Abdullah bin ‘Umar radhiallahu ‘anhuma berkata,
“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا تَبَايَعْتُمْ بِالْعِيْنَةِ وَأَخَذْتُمْ أَذْنَابَ الْبَقَرِ وَرَضِيْتُمْ بِالزَّرَعِوَتَرَكْتُمُ الْجِهَادَ، سَلَّطَ اللهُ عَلَيْكُمْ ذُلاًّ لاَ يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوْاإِلَى دِيْنِكُم
‘Apabila kalian telah berjual beli dengan cara ‘inah, dan kalian telah disibukkan memegang ekor-ekor sapi, dan telah
senang dengan bercocok tanam dan
juga kalian telah meninggalkan jihad,
niscaya Allah subhanahu wa ta’ala akan kuasakan/timpakan kehinaan
kepada kalian, tidak akan dicabut/dihilangkan kehinaan tersebut hingga kalian
kembali kepada agama kalian’.”
Hadits yang mulia di atas diriwayatkan oleh Abu Dawud
no. 3003 dalam kitab al-Buyu’, bab
“an-Nahyu ‘anil ‘Inah [1] ”dan al-
Imam Ahmad (2/28). asy-Syaikh al-Albani rahimahullah menyatakan
hadits ini sahih dalam kitabnya Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no.11.
Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, وَ أَخَذْتُمْ أَذْنَابَ الْبَقَرِ (Kalian telah sibuk memegang ekor-ekor sapi)
merupakan kinayah (kiasan) tersibukkannya seseorang dengan pertanian sehingga
lalai untuk berjihad [2] di jalan Allah subhanahu wa ta’ala.
Adapun وَرَضِيتُمْ بِالزَّرَعِ (telah senang
dengan bercocok tanam) merupakan kinayah tentang keberadaan mereka yang
menjadikan bercocok tanam sebagai ambisi dan perhatian utama.
Adapun maksud ucapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam حَتَّى تَرْجِعُوْا إِلَى دِيْنِكُمْ (hingga kalian kembali kepada agama kalian)
adalah kalian kembali menyibukkan diri dengan amalan-amalan agama (dengan
mengilmui amalan tersebut sebelum mengamalkannya –pen.) (Subulus Salam, 3/64)
Kehinaan Muslimin Karena Meninggalkan Ajaran Agamanya
Pantas dicatat dengan tinta emas, masa-masa gemilang
dan kejayaan kaum muslimin pada kurun terdahulu. Bagaimana Allah subhanahu wa ta’ala memberikan kemuliaan kepada
mereka hingga musuh-musuh dari kalangan kuffar sangat takut dan bertekuk
lutut di hadapan mereka, sampai-sampai dinyatakan dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa kaum kafirin itu sudah amat
takut ketika mendengar kaum muslimin akan mendatangi mereka walaupun dalam
jarak sebulan perjalanan yang memisahkan mereka dengan kaum muslimin.[3]
Termaktub dalam sejarah Islam, bagaimana kaum muslimin
mampu meruntuhkan dan menguasai dua kerajaan besar yang menguasai bagian dunia
dan diibaratkan negara adi daya di masa itu, Persia dan Romawi. Mereka
guncangkan takhta Kisra dan Kaisar.
Hal ini sebagaimana pengabaran dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
إِنَّ الله زَوَى لِيَ الْأَرْضَ فَرَأَيْتُ مَشَارِقَهَا وَمَغَارِبَهَا، وَإنَّ أُمَّتِي سَيَبْلُغُ مُلْكُهَا مَا زُوِيَ لِي مِنْهَا، وَأُعْطِيْتُ الْكَنْزَيْنِ : الْأَحْمَرَ وَالْأَبْيَضَ
“Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala mengumpulkan/melipat bumi untukku hingga aku dapat melihat timur dan baratnya. Dan sungguh kerajaan umatku akan sampai ke bagian bumi yang dilipatkan untukku tersebut (timur dan barat bumi). Aku diberi dua perbendaharaan: merah
dan putih [4].” (HR. Muslim no. 2889)
Demikianlah generasi terdahulu dari kaum ini dapat
mencapai kemuliaan yang begitu tinggi. Hal ini bukan karena kekayaan materi
mereka. Bukan pula karena mereka menguasai IPTEK, walaupun hal ini dibolehkan
bagi mereka bila mereka mampu. Namun mereka diberikan kemuliaan oleh
Allah subhanahu wa ta’ala karena keimanan dan ketakwaan
mereka kepada-Nya, berpegang teguh dengan agama-Nya, membenarkan seluruh
ajaran-Nya dan selalu beramal untuk negeri akhirat.
