Raaziy[26]- , dari Ar-Rabii’ bin Anas[27],
dari Anas bin Maalik, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam senantiasa melakukan qunut di waktu Shubuh hingga meninggal dunia”
[Diriwayatkan oleh Ahmad 3/162].
Diriwayatkan juga oleh ‘Abdurrazzaaq no. 4963,
Ad-Daaruquthniy 2/370-372 no. 1692-1694, Ibnu Abi Syaibah 2/312, Al-Bazzaar
dalam Kasyful-Astaar no. 556, Ath-Thahawiy dalam Syarh
Ma’aanil-Aatsaar 1/244, Al-Baihaqiy 2/201, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah
no. 639, Al-Haazimiy dalam Al-I’tibaar hal. 86, Adl-Dliyaa’ dalam Al-Mukhtarah
no. 2128; semuanya dari jalan Abu Ja’far Ar-Raaziy.
Al-Baihaqiy berkata : “Sanad hadits ini shahih, para
perawinya tsiqah”.
Perkataannya Al-Baihaqiy ini layak mendapat kritik.
Hadits ini lemah, bahkan munkar. Riwayat Abu Ja’far Ar-Raaziy tidak
diterima jika menyendiri atau menyelisihi riwayat para perawi tsiqaat,
karena jeleknya hapalannya. Dalam riwayat Ad-Daaruquthniy dibawakan dengan
lafadh :
أن النبي صلى الله عليه وسلم قنت شهرا يدعوا عليهم ثم
تركه وأما في الصبح فلم يزل يقنت حتى فارق الدنيا
“Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
pernah melakukan qunut selama sebulan untuk mendoakan kejelekan pada mereka,
kemudian meninggalkannya. Adapun untuk (qunut) pada shalat Shubuh, maka beliau
senantiasa melakukannya hingga meninggal dunia”.
Riwayat Anas bin Maalik yang dibawakan Abu Ja’far ini menyelisihi
riwayat yang telah disebutkan di atas dari Anas yang menyebutkan beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam hanya qunut nazilah selama sebulan kemudian
berhenti (HR. Al-Bukhaariy no. 4089 dan Muslim no. 677). Anas pun memberi
kesaksian bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah
melakukan qunut kecuali qunut nazilah dengan mendoakan kebaikan atau
kejelekan pada satu kaum (HR. Ibnu Khuzaimah no. 620). Apalagi Ibnu ‘Abbaas
menguatkan kesaksian tersebut (HR. Ibnu Khuzaimah no. 619). Oleh karena itu,
riwayatnya di sini munkar.
Ar-Rabii’ bin Anas mempunyai mutaba’ah dari :
1.
Al-Hasan Al-Bashriy.
حدثنا ابن أبي داود قال : ثنا أبو معمر، قال : ثنا عبد
الوارث، قال : ثنا عمرو بن عبيد، عن الحسن، عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال :
صليت مع النبي صلى الله عليه وسلم فلم يزل يقنت في صلاة الغداة، حتى فارقته، وصليت
مع عمر بن الخطاب رضي الله عنه فلم يزل يقنت في صلاة الغداة حتى فارقته.
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Daawud, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Ma’mar, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdul-Waarits, ia berkata : Telah menceritakan kepada
kami ‘Amru bin ‘Ubaid, dari Al-Hasan, dari Anas bin Maalik radliyallaahu
‘anhu, ia berkata : “Aku pernah shalat bersama Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam, maka beliau senantiasa qunut pada shalat Shubuh hingga meninggal
dunia. Dan aku pun pernah shalat bersama ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu
‘anhu, maka ia senantiasa qunut pada shalat Shubuh hingga meninggal dunia”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar, 1/243].
Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy 2/202 dan
Ad-Daaruquthniy 2/372-373 no. 1695-1698.
‘Amru bin ‘Ubaid At-Tamiimiy Al-Bashriy Al-Mu’taziliy
menjadi penyakit utama dalam sanad hadits ini. Ia seorang yang matruuk sebagaimana
dikatakan ‘Amru bin ‘Aliy dan Abu Haatim. Bahkan, Yuunus bin ‘Ubaid menyatakan
ia telah memalsukan hadits. Humaid mengatakan ia telah memalsukan hadits dari
Al-Hasan Al-Bashriy. Mu’aadz bin Mu’aadz dan Ayyuub mengatakan ia pendusta. Dan
yang lainnya banyak sekali celaan para muhaddits terhadapnya dengan
celaan-celaan yang berat [selengkapnya lihat : Tahdziibut-Tahdziib,
8/70-75 no. 108]. Maka, riwayat ini tidak layak untuk dilirik karena sangat
lemah, bahkan palsu.
