Oleh
Syaikh Ali bin Hasan Al-Halabi Al-Atsari
Syaikh Ali bin Hasan Al-Halabi Al-Atsari
Ketika sebagian orang melakukan bid’ah, mereka beralasan bahwa amal mereka dilakukan dengan niat yang baik, tidak
bertujuan melawan syari’at, tidak mempunyai pikiran untuk mengoreksi
agama, dan tidak terbersit dalam hati untuk melakukan bid’ah! Bahkan sebagian mereka berdalil dengan hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Artinya : Sesungguhnya segala amal tergantung pada niat” [Muttafaq Alaihi]
Untuk
membentangkan sejauh mana tingkat kebenaran cara mereka menyimpulkan
dalil dan beberapa alasan yang mereka kemukakan tersebut, kami
kemukakan bahwa kewajiban seorang muslim yang ingin mengetahui
kebenaran yang sampai kepadanya serta hendak mengamalkannya adalah tidak boleh menggunakan sebagian dalil hadits dengan meninggalkan sebagian yang lain. Tetapi
yang wajib dia lakukan adalah memperhatikan semua dalil secara umum
hingga hukumnya lebih dekat kepada kebenaran dan jauh dari kesalahan. Demikianlah yang harus dilakukan bila dia termasuk orang yang mempunyai keahlian dalam menyimpulkan dalil.
Tetapi
bila dia orang awam atau pandai dalam keilmuan kontemporer yang bukan
ilmu-ilmu syari’at, maka dia tidak boleh coba-coba memasuki kepadanya,
seperti kata pepatah: “Ini bukan sarangmu maka berjalanlah kamu!”.
Adapun yang benar dalam masalah yang penting ini, bahwa sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Sesungguhnya segala amal tergantung pada niat” adalah sebagai penjelasan tentang salah satu dari dua pilar dasar setiap amal, yaitu ikhlas dalam beramal dan jujur dalam batinnya sehingga yang selain Allah tidak meretas ke dalamnya.
Adapun pilar kedua adalah, bahwa setiap amal harus sesuai Sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, seperti dijelaskan dalam hadits, “Barangsiapa yang mengerjakan suatu amal yang tidak ada keterangannya dari kami maka dia tertolak”. Dan demikian itulah kebenaran yang dituntut setiap orang untuk merealisasikan dalam setiap pekerjaan dan ucapannya.
Atas
dasar ini, maka kedua hadits yang agung tersebut adalah sebagai pedoman
agama, baik yang pokok maupun cabang, juga yang lahir dan yang batin.
Dimana hadits: “Sesungguhnya segala amal tergantung pada niat” sebagai timbangan amal yang batin. Sedangkan hadits “Barangsiapa yang mengerjakan suatu amal yang tidak ada keterangannya dari kami maka dia tertolak” sebagai tolak ukur lahiriah setiap amal.
Dengan
demikian, maka kedua hadits tersebut memberikan pengertian, bahwa
setiap amal yang benar adalah bila dilakukan dengan ikhlas karena Allah
dan mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang keduanya merupakan syarat setiap ucapan dan amal yang lahir maupun yang batin.
Oleh
karena itu, siapa yang ikhlas dalam setiap amalnya karena Allah dan
sesuai sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi was allam, maka amalnya diterima, dan siapa yang tidak memenuhi dua hal tersebut atau salah satunya maka amalnya tertolak. [1]
Dan demikian itulah yang dinyatakan oleh Fudhail bin Iyadh ketika menafsirkan firman Allah : “Supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya” [2] Beliau berkata, ‘Maksudnya,
dia ikhlas dan benar dalam melakukannya. Sebab amal yang dilakukan
dengan ikhlas tetapi tidak benar maka tidak akan diterima. Dan jika dia
benar, tetapi tidak ikhlas maka amalnya juga tidak diterima. Adapun
amal yang ikhlas adalah amal yang dilakukan karena Allah, sedang amal
yang benar adalah bila dia sesuai dengan Sunnah Rasulullah” [3]
Al-Alamah Ibnul Qayyim berkata [4], “Sebagian ulama salaf berkata, “Tidaklah
suatu pekerjaan meskipun kecil melainkan dibentangkan kepadanya dua
catatan. Mengapa dan bagaimana ? Yakni, mengapa kamu melakukan dan
bagaimana kamu melakukan ?
Pertanyaan
pertama tentang alasan dan dorongan melakukan pekerjaan. Apakah karena
ada interes tertentu dan tujuan dari berbagai tujuan dunia seperti
ingin dipuji manusia atau takut kecaman mereka, atau ingin mendapatkan
sesuatu yang dicintai secara cepat, atau menghindarkan sesuatu yang
tidak disukai dengan cepat ? Ataukah yang mendorong melakukan pekerjaan
itu karena untuk pengabdian kepada Allah dan mencari kecintaan-Nya
serta untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala ?
Artinya, pertanyaan pertama adalah, apakah kamu mengerjakan amal karena Allah, ataukah karena kepentingan diri sendiri dan hawa nafsu?
Adapun
pertanyaan kedua tentang mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam dalam pengabdian itu. Artinya, apakah amal yang dikerjakan
sesuai syari’at Allah yang disampaikan Rasul-Nya? Ataukah pekerjaan itu
tidak disyari’atkan Allah dan tidak diridhai-Nya?
Pertanyaan pertama berkaitan dengan ikhlas ketika beramal, sedangkan yang kedua tentang mengikuti Sunnah.