Sebagaimana janji Allah subhanahu wa ta’ala dalam firman-Nya,
وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ لَيَسۡتَخۡلِفَنَّهُمۡ فِي ٱلۡأَرۡضِ كَمَا ٱسۡتَخۡلَفَ ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِهِمۡ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمۡ دِينَهُمُ ٱلَّذِي ٱرۡتَضَىٰ لَهُمۡ وَلَيُبَدِّلَنَّهُم مِّنۢ بَعۡدِ خَوۡفِهِمۡ أَمۡنٗاۚ يَعۡبُدُونَنِي لَا يُشۡرِكُونَ بِي شَيۡٔٗاۚ وَمَن كَفَرَ بَعۡدَ ذَٰلِكَ فَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡفَٰسِقُونَ ٥٥
“Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman
di antara kalian dan mengerjakan amal-amal saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan
menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan
orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi
mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka dan Dia benar-benar akan mengganti keadaan mereka sesudah mereka
berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap beribadah kepada-Ku
dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan-Ku. Dan barang siapa yang
(tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang
fasik.” (An-Nur:
55)
Ayat di atas merupakan janji Allah subhanahu wa ta’ala kepada Rasul-Nya subhanahu wa ta’ala di mana Dia akan menjadikan
umat beliau sebagai pemimpin dan penguasa manusia. Hal ini disebabkan karena
dengan kepemimpinan dan penguasaan mereka akan menjadi baiklah negeri-negeri
dan umat manusia. Dahulunya kaum muslimin takut kepada manusia namun sesuai
dengan janji Allah subhanahu wa ta’ala ini,
Allah subhanahu wa ta’ala akan gantikan rasa takut
tersebut dengan keamanan.
Allah subhanahu wa ta’ala juga
telah memenuhi janji-Nya, di mana sebelum Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat, Allah subhanahu wa ta’ala bukakan untuk beliau kota
Makkah, Khaibar, Bahrain, seluruh Jazirah Arab dan seluruh negeri Yaman. Beliau
mengambil jizyah dari orang Majusi Hajar dan dari sebagian penduduk Syam.
Demikian pula Heraklius, Raja Romawi serta Muqauqis
penguasa Mesir dan Iskandariyyah, tunduk kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Demikian pula raja-raja negeri
‘Amman dan Najasyi raja Habasyah (Ethiopia). (Tafsir Ibnu Katsir,
5/423)
Kemudian sepeninggal beliau, Abu Bakar
ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu, khalifah beliau
memegang pemerintahan. Dia mengutus pasukan muslimin ke negeri Persia dipimpin
Khalid ibnul Walid radhiallahu ‘anhu.
Pasukan yang lain menuju negeri Syam dipimpin Abu ‘Ubaidah radhiallahu ‘anhu dan pasukan ketiga dipimpin ‘Amr
ibnul ‘Ash radhiallahu ‘anhu menuju negeri Mesir. Allah subhanahu wa ta’ala pun membukakan kemenangan di
hari-hari Abu Bakar radhiallahu ‘anhu sampai dia kembali ke sisi-Nya.
‘Umar ibnul Khaththab radhiallahu
‘anhu sebagai khalifah kedua meneruskan dengan sempurna apa
yang telah dilakukan Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu.
Sehingga semasa beliau hidup negeri Syam dikuasai sepenuhnya, demikian pula
Mesir dan kebanyakan daerah Persia. Hancurlah dengan sehancur-hancurnya Kisra
dan Kaisar.
Demikian pula di masa ‘Utsman bin ‘Affan radhiallahu ‘anhu, perjuangan pendahulunya tetap ia
teruskan. Hingga di masanya timur dan barat bumi telah dikuasai kaum muslimin.
Segala puji bagi Allah atas nikmat yang telah dilimpahkan-Nya.
