Tanya : Shahihkah bacaan saat tasyahud dengan : ‘as-salaamu ‘alan-nabiy’, bukan dengan ‘as-salaamu’alaika ayyuhan-nabiy...dst. ?. Saya pernah membaca satu tulisan bahwa bacaan ini hanya merupakan anjuran dari Syaikh Al-Albani saja. Terima kasih.
Jawab : Bacaan tersebut bukan buatan Al-Albaaniy, bukan pula semata perintah Asy-Syaikh Al-Albaaniyrahimahullah. Akan tetapi memang ada dalil shahih yang melandasi bacaan tasyahud tersebut sehingga beliaurahimahullah berijtihad merajihkan lafadh tersebut. Dalil-dalil yang dimaksud antara lain :
a. Hadits/atsar ‘Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu.
حَدَّثَنَا
أَبُو نُعَيْمٍ، حَدَّثَنَا سَيْفٌ، قَالَ: سَمِعْتُ مُجَاهِدًا، يَقُولُ:
حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَخْبَرَةَ أَبُو مَعْمَرٍ، قَالَ:
سَمِعْتُ ابْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: " عَلَّمَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَفِّي بَيْنَ كَفَّيْهِ التَّشَهُّدَ، كَمَا
يُعَلِّمُنِي السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ: التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ
وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ
وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ
اللَّهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ،
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَهُوَ بَيْنَ
ظَهْرَانَيْنَا، فَلَمَّا قُبِضَ، قُلْنَا السَّلَامُ "، يَعْنِي عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Telah
menceritakan kepada kami Abu Nu’aim : Telah menceritakan kepada
kami Saif, ia berkata : Aku mendengar Mujaahid berkata : Telah
menceritakan kepadaku ‘Abdullah bin Sakhbarah Abu Ma’mar,
ia berkata : Aku mendengar Ibnu Mas’uud berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengajariku tasyahud -
dan telapak tanganku berada di dalam genggaman kedua telapak tangan
beliau – sebagaimana beliau mengajariku surat dalam
Al-Qur’an : ‘At-tahiyyaatu
lillaah, wah-shalawaatu wath-thayyibaat, assalaamu’alaika
ayyuhan-nabiyyu warahmatullaahi wa barakaatuh, as-salaamu
‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish-shaalihiin. Asyhadu
al-laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa
rasuuluh (Segala ucapan selamat, shalawat, dan kebaikan adalah bagi
Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi
beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan
dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang
shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah
melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah hamba-Nya
dan utusan-Nya)’. Bacaan itu kami ucapkan ketika beliau masih
ada di antara kami. Adapun setelah beliau meninggal, kami mengucapkan :
‘As-salaamu ‘alan-Nabiy (shallallaahu ‘alaihi wa sallam)” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6265].
Diriwayatkan juga oleh Ahmad 1/414 (7/49-50) no. 3935, Ibnu Abi Syaibah dalamAl-Musnad no. 319, Abu Ya’laa no. 5347, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 2/138 (2/198-199) no. 2820, Abu ‘Awaanah dalam Al-Mustakhraj no. 2026, Abu Nu’aim dalam Al-Mustakhraj no. 894, dan yang lainnya.
b. Atsar ‘Abdullah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa.
