Asy-Syaikh Khaalid Ar-Raddadiy hafidhahullah pernah menjelaskan tentang fenomena sebagaimana tercantum pada judul :
ولا
ينبغي تقسيم السلفيين إلى واضحين وغير واضحين، هذا التقسيم غير صحيح، وهذا
الوصف وصف غير صحيح. السلفي دائماً واضح، مبين، منهجه بين واضح، كما قال
ابن سيرين وحسن البصري وغيرهم: (( كان يرون الرجل على الطريق ما دام على
الأثر. )) فالسلفي واضح في مسلكه، لا يوجد سلفي غير واضح، هذا الذى غير
واضح حزبي متخفى فنطلق عليه حزبي، وان كان هناك سلفي لم يصل إلى التحزب
عليه مؤاخذات نقول : إن هذا الشخص عليه مؤاخذات، لازلنا نناصحه فيها لعله
يرجع ويدع تلك المؤاخذات، لا ينبغي تقسيم السلفيين إلى واضحين وغير واضحين
لان السلفيون واضحون، بينون في مسلكهم ومنهجهم وطريقة دعوتهم يصدعون. وأما
قضية السلفي غير واضح هذا غير جيد هذا الوصف، إن قلنا بأنه وصف، فضلا أن
يكون هذا تقسيما فهو تقسيم باطل
“Tidak
boleh membagi salafiyyiin menjadi salafiy yang ‘jelas’ dan
‘tidak jelas’. Pembagian ini tidak benar, dan merupakan
penyifatan yang tidak benar. Salafiy selalu nampak jelas dan terang.
Manhajnya nyata dan jelas pula, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu
Siiriin, Al-Hasan Al-Bashriy, dan yang lainnya : ‘Mereka (salaf)
memandang seseorang berada di atas jalan (yang benar) selama ia menetapi atsar’.
Maka, salafiy itu jelas pada jalannya, dan tidak akan ditemukan salafiy
yang ‘tidak jelas’. Sosok salafiy yang tidak jelas ini
(sebenarnya) adalah hizbiy yang tersembunyi, sehingga kita memutlakkan penyebutan kepadanya sebagai hizbiy. Seandainya ada seorang salafiy yang tidak sampai pada tingkatan tahazzub, akan
tetapi padanya ada kekurangan/kekeliruan, maka kita katakan :
Sesungguhnya orang ini mempunyai kekurangan/kekeliruan, dan kita akan
senantiasa menasihatinya hingga ia kembali (kepada kebenaran) dan
meninggalkan kekeliruannya tersebut. Namun tetap tidak boleh membagi
salafy menjadi ‘jelas’ dan ‘tidak jelas’,
karena salafiyyuun itu semuanya jelas, nampak pada jalan dan manhaj
mereka, serta jalan dakwah yang mereka tempuh. Adapun permasalahan
salafiy yang ‘tidak jelas’ - dan ini adalah
penyifatan yang tidak baik -, seandainya kita katakan itu sebagai suatu
sifat, maka akan menghasilkan pembagian salafiy yang
‘jelas’ dan ‘tidak jelas’, padahal pembagian
itu adalah baathil” [selesai].
Perkataan tersebut beliau katakan pada sesi tanya jawab atas penjelasan kitab Al-Qawaaidul-Arba’, bulan Pebruari 2004.
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2011/03/salafiy-yang-jelas-dan-tidak-jelas.html
▓
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2011/03/salafiy-yang-jelas-dan-tidak-jelas.html
▓