Janji yang diberikan Allah subhanahu wa ta’ala dalam ayat ini akan terus
berlaku sampai hari kiamat. Selama mereka menegakkan keimanan dan amal saleh
maka pasti akan diperoleh apa yang dijanjikan Allah subhanahu wa ta’ala kepada mereka. Mereka dapat
dikuasai oleh orang-orang kafir dan munafik hanya dikarenakan mereka
menyia-nyiakan iman dan amal saleh (yang diperintahkan kepada mereka). (Taisir al-Karimir Rahman, hlm. 573)
Sebaliknya, kenyataan pahit yang kita dapati pada
hari-hari ini, yang kaum muslimin direndahkan musuh-musuhnya dan kehinaan pun
menyelubungi dan menguasai mereka. Bukan karena mereka tidak memiliki materi
dan bukan pula karena mereka tidak menguasai IPTEK.
Namun karena mereka jauh dari ajaran agama mereka,
tenggelam dalam kehidupan dunia dan bergelimang dalam lumpur dosa dan maksiat.
Bahkan lebih jelek daripada itu, kesyirikan menyebar dengan sangat luasnya
sehingga tidak diketahui lagi mana yang dinamakan kesyirikan dan mana yang
dinamakan tauhid. Tauhid disangka syirik dan syirik disangka tauhid. Begitu
juga halnya dengan bid’ah dan sunnah, wallahul musta’an wa ilallahil musytaka.
Gambaran secara global adalah sebagaimana tersebut
dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di
atas. Mereka bermuamalah dengan cara yang jelek (dengan riba), tenggelam dalam
kesibukan dunia dan ingin hidup kekal di muka bumi dengan enggan untuk
berjihad. Karena anggapan mereka, jihad identik dengan mati konyol dan berpisah
dengan kesenangan hidup.
Asy-Syaikh al-Albani rahimahullah berkata,
“Penyakit yang diderita kaum muslimin pada hari ini bukanlah berupa kebodohan
mereka terhadap ilmu tertentu (dari ilmu dunia –pen.). Aku katakan
yang demikian ini (tentang keberadaan mereka kaum muslimin –pen.), dalam keadaan aku mengakui bahwa semua ilmu yang
bermanfaat bagi kaum muslimin wajib dipelajari dengan kadarnya.
Namun kehinaan yang menimpa kaum muslimin bukanlah
disebabkan kebodohan mereka dengan fikih yang populer pada hari ini dengan
istilah “fiqhul waqi’”! Namun yang menjadi sebab utama dikarenakan mereka
menyia-nyiakan untuk beramal dengan hukum-hukum agama, baik dari al-Qur’an
maupun dari as-Sunnah, sebagaimana datang keterangannya dalam hadits yang sahih [5] ini.
Ucapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : إِذَا تَبَايَعْتُمْ بِالْعِينَةِ (Apabila kalian telah berjual
beli dengan cara ‘inah) merupakan isyarat satu jenis dari muamalah
ribawiyah yang mengandung unsur tipu muslihat terhadap syariat.
Adapun sabda beliau: وَ أَخَذْتُمْ أَذْنَابَ الْبَقَرِ (dan kalian telah disibukkan
memegang ekor-ekor sapi) merupakan isyarat tentang sangat perhatiannya
seseorang terhadap perkara-perkara dunia dan kecenderungan padanya sementara
perkara syariat dan hukum-hukumnya diabaikan.
Yang semisal dengan ini sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam: وَرَضِيتُمْ بِالزَّرَعِ (kalian telah
senang dengan bercocok tanam). Sementara sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam: وَ تَرَكْتُمُ الْجِهَادَ (kalian telah meninggalkan jihad) merupakan buah
dari keinginan hidup kekal di dunia sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala,
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مَا لَكُمۡ إِذَا قِيلَ لَكُمُ ٱنفِرُواْ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ ٱثَّاقَلۡتُمۡ إِلَى ٱلۡأَرۡضِۚ أَرَضِيتُم بِٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا مِنَ ٱلۡأٓخِرَةِۚ فَمَا مَتَٰعُ ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا فِي ٱلۡأٓخِرَةِ إِلَّا قَلِيلٌ ٣٨
“Wahai orang-orang yang beriman, ada apa dengan
kalian, apabila dikatakan kepada kalian, ‘Berangkatlah untuk berperang di jalan
Allah,’ kalian merasa berat dan ingin diam di tempat kalian? Apakah kalian
lebih senang dengan kehidupan dunia daripada kehidupan akhirat, padahal
tidaklah kehidupan dunia itu dibanding dengan akhirat kecuali sedikit.” (At-Taubah: 38)
(Sual wa Jawab Haula Fiqhil
Waqi’, hlm. 53—54)
Meninggalkan Jihad fi Sabilillah Termasuk
Sebab Kerendahan Umat
Jihad fi sabilillah termasuk amalan yang utama.