عَنْ
نَافِعٍ، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يَتَشَهَّدُ، فَيَقُولُ:
" بِسْمِ اللَّهِ، التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ الصَّلَوَاتُ لِلَّهِ
الزَّاكِيَاتُ لِلَّهِ، السَّلَامُ عَلَى النَّبِيِّ وَرَحْمَةُ
اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ
الصَّالِحِينَ، شَهِدْتُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، شَهِدْتُ أَنَّ
مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ "، يَقُولُ: هَذَا فِي الرَّكْعَتَيْنِ
الْأُولَيَيْنِ وَيَدْعُو إِذَا قَضَى تَشَهُّدَهُ بِمَا بَدَا لَهُ،
فَإِذَا جَلَسَ فِي آخِرِ صَلَاتِهِ، تَشَهَّدَ كَذَلِكَ أَيْضًا. إِلَّا
أَنَّهُ يُقَدِّمُ التَّشَهُّدَ ثُمَّ يَدْعُو بِمَا بَدَا لَهُ، فَإِذَا
قَضَى تَشَهُّدَهُ وَأَرَادَ أَنْ يُسَلِّمَ، قَالَ: " السَّلَامُ عَلَى النَّبِيِّ وَرَحْمَةُ
اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ
الصَّالِحِينَ، السَّلَامُ عَلَيْكُمْ " عَنْ يَمِينِهِ ثُمَّ يَرُدُّ
عَلَى الْإِمَامِ، فَإِنْ سَلَّمَ عَلَيْهِ أَحَدٌ عَنْ يَسَارِهِ رَدَّ
عَلَيْهِ
Dari Naafi’ : Bahwasannya ‘Abdullah bin ‘Umar ketika tasyahhud membaca : “Bismillaah, at-tahiyyaatu lillaah, ash-shalawaatu lillaahiz-zaakiyaatu lillaah. As-salaamu’alan-Nabiy wa
rahmatullaahi wa barakaatuh. As-salaamu ‘alainaa wa ‘alaa
‘ibaadillaahish-shaalihiin. Syahidtu an laa ilaaha illallaah,
syahidtu anna Muhammadar-rasuulullah (Dengan nama Allah, segala ucapan
selamat hanya milik Allah, shalawat yang suci hanya milik Allah.
Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada Nabi beserta rahmat
Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada
kami pula dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi
bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku
bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah)’. Ibnu ‘Umar berkata : “Ini dibaca pada dua raka’at pertama”. Ia berdoa apabila telah selesai membacatasyahud-nya ia berdoa dengan apa yang ia hapal. Apabila ia duduk di akhir shalat, ia membaca tasyahud juga, hanya saja ia mendahulukan tasyahud, kemudian membaca doa dengan doa yang ia hapal. Ketika telah selesai membaca tasyahuddan hendak salam, ia mengucapkan : ‘As-salaamu ‘alan-Nabiy warahmatullaahi
wa barakaatuh, as-salaamu ‘alainaa wa ‘alaa
‘ibaadillaahish-shaalihiin (Mudah-mudahan kesejahteraan
dilimpahkan kepada Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya.
Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada
seluruh hamba Allah yang shalih)”. Lalu ia berkata : “As-salaamu’alaikum” –
ke sebelah kanannya. Kemudian ia menjawab salam imam. Apabila ada salah
seorang yang mengucapkan salam di sebelah kirinya, maka ia juga
membalasnya [Diriwayatkan oleh Maalik dalam Al-Muwaththa’ 1/411-412 no. 214. Dari jalannya Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 2/142 (2/203-204) no. 2832].
c. Atsar Ibnuz-Zubair dan Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhum.
عَنِ
ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ، وَابْنَ
الزُّبَيْرِ، يَقُولانِ فِي التَّشَهُّدِ فِي الصَّلاةِ: " التَّحِيَّاتُ
الْمُبَارَكَاتُ لِلَّهِ، الصَلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ، السَّلامُ عَلَى النَّبِيِّ وَرَحْمَةُ
اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ
الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ "، قَالَ: " لَقَدْ سَمِعْتُ ابْنَ
الزُّبَيْرِ يَقُولُهُنَّ عَلَى الْمِنْبَرِ يُعَلِّمُهُنَّ النَّاسَ "،
قَالَ: " وَلَقَدْ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُولُهُنَّ كَذَلِكَ "،
قُلْتُ: فَلَمْ يَخْتَلِفْ فِيهَا ابْنُ عَبَّاسٍ وَابْنُ الزُّبَيْرِ؟،
قَالَ: " لا "
Dari Ibnu Juraij, dari ‘Athaa’, ia berkata : Aku mendengar Ibnu ‘Abbaas dan Ibnuz-Zubair berkata dalam tasyahud shalatnya : “At-tahiyyaatul-mubaarakaatu lillaah, ash-shalawatuth-thayyibaat lillaah. Assalaamu ‘alan-Nabiy wa
rahmatullaahi wa barakaatuh. As-salaamu ‘alainaa wa ‘alaa
‘ibaadillaahish-shaalihiin. Asyhadu an laa ilaaha illallaah, wa
asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu warasuuluh”. Ia
melanjutkan : “Sungguh, aku mendengar Ibnuz-Zubair mengatakannya
di atas mimbar mengajarinya kepada orang-orang. Dan sungguh, aku telah
mendengar Ibnu ‘Abbaas mengatakannya hal itu juga”. Aku
(Ibnu Juraij) berkata : “Ibnu ‘Abbaas dan Ibnuz-Zubair
tidak berselisih padanya ?”. Ia (‘Athaa’) menjawab :
“Tidak” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 3070;
shahih].