Ada jalur lain yang dibawakan Ad-Daaruquthniy (2/373
no. 1698) dari Ismaa’iil Al-Makkiy dari Al-Hasan, dari Anas bin Maalik radliyallaahu
‘anhu :
حدثنا إبراهيم بن حماد ثنا عباد بن الوليد ثنا قريش بن
أنس ثنا إسماعيل المكي وعمرو عن الحسن قال : قال لي أنس قنت مع رسول الله صلى الله
عليه وسلم ومع عمر حتى فارقتهما
Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Hammaad[28]
: Telah menceritakan kepada kami ‘Abbaad bin Al-Waliid[29]
: Telah menceritakan kepada kami Quraisy bin Anas[30]
: Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil Al-Makkiy[31]
dan ‘Amru, dari Al-Hasan, ia berkata : Telah berkata kepadaku Anas : “Aku
melakukan qunut bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan
bersama ‘Umar hingga keduanya berpisah denganku (meninggal dunia)”.
Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy 2/202 dari jalan
Quraisy bin Anas yang selanjutnya seperti riwayat Ad-Daaruquthniy.
Hadits ini sangat lemah, karena faktor Ismaa’il
Al-Makkiy.
2.
Qataadah
أخبرنا أبو عبد الله الحافظ ثنا علي بن حمشاذ العدل
ويحيى بن محمد بن عبد الله العنبري قالا ثنا أبو عبد الله محمد بن إبراهيم العبدي
ثنا عبد الله بن محمد النفيلي ثنا خليد بن دعلج عن قتادة عن أنس بن مالك رضى الله
تعالى عنه قال صليت خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم فقنت وخلف عمر فقنت وخلف
عثمان فقنت
Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah
Al-Haafidh[32]
: Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Hamasyaadz Al-‘Adl[33]
dan Yahyaa bin Muhammad bin ‘Abdillah Al-‘Anbariy, mereka berdua berkata :
Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ibraahiim Al-‘Abdiy[34]
: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad An-Nufailiy[35]
: Telah menceritakan kepada kami Khaliid bin Dal’aj[36],
dari Qataadah[37],
dari Anas bin Maalik radliyallaahu ta’aala ‘anhu, ia berkata : “Aku
pernah shalat di belakang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam,
maka beliau melakukan qunut. Di belakang ‘Umar, ia qunut, dan di belakang
‘Utsmaan, ia pun qunut” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 2/202].
Hadits ini lemah lagi munkar. Penyakitnya ada
pada Khaliid bin Dal’aj, seorang yang dla’iif yang meriwayatkan beberapa
hadits munkar dari Qataadah. Dan ini sebagian di antaranya.
Selain itu, riwayat Anas yang menyatakan Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam dan para Khulafaur-Raasyidin setelah melakukan qunut
Shubuh secara terus-menerus sangat nyata bertentangan persaksian Thaariq bin
Asyyam bin Mas’uud Al-Asyja’iy (yang disebutkan di awal bahasan) bahwasannya
beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan qunut Shubuh
(secara terus), dan hal itu berjalan hingga kekhalifahan ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu
‘anhu.
Kembali pada bahasan hadits Abu Maalik Al-Asyja’iy di
awal,……
Hadits tersebut mengkhabarkan pada kita bahwa qunut
pada waktu shalat Shubuh yang dilakukan secara terus-menerus –sebagaimana dilakukan sebagian kaum muslimin– tidak ada contohnya dari
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Begitu juga di era
Al-Khulafaur-Raasyidin setelahnya. Seandainya memang perbuatan itu dicontohkan,
sudah pasti Thaariq bin Asyyam bin Mas’uud Al-Asyja’iy radliyallaahu ‘anhu
akan memberikan kesaksian lain. Jika kita menggunakan bahasa riwayat, maka
qunut shubuh secara terus-menerus adalah muhdats atau bid’ah.
Akan tetapi ada satu pelajaran penting bagi kita semua
bahwa khilaf permasalahan ini telah ada, minimal sejak era tabi’iin.