Allah subhanahu wa ta’ala mengibaratkan orang yang
berjihad di jalan-Nya seperti orang yang sedang melakukan jual beli dengan-Nya
di mana jannah (surga) sebagai pembayarannya.
إِنَّ ٱللَّهَ ٱشۡتَرَىٰ مِنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ أَنفُسَهُمۡ وَأَمۡوَٰلَهُم بِأَنَّ لَهُمُ ٱلۡجَنَّةَۚ يُقَٰتِلُونَ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ فَيَقۡتُلُونَ وَيُقۡتَلُونَۖ وَعۡدًا عَلَيۡهِ حَقّٗا فِي ٱلتَّوۡرَىٰةِ وَٱلۡإِنجِيلِ وَٱلۡقُرۡءَانِۚ وَمَنۡ أَوۡفَىٰ بِعَهۡدِهِۦ مِنَ ٱللَّهِۚ فَٱسۡتَبۡشِرُواْ بِبَيۡعِكُمُ ٱلَّذِي بَايَعۡتُم بِهِۦۚ وَذَٰلِكَ هُوَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ ١١١
“Sesungguhnya Allah telah
membeli dari kaum mukminin jiwa dan harta mereka, dengan surga bagi mereka.
Mereka berjihad di jalan Allah, mereka membunuh dan dibunuh. Itulah janji yang
benar dari Allah dalam kitab Taurat, Injil dan al-Qur’an. Dan siapakah yang
lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual
beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.” (At-Taubah: 111)
Pahala yang diperoleh dengan amalan jihad ini demikian
besar sehingga ketika ada sahabat yang bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai Rasulullah, amal apakah
yang bisa menyamai jihad fi sabilillah?” Beliau berkata, “Kalian tidak akan
mampu melakukannya.” Lalu mereka mengulangi pertanyaan ini dua hingga tiga kali
namun beliau tetap menjawab, “Kalian tidak akan mampu melakukannya.”
Setelahnya beliau bersabda,
مَثَلُ الُجْمَاهِدِ فِي سَبِيْلِ اللهِ كَمَثَلِ الصَّائِم الْقَائِم الْقَانِتِ بِآيَاتِ اللهِ، لاَ يَفْتُرُ مِنْ صِيَامٍ وَلاَ صَلاَةٍ حَتَّى يَرْجِعَ الُجْمَاهِدُ فِي سَبِيْلِ اللهِ تَعَال
“Permisalan orang yang berjihad di jalan Allah seperti
orang yang berpuasa, dia shalat dan taat kepada ayat-ayat Allah. Dia tidak
pernah berhenti dari shalat dan puasanya itu sampai orang yang berjihad pulang
kembali.” ( HR. Muslim no.
1878)
Namun, wallahu al-musta’an,
karena cinta terhadap dunia dan takut mati, amalan yang begitu besar nilainya
tidak dipandang ataupun ditoleh oleh kebanyakan kaum muslimin. Amalan yang
utama ini dilempar jauh di belakang mereka. Bahkan ada di antara mereka yang
salah kaprah terhadap jihad, dengan perkataan di antaranya: Jihad itu mati
konyol, tidak ada itu yang namanya jihad sebab jihad itu jahat dan Islam itu
rahmah, jihad itu sudah lewat masanya dan segudang perkataan yang lain.