d. Atsar ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
أَخْبَرَنَا
أَبُو عَلِيٍّ الْحُسَيْنُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ
شَاذَانَ، بِبَغْدَادَ، أنبأ حَمْزَةُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْعَبَّاسِ،
ثنا الْعَبَّاسُ الدُّورِيُّ، حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ، قَالَ: قَالَ ابْنُ
جُرَيْجٍ، أَخْبَرَنِي يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ: سَمِعْتُ الْقَاسِمَ
بْنَ مُحَمَّدٍ، يَقُولُ: كَانَتْ عَائِشَةُ تَعَلِّمُنَا التَّشَهُّدَ،
وَتُشِيرُ بِيَدِهَا، تَقُولُ: " التَّحِيَّاتُ الطَّيِّبَاتُ
الصَّلَوَاتُ الزَّاكِيَّاتُ لِلَّهِ،السَّلامُ عَلَى النَّبِيِّ وَرَحْمَةُ
اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ
الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، ثُمَّ يَدْعُو الإِنْسَانُ لِنَفْسِهِ
بَعْدُ "
Telah
mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Aliy Al-Husain bin Ahmad bin
Ibraahiim bin Syaadzaan di Baghdaad : Telah memberitakan Hamzah bin
Muhammad bin Al-‘Abbaas : Telah menceritakan kepada kami
Al-‘Abbaas Ad-Duuriy : Telah menceritakan kepada kami Hajjaaj, ia
berkata : Telah berkata Ibnu Juraij : Telah mengkhabarkan kepadaku
Yahyaa bin Sa’iid, ia berkata : Aku mendengar Al-Qaasim bin
Muhammad berkata : ‘Aaisyah pernah mengajari kami tasyahud. Ia
berisyarat dengan tangannya seraya berkata : ‘At-tahiyyaatuth-thayyibaatush-shalawaatuz-zaakiyaatu lillaah. As-salaamu ‘alan-nabiyyi wa
rahmatullaahi wa barakaatuh. As-salaamu ‘alainaa wa ‘alaa
‘ibaadillaahish-shaalihiin. Asyhadu an-laa ilaaha illallaah, wa
asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh’. Kemudian
seseorang boleh berdoa bagi dirinya setelahnya” [Diriwayatkan
oleh Al-Baihaqiy 2/144 (2/207) no. 2842; shahih. Diriwayatkan juga oleh
Ibnu Abi Syaibah no. 3007 dan Ibnu Abil-Fawaaris dalam Al-Fawaaid no. 15].
e. Atsar ‘Athaa’ bin Abi Rabbaah rahimahullah.
عَنِ
ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ: " أَنَّ أَصْحَابَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانُوا يُسَلِّمُونَ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَيٌّ: السَّلامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ
وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، فَلَمَّا مَاتَ قَالُوا: السَّلامُ عَلَى النَّبِيِّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ "
Dari Ibnu Juraij, dari ‘Athaa’, ia berkata : Bahwasannya dulu shahabat-shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika mengucapkan salam sewaktu Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam masih hidup : ‘as-salaamu ‘alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh’. Namun ketika beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallamtelah meninggal, mereka berkata : ‘As-salaamu ‘alan-nabiy wa rahmatullaahi wa barakaatuh” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 3075; shahih].
Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah berkata :
هذا
؛ والظاهر أن الصحابة رضي الله عنهم لم يصيروا إلى القول : (السلام على
النبي) - بلفظ الغَيْبَةِ - إلا بتوقيف من النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ؛ إذ لا مجال للاجتهاد أو القياس في مثل هذا المقام ؛ بل هو عين
الابتداع في الدين ، وحاشا الصحابة من ذلك ، لا سيما ابن مسعود رضي الله
عنه ، الذي اشتهر من بينهم بشدة محاربته للبدع - مهما كان نوعها –،
وقصته في إنكاره على الذين كانوا يذكرون الله مجتمعين ، ويعدون التسبيح
والتحميد بالحصى أشهر من أن تذكر ، وهو القائل رضي الله عنه : اتبعوا ولا
تبتدعوا ؛ فقد كُفِيْتُم ، عليكم بالأمر العتيق. ولذا كان يأخذ على أصحابه
الواو في التشهد . كما رواه الطحاوي (1/157) والبزار في " مسنده " بإسناد
صحيح.