Tidak mungkin Abu Maalik Al-Asy’ja’iy bertanya kepada ayahnya tentang qunut
yang dilakukan manusia secara terus menerus pada shalat Shubuh jika ia tidak
menyaksikannya atau mendengarnya. Oleh karena itu, kita perlu lapang dada dalam
permasalahan ini; baik mereka yang berpendapat masyru’-nya qunut Shubuh
atau yang tidak. Yang berpendapat masyru’, maka tidak perlu sewot jika
ada yang mengatakan bahwa qunut Shubuh yang dilakukan terus menerus adalah
perbuatan muhdats atau bid’ah, karena pihak yang berseberangan
dengan mereka telah menggunakan sebaik-baik lafadh yang diriwayatkan secara
shahih dari shahabat radliyallaahu ‘anhu. Sebaliknya, pihak yang
berpendapat tidak masyru’ tidak perlu memaksakan pendapatnya untuk
diaminkan pihak lain. Dan keduanya tidak perlu bubar memisahkan diri dari jama’ah,
lalu membuat jama’ah baru karena imam yang ada melakukan sesuatu yang berlainan
dengan apa yang diperbuatnya. Semuanya ini masih dalam ruang toleransi khilaf
ijtihadiyyah yang diperbolehkan, walau kewajiban setiap kaum muslimin mengambil
apa yang dianggapnya kuat menurut kadar pengetahuan yang dimilikinya.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab - bersambung ke artikel : Sekali Lagi, Qunut Shubuh.
[1]
Ahmad bin Manii’ bin ‘Abdirrahmaan Abu
Ja’far Al-Baghawiy Al-Asham; seorang yang tsiqah lagi haafidh
(160-244). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 100 no. 115].
[2]
Yaziid bin Haaruun bin Zaadziy atau
Zaadzaan bin Tsaabit As-Sulamiy Abu Khaalid Al-Waasithiy; seorang yang tsiqah,
mutqin, lagi ‘aabid (118-206 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya [idem, hal. 1084 no. 7842].
[3]
Sa’d bin Thaariq bin Asyyam Abu Maalik
Al-Asyja’iy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah (w. 140 H). Dipakai Muslim
dalam Shahih-nya [idem, hal. 369 no. 2253].
[4]
Thaariq bin Asyyam bin Mas’uud
Al-Asyja’iy; salah seorang shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
[idem, hal. 461 no. 3013].
[5]
Hafsh bin Ghiyaats bin Thalq bin
Mu’aawiyyah bin Maalik bin Al-Haarits An-Nakha’iy Abu ‘Umar Al-Kuufiy; seorang
yang tsiqah lagi faqiih, namun sedikit berubah hapalannya di
akhir usianya (w. 194/195 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 260 no. 1439].
[6]
‘Abdullah bin Idriis bin Yaziid bin
‘Abdirrahmaan bin Al-Aswad Al-Audiy Abu Muhammad Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah,
faqiih, lagi ‘aabid (120-192 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya [idem, hal. 491 no. 3224].
[7]
Khalaf bin Khaliifah bin Shaa’id bin
Baraam Al-Asyja’iy Abu Ahmad Al-Waasithiy Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq,
namun bercampur hapalannya di akhir usianya (91/92-181 H). Dipakai Muslim dalam
Shahih-nya [idem, hal. 299 no. 1741].
[8]
Al-Wadldlaah bin ‘Abdillah Al-Yasykuuriy
Abu ‘Awaanah Al-Waasithiy Al-Bazzaaz; seorang yang tsiqah lagi tsabat
(w. 175/176 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem,
hal. 1036 no. 7457].
[9]
Muhammad bin Khaazim At-Tamiimiy As-Sa’diy
Abu Mu’aawiyyah Adl-Dlariir Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah (113-194/195
H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal.
840 no. 5878].
[10]
Ia adalah Muhammad bin Al-Fadhl bin Muhammad bin
Ishaaq bin Khuzaimah Abu Thaahir An-Naisaabuuriy, cucu Ibnu Khuzaimah; seorang
imam yanng jaliil [lihat : Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 16/490-491
no. 360].
[11]
Ia adalah Muhammad bin Ishaaq bin Khuzaimah bin
Al-Mughiirah bin Shaalih bin Bakr, Abu Bakr As-Sulamiy An-Naisaabuuriy–yang
terkenal dengan nama Ibnu Khuzaimah; seorang haafidh, hujjah, faqiih,
lagi tsiqah (223-331 H) [lihat : Siyaru A’laamin-Nubalaa’,
14/365-382 no. 214].