Akibatnya kehinaan dan kerendahan pun ditimpakan pada
mereka. Jumlah mereka banyak namun tiada berarti di hadapan musuh-musuh mereka
sebagaimana digambarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam
sabdanya,
يَوْشِكُ الْأَمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى الْأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا. فَقَال قَائِلٌ: وَمِنْ قِلَّةِ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ؟ قَالَ: بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيْرٌ لَكِنَّكُم غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ، وَلَيَنْزِعَنَّ اللهُ مِنْ صُدُوْرِ عَدُوِّكُمُالْمَهَابَةَ مِنْكُمْ، وَلَيَقْذِفَنَّ اللهُ فِي قُلُوْبِكُمُ الْوَهْنَ. فَقَالَ قَائِلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَاالْوَهْنُ؟ قَالَ: حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ
“Hampir-hampir umat-umat (di luar kalian) mengerumuni
kalian sebagaimana orang-orang yang makan mengerumuni piring hidangannya.”
Ada yang bertanya kepada beliau, “Apakah disebabkan
jumlah kita sedikit pada saat itu?”
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Bahkan kalian pada
hari itu jumlahnya banyak, akan tetapi kalian hanyalah buih seperti buih yang
dibawa air bah (banjir) dan sungguh Allah subhanahu wa ta’ala akan mencabut dari dada-dada musuh kalian rasa segan (ketakutan)
terhadap kalian dan Allah akan lemparkan ke dalam hati-hati kalian al-wahn.”
Seseorang bertanya lagi, “Wahai Rasulullah, apakah
al-wahn itu?”
“Cinta dunia dan takut mati,” jawab beliau. (HR. Ahmad, 5/278 dan
Abu Dawud no. 4297, dinyatakan sahih oleh asy-Syaikh al-Albani rahimahullah dalam ash-Shahihah no.
958)
Hadits ini menunjukkan dua hal:
1.
Islam itu
tidak butuh kepada (orang-orang yang ibaratnya) buih seberapa pun besarnya.
2.
Pokok/asal
penyakit itu munculnya dari hati, dikarenakan “cinta dunia dan takut mati” adalah dua penyakit hati. Tempat
asal akidah juga di hati, sehingga dari sini jelaslah bahwa perbaikan (tashhih)
akidah adalah pokok/asas dari suatu perbaikan (ishlah).
Dan pada perkara inilah kaum muslimin sebaiknya dan
seharusnya menyibukkan diri mereka. Hingga seandainya pun musuh yang kuat,
zalim lagi aniaya hendak menimpakan kejelekan kepada mereka niscaya Allah subhanahu wa ta’ala akan menolak keinginannya
tersebut hingga musuh-musuh kaum muslimin kembali dengan rendah lagi hina dina.
Walaupun dia telah mengumpulkan (kekuatan) orang-orang antara Timur dan Barat.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,
قَالَ ٱلَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلَٰقُواْ ٱللَّهِ كَم مِّن فِئَةٖ قَلِيلَةٍ غَلَبَتۡ فِئَةٗ كَثِيرَةَۢ بِإِذۡنِ ٱللَّهِۗ وَٱللَّهُ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ ٢٤٩
“Berkatalah orang-orang yang yakin bahwa mereka akan
bertemu dengan Allah: Berapa banyak terjadi golongan yang kecil/sedikit dapat
mengalahkan golongan yang berjumlah banyak/besar dengan izin Allah, dan Allah
beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 249) (as-Sabil ilal ‘Izzi wat Tamkin, hlm. 49)
Al-Imam asy-Syaukani rahimahullah berkata,
“Sebab kerendahan dan kehinaan ini, wallahu a’lam, yaitu
tatkala mereka meninggalkan jihad fi sabilillah, sementara di dalam jihad ini
ada kemuliaan bagi Islam. Juga dengan jihad, agama ini akan menang di atas
seluruh agama lain.
Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala menimpakan
kepada mereka lawan dari kemuliaan itu berupa turunnya kehinaan dan kerendahan,
karena mereka berjalan di belakang ekor-ekor sapi yang sebelumnya mereka
menunggangi (duduk) di atas punggung-punggung kuda yang merupakan tempat paling
mulia (ketika mereka menungganginya di saat berlaga di medan peperangan jihad
fi sabilillah -pen.).” (Nailul Authar,
3/251)
Dengan meninggalkan jihad berarti mereka menjatuhkan
diri mereka ke dalam kebinasaan padahal Allah subhanahu wa ta’ala melarang
kita menjatuhkan diri ke dalam kebinasaan.