فمن
كان هذا شأنه من التحري في الاتباع ؛ كيف يعقل أن يتصرف فيما عَلَّمه رسول
الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إياه من التشهد بدون إذن منه ؟!
هذا غير معقول.
أضف
إلى ذلك أنه ليس منفرداً بذلك عن الصحابة ؛ بل قد نقل هو نفسه – وهو
الثقة العدل - ذلك عن الصحابة بدون خلاف بينهم ، فمن تبعهم على ذلك ؛ فـ {
أُوْلَئِكَ عَلَى هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ وَأُوْلَئِكَ هُمُ المُفْلِحُونَ}
“Dengan demikian, yang dhahir bahwasannya shahabat radliyallaahu ‘anhu tidak beralih pada ucapan : ‘as-salaamu ‘alan-nabiy’ – dengan lafadh ghaibah – kecuali berdasarkantaufiq dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, karena dalam hal ini tidak ada ruang untukijtihaad ataupun qiyaas. Bahkan hal itu (jika tidak didasarkan pada petunjuk Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam) merupakan kebid’ahan dalam agama. Dan sungguh, para shahabat mustahil melakukannya. Lebih khusus Ibnu Mas’uud radliyallaahu ‘anhu yang
terkenal di kalangan mereka (para shahabat) bersikap keras dalam
menentang kebid’ahan, apapun macamnya. Dan kisahnya dalam
mengingkari orang-orang yang berdzikir kepada Allah secara
berjama’ah dan menghitung tasbih dan tahmid dengan kerikil, cukup terkenal untuk disebutkan di sini.[1] Dan inilah perkataan Ibnu Mas’uudradliyallaahu ‘anhu : ‘Berittiba’-lah
dan jangan berbuat bid’ah, sesungguhnya kalian telah dicukupi
(dengan agama ini). Wajib atas kalian berpegang pada perkara yang awal’. Oleh karena itu, ia (Ibnu Mas’uud) mengambil tambahan huruf wawu yang diucapkan shahabatnya dalam tasyahud, sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy (1/157) dan Al-Bazzaar[2] dalam Musnad-nya dengan sanad shahih.
Yang seperti ini termasuk sikap berhati-hati dalam ittibaa’. Lantas, bagaimana dapat diterima akal ia (Ibnu Mas’uud) mengubah tasyahud yang diajarkan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tanpa izin dari beliau ?. Ini tidak masuk akal.
Ditambah
lagi, ia tidak seorang diri dalam pengamalan hal itu di kalangan
shahabat. Bahkan ia sendiri telah menukil – dan ia seorang yang tsiqah lagi ‘adil –
amalan tersebut dari kalangan shahabat tanpa ada perselisihan di antara
mereka. Barangsiapa yang mengikuti mereka, maka : ‘Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung’ (QS. Al-Baqarah : 5)” [Ashlu Shifaati Shalaatin-Nabiy, hal. 884-885].
Semoga jawaban ini ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 24101434/31082013 – 23:50].
[2] Riwayatnya adalah :
وَحَدَّثَنَاهُ
مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، قَالَ: نا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ، عَنِ
الأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنِ الأَسْوَدِ، قَالَ: كَانَ عَبْدُ
اللَّهِ يُعَلِّمُنَا التَّشَهُّدَ فِي الصَّلاةِ، فَيَأْخُذُ عَلَيْنَا
الأَلِفَ وَالْوَاوَ
Dan
telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, ia berkata :
Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Fudlail, dari
Al-A’masy, dari Ibraahiim, dari Al-Aswad, ia berkata : “Ibnu Mas’uud mengajari kami tasyahud dalam shalat, dan ia mengambil (tambahan) huruf alif dan wawu dari kami” [Diriwayatkan oleh Al-Bazzaar dalamMusnad-nya no. 1629; shahih].
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2013/08/bacaan-tasyahud-assalaamu-alan-nabiy.html
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2013/08/bacaan-tasyahud-assalaamu-alan-nabiy.html