[12]
Muhammad bin Muhammad bin Marzuuq bin
Bukair/Bakr Al-Baahiliy Abu ‘Abdillah Al-Bashriy; seorang yang shaduuq
(w. 248 H). Dipakai oleh Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 893-894 no. 6311].
[13]
Muhammad bin ‘Abdillah bin Al-Mutsannaa bin
‘Abdillah bin Anas bin Maalik Al-Anshaariy Abu ‘Abdillah Al-Bashriy; seorang
yang tsiqah (w. 215 H). Dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 865 no. 6084].
[14]
Sa’iid bin Abi ‘Aruubah; seorang yang tsiqah
haafidh, lagi mempunyai banyak tulisan. Akan tetapi ia mengalami
percampuran dalam hapalan (ikhtilaath) (w. 156/157 H). Dipakai oleh
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 384 no.
2378].
[15]
Qataadah bin Di’aamah bin Qataadah As-Saduusiy;
seorang yang tsiqah lagi tsabat, namun banyak melakukan tadliis.
Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem hal. 798
no. 5553, Ta’riifu Ahlit-Taqdis hal. 102 no. 92, Al-Mudallisiin
lil-‘Iraaqiy hal. 79-80 no. 49, dan Riwaayaatul-Mudallisiin fii Shahiih
Al-Bukhaariy hal. 483-484].
[16]
Dikuatkan oleh hadits :
أنا أبو طاهر نا أبو بكر نا محمد بن يحيى نا أبو داود
حدثنا إبراهيم بن يعد عن الزهري عن سعيد وأبي سلمة عن أبي هريرة أن النبي صلى الله
عليه وسلم كان لا يقنت إلا ان يدعو لأحد أو يدعو على أحد وكان إذا قال سمع الله
لمن حمده قال ربنا ولك الحمد اللهم أنج وذكر الحديث
Telah memberitakan kepada kami Abu Thaahir : Telah
mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad
bin Yahyaa : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Daawud : Telah menceritakan
kepada kami Ibraahiim bin Sa’d, dari Az-Zuhriy, dari Sa’iid dan Abu Salamah,
dari Abu Hurairah : Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak
melakukan qunut kecuali jika hendak mendoakan kebaikan kepada seseorang atau
mendoakan kejelekan kepada seseorang. Jika beliau berkata : ‘sami’allaahu
liman hamidahu’, beliau berkata : ‘rabbanaa wa lakal-hamdu, allaahumma
anji….’ Kemudian ia menyebutkan haditsnya [Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah
no. 619; shahih].
[17]
‘Abdullah bin Mu’aawiyyah bin Muusaa Al-Jumahiy
Abu Ja’far Al-Bashriy; seorang yang tsiqah (w. 243 H) [idem, hal.
548 no. 3655].
[18]
Tsaabit bin Yaziid Al-Ahwal Abu Zaid Al-Bashriy;
seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 169 H). Dipakai Al-Bukhaariy
dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 187 no. 842].
[19]
Hilaal bin Khabaab Al-‘Abdiy Abul-‘Alaa’
Al-Bashriy; seorang yang shaduuq, namun hapalannya berubah di akhir
usianya (w. 144 H) [idem, hal. 1026 no. 7384].
[20]
‘Ikrimah Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy Abu ‘Abdillah
Al-Madaniy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi ‘aalim
terhadap tafsir (w. 105 H dalam usia 80 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya [idem, hal. 687-688 no. 4707].
[21]
‘Abdurrahmaan bin Ibraahiim bin ‘Amru
Al-Qurasyiy Al-‘Utsmaaniy Ad-Dimasyqiy Abu Sa’iid, terkenal dengan julukan
Duhaim; seorang yang tsiqah, haafidh, lagi mutqin (170-245
H). Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya [idem, hal. 569 no.
3817].
[22]
Al-Waliid bin Muslim Al-Qurasyiy Abul-‘Abbaas
Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah, namun banyak melakukan tadlis
taswiyyah (119-194/195 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 1041 no. 7506]. Dalam hadits ini ia menyatakan tashrih penyimakan
riwayat dari gurunya.
[23]
‘Abdurrahmaan bin ‘Amru bin Abi ‘Amru
Asy-Syaamiy Ad-Dimasyqiy Abu ‘Amru Al-Auzaa’iy; seorang yang tsiqah, jaliil,
lagi faqiih (w. 157 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 593 no. 3992].