وَلَا تُلۡقُواْ بِأَيۡدِيكُمۡ إِلَى ٱلتَّهۡلُكَةِ
“Dan janganlah kalian menjatuhkan diri kalian ke dalam
kebinasaan.” (al-Baqarah:
195)
Ayat yang mulia di atas, Allah subhanahu wa ta’ala turunkan sebagai teguran kepada
sebagian sahabat yang berkeinginan untuk menyarungkan pedang-pedang mereka
(tidak lagi berjihad) dan berencana untuk membenahi harta mereka setelah
Allah subhanahu wa ta’ala memberikan banyak kemenangan
kepada Islam dan muslimin sehingga mereka beranggapan selesailah tugas mereka
berjihad dan tiba saatnya bagi mereka mengurusi dunia.
Abu ‘Imran at-Tujibi berkisah, “Kami keluar untuk
berperang menuju Konstantinopel menghadapi pasukan Romawi, sementara yang
memimpin pasukan adalah Abdurrahman bin Khalid ibnul Walid. Pasukan Romawi pada
waktu itu merapatkan punggung-punggung mereka ke tembok kota Konstantinopel
(yakni telah siap berperang dan menghadang musuh). Lalu seseorang dari kami
(pasukan muslimin) maju menghadapi musuh hingga ia masuk ke barisan mereka.
Melihat hal itu orang-orang pun berteriak dengan
menyatakan, “Cegah! Cegah! La ilaha illallah! Dia telah menjatuhkan dirinya
dalam kebinasaan.” Mendengar hal itu, bangkitlah Abu Ayyub Al-Anshari radhiallahu ‘anhu seraya berkata, “Kalian telah
menakwilkan ayat ini dengan penakwilan yang demikian, ketika melihat ada
seseorang yang maju berperang karena ingin mati syahid.
Padahal ayat ini turun berkenaan dengan diri-diri kami
orang-orang Anshar. Tatkala Allah subhanahu wa ta’ala telah
menolong Nabi-Nya dan memenangkan Islam, kami pun berkata di antara kami dengan
menyembunyikannya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
‘Marilah kita benahi dan kita perbaiki harta-harta kita.’
Allah subhanahu wa ta’ala pun
menurunkan ayat,
وَأَنفِقُواْ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ وَلَا تُلۡقُواْ بِأَيۡدِيكُمۡ إِلَى ٱلتَّهۡلُكَةِ
“Berinfaklah kalian di jalan Allah dan janganlah
kalian menjatuhkan diri-diri kalian ke dalam kebinasaan.” (Al-Baqarah: 195)
Yang dikatakan kebinasaan adalah mengurus harta,
mengutamakan dan memperbaikinya, sementara jihad kita tinggalkan dan kita
abaikan.” (HR. Abu Dawud no. 2151,
dinyatakan sahih oleh asy-Syaikh al-Albani rahimahullah dalamash-Shahihah no. 13)
Jalan Keluar dari Kehinaan
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan
solusi bagi umatnya untuk keluar dari kehinaan yang menimpa mereka, yaitu
dengan kembali kepada ajaran agama mereka. Kembali bertakwa kepada Allah subhanahu wa ta’ala, mentauhidkan-Nya dan menjauhi
kesyirikan. Kembali berpegang teguh dengan seluruh ajaran agama Islam
sebagaimana yang pernah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tanpa memilah-milah
atau memilih-milih mana yang sesuai dengan selera hawa nafsu dan mana yang
tidak sesuai dengan selera hawa nafsu.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱدۡخُلُواْ فِي ٱلسِّلۡمِ كَآفَّةٗ
“Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke
dalam Islam secara kaffah.” (Al-Baqarah: 208)
Asy-Syaikh al-Albani rahimahullah berkata,
“Dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
سَلَّطَ اللهُ عَلَيْكُمْ ذُلاًّ لاَ يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوْا إِلَى دِيْنِكُمْ
“Niscaya Allah subhanahu wa ta’ala akan kuasakan/timpakan kehinaan
kepada kalian, tidak akan dicabut/dihilangkan kehinaan tersebut hingga kalian kembali kepada agama kalian.”
