Islam Pedoman Hidup: Kaidah Memahami Al Qur’an Ke 12 : Ayat-Ayat Yang Tampaknya Saling Bertentangan Dibawa Kepada Keadaannya Masing-Masing…

Selasa, 26 Juli 2016

Kaidah Memahami Al Qur’an Ke 12 : Ayat-Ayat Yang Tampaknya Saling Bertentangan Dibawa Kepada Keadaannya Masing-Masing…

Kaidah-kaidah memahami Al Qur’an yang diambil dari kitab Qowa’idul Hisaan yang ditulis oleh Syaikh Abdurrohman As Sa’diy.
Kaidah ke 12 :
Ayat ayat yang tampaknya saling bertentangan dibawa kepada keadaannya masing masing.
Contoh disebutkan dalam surat Ar Rahman ayat 39 bahwa manusia dan jinn tidak akan ditanya tentang dosa mereka. Sementara dalam surat Al Hijir ayat 92 allah akan menanya mereka.
Maka di bawa kepada keadaannya masing masing. Surat Ar Rahman menunjukkan bahwa mereka tidak ditanya di satu keadaan dan akan ditanya pada keadaan yang lain. Atau mereka tidak ditanya apakah kamu melakukan dosa ini? Tetapi ditanya mengapa kamu melakukan dosa ini? Sebagaimana yang dikatakan oleh ibnu Abbas. Atau tidak ditanya dengan pertanyaan kasih sayang tetapi ditanya dengan pertanyaan penghinaan dan sebagainya.
Contoh lain, dalam surat Al Mukminun ayat 101 Allah meniadakan nasab pada hari kiamat kelak, sementara dalam surat abasa ayat 34 dan 35 Allah menyebutkan adanya nasab.
Surat Al Mukminun menunjukkan bahwa nasab tidak ada manfaatnya kelak di hari kiamat. Sebagaimana disebutkan dalam surat asy syu’ara ayat 88 dan 89 bahwa di hari itu tidak akan bermanfaat harta dan anak anak kecuali yang datang dengan membawa hati yang selamat.
Dan sebagainya.
Badru Salam,  حفظه الله تعالى
Sumber=bbg-alilmu.com