[24]
Yahyaa bin Abi Katsiir Ath-Thaaiy Abu Nashr
Al-Yamaamiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, akan tetapi
melakukan tadlis dan irsal (w. 132 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan
Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1065 no. 7682].
[25]
Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan bin ‘Auf
Al-Qurasyiy Az-Zuhriy; seorang yang tsiqah lagi banyak haditsnya (94 H
dalam usia 72 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem,
hal. 1155 no. 8203].
[26]
Ia adalah ‘Iisaa bin Abi ‘Iisaa Maahaan Abu
Ja’far Ar-Raaziy (w. 160 H).
Telah berkata ‘Abdullah bin Ahmad, dari ayahnya :
“Tidak kuat dalam hadits”. Telah berkata Hanbal, dari Ahmad : “Shaalihul-hadiits”.
Telah berkata ‘Aliy bin Sa’iid bin Jariir dari Ahmad : “Mudltharibul-hadiits”.
Telah berkata Ishaaq bin Manshuur dari Ibnu Ma’iin : “Tsiqah”. Telah
berkata Ibnu Abi Maryam, dri Ibnu Ma’iin : “Ditulis haditsnya, akan tetapi ia
sering keliru”. Telah berkata Ibnu Abi Khaitsamah dari Ibnu Ma’iin : “Shaalih”.
Telah berkata Ad-Duuriy dari Ibnu Ma’iin : “Tsiqah. Dan ia sering keliru
dalam hadits yang ia riwayatkan dari Mughiirah”. Telah berkata ‘Abdullah bin
‘Aliy bin Al-Madiiniy dari ayahnya : “Ia seperti Muusaa bin ‘Ubaidah. Ia sering
kacau dalam hadits yang ia riwayatkan dari Mughiirah dan yang sepertinya”.
Telah berkata Muhammad bin ‘Utsmaan bin Abi Syaibah, dari ‘Aliy bin Al-Madiiniy
: “Ia di sisi kami tsiqah”. Ibnu ‘Ammaar Al-Maushiliy berkata : “Tsiqah”.
‘Amru bin ‘Aliy berkata : “Padanya adalah kelemahan, dan ia termasuk orang
jujur yang jelek hapalannya”. Abu Zur’ah berkata : “Syaikh, banyak ragu”. Abu
Haatim : “Tsiqah, shaduuq, shaalihul-hadiits”. Zakariyya
As-Saajiy berkata : “Shaduuq, akan tetapi tidak mutqin”.
An-Nasaa’iy berkata : “Tidak kuat”. Ibnu Khiraasy berkata : “Shaduuq,
jelek hapalannya”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Ia mempunyai hadits-hadits yang baik.
Orang-orang telah meriwayatkan darinya. Hadits-haditsnya secara umum adalah
lurus, dan aku harap tidak mengapa dengannya”. Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah”.
Ibnu Hibbaan berkata : “Ia sering menyendiri dalam periwayatan dari orang-orang
terkenal dengan hadits-hadits munkar. Tidak membuatku kagum berhujjah dengan
haditsnya, kecuali yang berkesesuaian dengan para perawi tsiqaat”.
Al-‘Ijliy berkata : “Tidak kuat”. Al-Haakim berkata : “Tsiqah”. Ibnu
‘Abdil-Barr berkata : “Ia di sisi mereka adalah orang yang tsiqah”.
Al-‘Uqailiy menyebutkannya dalam Adl-Dlu’afaa’. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq,
jelek hapalannya” [Tahdziibut-Tahdziib 12-56-57 no. 221 dan Taqriibut-Tahdziib
hal. 1126 no. 8077].
Kesimpulan : Pada asalnya ia seorang yang jujur, namun
tidak tetap kedlabithannya. Riwayatnya tidak diterima jika menyendiri atau
bahkan bertentangan dengan riwayat milik perawi tsiqaat–sebagaimana
diisyaratkan oleh Ibnu Hibbaan, wallaahu a’lam.
[27]
Ar-Rabii’ bin Anas Al-Bakriy Al-Hanafiy
Al-Bashriy; seorang yang shaduuq, namun memiliki beberapa keraguan (w.