Terdapat isyarat yang jelas bahwa agama yang
kita harus kembali kepadanya adalah agama yang Allah ‘azza wa jalla sebutkan dalam banyak ayat-Nya yang
mulia. Seperti dalam firman-Nya,
إِنَّ ٱلدِّينَ عِندَ ٱللَّهِ ٱلۡإِسۡلَٰمُۗ
“Sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam.” (Ali Imran: 19) Dan dalam firman-Nya,
ٱلۡيَوۡمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ مِن دِينِكُمۡ فَلَا تَخۡشَوۡهُمۡ وَٱخۡشَوۡنِۚ ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَٰمَ دِينٗاۚ
“Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kalian
agama kalian dan Ku sempurnakan atas kalian nikmat-Ku dan Aku ridha Islam
sebagai agama kalian.” (Al-Maidah: 3) (Sual wa Jawab Haula Fiqhil
Waqi’, hlm. 54)
Termasuk ajaran agama Islam yang mulia ini adalah
jihad fi sabilillah, berperang melawan orang-orang kafir di medan peperangan.
Sehingga sepantasnya bagi seorang mukmin untuk selalu bersiap diri dalam rangka
membela agama Allah subhanahu
wa ta’ala kapan
pun dibutuhkan meski harus mengorbankan jiwa raganya.
Seorang mukmin bukanlah seorang penakut dan pengecut
serta kecil nyalinya menghadapi musuh. Seorang mukmin bukan pula seorang yang
tidak pernah terbetik di hatinya untuk berjihad karena dia paham dan takut
dengan ancaman Rasulnya yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam,
مَنْ مَاتَ وَلَمْ يَغْزُ وَلَمْ يُحَدِّثْ بِهِ نَفْسَهُ، مَاتَ عَلَى شُعْبَةٍ مِنْ نِفَاقٍ
“Siapa yang mati dan belum pernah berjihad serta tidak
pernah terbetik di hatinya (keinginan) untuk berjihad, dia mati di atas satu
cabang kemunafikan [6].” (HR. Muslim no.
1910)
Mudah-mudahan Allah subhanahu wa ta’ala memberi
taufik kepada kita untuk selalu berpegang teguh dengan ajaran agama-Nya dan
selalu siap membela agama-Nya di jalan yang haq, tanpa rasa gentar kepada
musuh-musuh agama ini.Wallahu al-musta’an.
Wallahu ta’ala a’lam bish-shawab.
Ditulis oleh al-Ustadz Abu Ishaq Muslim al-Atsari
[1] Jual beli dengan ‘inah adalah
jual beli dengan cara riba. Contohnya si A menjual barang kepada si B dengan
harga tertentu dan pembayaran dilakukan di belakang hari. Kemudian sebelum lunas
pembayarannya, si A membeli kembali (dengan kontan) barang yang dia jual
tersebut dari si B dengan harga yang lebih murah daripada harga yang ditetapkan
ketika dia menjualnya. Kemudian nantinya si B harus tetap membayar barang
tersebut dengan harga semula walaupun barang tersebut sudah tidak lagi
dimilikinya. (Lihat Nailul Authar,
5/250)
[2] Jihad yang diinginkan di sini
adalah jihad yang syar’i bukan jihad
bid’ah seperti yang dilakukan Imam Samudra dan kawan-kawannya, NII, Takfiriyun,
Jamaatul Fasad, Jihadiyyun, dan yang lainnya dari kalangan Hizbiyyun serta para
pemberontak.
أَعْطِيْتُ خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ أَحَدٌ قَبْلِي: نُصِرْتُ بِالرُّعْبِ مَسِيْرَةَ شَهْرٍ… الحديث
“Aku diberi lima perkara yang belum pernah diberikan
kepada seorang pun sebelumku: (pertama) aku ditolong dengan rasa takut di
hati-hati musuhku walaupun jarak antara aku dan mereka masih sebulan
perjalanan.” (HR. al-Bukhari no.
335 danMuslim no. 521)
[4] Ulama berkata, “Yang dimaksud
dengan dua perbendaharaan adalah emas dan perak yaitu harta raja Kisra penguasa
Iran dan Kaisar penguasa Syam.” (Syarah Shahih Muslim,
18/13)
[5] Hadits Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma yang menjadi pembahasan kita.
[6] Yakni ia menyerupai sifat munafik
yang tidak mau turut berjihad, karena meninggalkan jihad merupakan salah satu
cabang kemunafikan. (Syarah Shahih Muslim, 13/56)