Sebab Allah tidak akan menerima amal kecuali memenuhi kedua syarat
tersebut. Maka agar selamat dari pertanyaan pertama adalah dengan
memurnikan keikhlasan. Sedang agar selamat dari pertanyaan kedua adalah
dengan mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam
mengerjakan setiap amal. Jadi amal yang diterima adalah bila hatinya
selamat dari keinginan yang bertentangan dengan ikhlas dan juga selamat
dari hawa nafsu yang kontradiksi dengan mengikuti Sunnah”.
Ibnu Katsir dalam tafsirnya (I/231) berkata, “Sesungguhnya
amal yang di terima harus memenuhi dua syarat. Pertama, ikhlas karena
Allah. Kedua, benar dan sesuai syari’at. Jika dilakukan dengna ikhlas,
tetapi tidak benar, maka tidak akan diterima”.
Pernyataan
itu dikuatkan dan dijelaskan oleh Ibnu Ajlan, ia berkata, “Amal tidak
dikatakan baik kecuali dengan tiga kriteria : takwa kepada Allah, niat
baik dan tepat (sesuai sunnah)” [5]
Kesimpulannya,
bahwa sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallamn, “Sesungguhnya segala
amal tergantung pada niat” itu maksudnya, bahwa segala amal dapat
berhasil tergantung pada niatnya. Ini adalah perintah untuk ikhlas dan
mendatangkan niat dalam segala amal yang akan dilakukan oleh seseorang
dengan sengaja, itulah yang menjadi sebab adanya amal dan
pelaksanaannya. [6]
Atas
dasar ini, maka seseorang tidak dibenarkan sama sekali menggunakan
hadits tersebut sebagai dalil pembenaran amal yang batil dan bid’ah
karena semata-mata niat baik orang yang melakukannya!
Dan
penjelasan yang lain adalah, bahwa hadits tersebut sebagai dalil atas
kebenaran amal dan keikhlasan ketika melakukannya, yaitu dengan
pengertian, “Sesungguhnya segala amal yang shalih adalah dengan niat
yang shalih”
Pemahaman seperti ini sepenuhnya tepat dengan kaidah ilmiah dalam hal mengetahui ibadah dan hal-hal yang membatalkannya.
Dan
diantara yang menguatkan bahwa diterimanya amal bukan hanya karena niat
baik orang yang melakukannya saja, tetapi harus pula sesuai dengan
Sunnah adalah hadits sebagai berikut.
“Artinya : Bahwa
seseorang berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Apa yang
Allah kehendaki dan apa yang engkau kehendaki”. Maka Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam berkata kepadanya, “Apakah kamu menjadikan aku sebagai tandingan bagi Allah? Tetapi katakanlah : “Apa yang dikehendaki Allah semata” [7]
Niat
baik dan keikhlasan hati sahabat yang agung ini tidak diragukan. Tetapi
ketika ucapan yang keluar darinya bertolak belakang dengan manhaj Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam akidah dan bertutur kata, maka
Rasulullah mengingkari seraya mengingatkan kesalahannya dan menjelaskan
yang benar tanpa melihat niatnya yang baik.
Hadits tersebut [8] adalah pokok dalil dalam sub kajian ini.
[Disalin
dari kitab Ilmu Ushul Al-Fiqh Al-Bida’ Dirasah Taklimiyah Muhimmah Fi
Ilmi Ushul Fiqh, edisi Indonesia Membedah Akar Bid’ah,Penulis Syaikh
Ali Hasan Ali Abdul Hamid Al-Halabi Al-Atsari, Penerjemah Asmuni
Solihan Zamakhsyari, Penerbit Pustaka Al-Kautsar]
__________
Foote Note
[1]. Bahjah Qulub Al-Abrar : 10 Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di
[2]. Al-Mulk : 2
[3]. Hilyatu Auliya : VIII/95, Abu Nu’aim. Dan lihat Tafsir Al-Baghawi V/419, Jami’ul Al-Ulum wal Hikam : 10 dan Madarij As-Salikin I/83
[4]. Mawarid Al-Aman Al-Muntaqa min Ighatshah Al-Lahfan : 35
[5]. Jami Al-Ulum wal Hikam : 10
[6]. Lihat Fathul bari : I/13 dan Umdah Al-Qari : I/25
[7]. Hadits hasan, lihat takhrijnya dalam risalah saya : At-tasfiyah wat-tarbiyyah : 61
[8]. Dan hadist lain yang seperti itu masih banyak.
__________
Foote Note
[1]. Bahjah Qulub Al-Abrar : 10 Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di
[2]. Al-Mulk : 2
[3]. Hilyatu Auliya : VIII/95, Abu Nu’aim. Dan lihat Tafsir Al-Baghawi V/419, Jami’ul Al-Ulum wal Hikam : 10 dan Madarij As-Salikin I/83
[4]. Mawarid Al-Aman Al-Muntaqa min Ighatshah Al-Lahfan : 35
[5]. Jami Al-Ulum wal Hikam : 10
[6]. Lihat Fathul bari : I/13 dan Umdah Al-Qari : I/25
[7]. Hadits hasan, lihat takhrijnya dalam risalah saya : At-tasfiyah wat-tarbiyyah : 61
[8]. Dan hadist lain yang seperti itu masih banyak.
Sumber: https://almanhaj.or.id/2135-bidah-dan-niat-baik.html