140 H) [Taqriibut-Tahdziib hal. 318 no. 1892].
[28]
Ibraahiim bin Hammaad bin Ishaaq Al-Azdiy;
seorang yang tsiqah (240-323 H) [Taraajim Rijaal Ad-Daaruquthniy,
hal. 65 no. 116].
[29]
‘Abbaad bin Al-Waliid bin Khaalid Al-Ghubariy,
Abu Badr Al-Muaddib; seorang yang shaduuq (w. 258/262 H) [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 483 no. 3168].
[30]
Quraisy bin Anas Al-Anshaariy, Abu Anas
Al-Bashriy; seorang yang shaduuq, namun berubah hapalannya di akhir
usianya (w. 208 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem,
hal. 801 no. 5578].
[31]
Ismaa’iil bin Muslim Al-Makkiy, Abu Ishaaq
Al-Bashriy; seorang yang telah disepakati kelemahannya. An-Nasaa’iy berkata : “Matruukul-hadiits,
tidak tsiqah”. Ahmad berkata : “Munkarul-hadiits”. Ibnu Ma’iin
berkata : “Laisa bi-syai’ (tidak ada apa-apanya)”. Al-Bukhaariy berkata
: “Yahyaa, Ibnu Mahdiy, dan Ibnul-Mubaarak meninggalkannya”. Ibnu ‘Adiy berkata
: “Haditsnya-haditsnya tidak mahfuudh dari ia riwayatkan dari penduduk
Hijaaz dan Bashrah…”. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia meriwayatkan riwayat-riwayat munkar
dari para perawi terkenal…” [lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 1/331-333
no. 598 dan Natsnun-Nabaal hal. 214-216 no. 385].
[32]
Muhammad bin ‘Abdillah bin Muhammad bin
Hamdawaih bin Nu’aim bin Al-Hakam Adl-Dlabbiy Ath-Thuhmaaniy An-Naisaabuuriy,
Al-Haafidh Abu ‘Abdillah Al-Haakim; seorang imam, tsiqah, pemilik banyak
tulisan (321-405) [lihat : Syuyuukh Al-Baihaqiy no. 141].
[33]
‘Aliy bin Hamsyaadz bin Sakhtuwaih bin Nashr
Al-‘Adl; seorang imam, haafidh, lagi tsiqah (258-338) [Siyaru
A’laamin-Nubalaa’, 15/398-400 no. 221].
[34]
Muhammad bin Ibraahiim bin Sa’iid bin ‘Abdirrahmaan Al-‘Abdariy, Abu ‘Abdillah
Al-Busyanjiy Al-Faqiih; seorang yang tsiqah lagi haafidh (w.
290/291 H). Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib,
hal.819 no. 5729].
[35]
‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Aliy bin Nufail
Al-Qadlaa’iy Abu ja’far An-Nufailiy; seorang yang tsiqah lagi haafidh
(w. 234 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem,
hal. 543 no. 3619].
[36]
Khaliid bin Dal’aj As-Saduusiy Al-Bashriy (w.
166 H). Ibnu Ma’iin berkata : “Dla’iiful-hadiits”. Di lain tempat ia
berkata : “Laisa bi-syai’ (tidak ada apa-apanya)”. An-Nasaa’iy berkata :
“Tidak tsiqah”. Abu Haatim berkata : “Shaalih, tidak kokoh dalam
hadits. Ia telah meriwayatkan dari Qataadah beberapa hadits yang sebagiannya munkar.
Ad-Daaruquthniy menyebutkannya dalam jajaran perawi matruk (ditinggalkan
haditsnya)”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Secara umum hadits-hadits ada mutaba’ah dari
selainnya, dan sebagian di antaranya ada pengingkaran. Akan tetapi ia bukan
seorang yang sangat munkar haditsnya”. Abu Daawud dan As-Saajiy berkata
: “Dla’iif” [selengkapnya lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 3/158-159
no. 301].
[37] Qataadah bin Di’aamah bin Qataadah
As-Saduusiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, namun banyak
melakukan tadliis. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[Taqribut-Tahdziib hal. 798 no. 5553, Ta’riifu Ahlit-Taqdis hal.
102 no. 92, Al-Mudallisiin lil-‘Iraaqiy hal. 79-80 no. 49, dan Riwaayaatul-Mudallisiin
fii Shahiih Al-Bukhaariy hal. 483-484].
___________
Share Ulang:
Share Ulang:
- Cinunuk
- Sumber: http://abul-jauzaa.blogspot.com/2010/09/qunut-shubuh.html