Fanatik
atau ta’ashshub berasal dari kata ‘ashabiyyah,
dan ‘ashabiyyah sendiri artinya :
أن يدعو الرجل
إلى نصرة عصبته والتألب معهم على من يناوئهم ظالمين كانوا أو مظلومين.
والعصبي هو الذي
يغضب لعصبته ويحامي عنهم
“Seseorang
yang menyeru untuk menolong kerabatnya
dan bergabung bersama mereka menghadapi orang yang memusuhi mereka, baik
kerabatnya tersebut termasuk orang-orang yang dhalim atau terdhalimi.
Dan seorang dikatakan ‘ashabiy jika ia marah dikarenakan kerabatnya dan membela mereka [selengkapnya : Lisaanul-‘Arab, 1/602-607].
Secara
istilah ta’ashshub didefinisikan sebagai :
وكذلك التعصب هو
نصرة قومه أو جماعته أو من يؤمن بمبادئه سواء كانوا محقين أم مبطلين، وسواء كانوا
ظالمين أو مظلومين
“Sikap
keras dan mengambil suatu perkara dengan keras, kasar, dan tidak menerima hal
yang bertentangan serta menolaknya, gengsi untuk mengikuti orang lain meskipun
benar. Begitu juga ta’ashshub bermakna menolong kaumnya atau
kelompoknya atau orang yang satu ideologi, entah benar atau salah, pihak yang
dhalim atau terdhalimi” [At-Ta’ashshub oleh ‘Aadil Ad-Dumakhiy].
Asy-Syaukaaniy rahimahullah memberikan
penjelasan makna ta’ashshub :
أن تجعل ما يصدر
عنه من الرأي ويروي له من الاجتهاد حجة عليك وعلى سائر العباد
“Engkau
menjadikan semua pendapat dan ijtihad seseorang sebagai hujjah bagimu dan
seluruh manusia” [Adabuth-Thalab wa Muntahal-Arab oleh
Asy-Syaukaaniy, hal. 86].
Hal itu sebagaimana
yang terdapat dalam riwayat :
حَدَّثَنَا
مُحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنَا الْفِرْيَابِيُّ، حَدَّثَنَا
سَلَمَةُ بْنُ بِشْرٍ الدِّمَشْقِيُّ، عَنْ بِنْتِ وَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ،
أَنَّهَا سَمِعَتْ أَبَاهَا، يَقُولُ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، " مَا
الْعَصَبِيَّةُ ؟، قَالَ: أَنْ تُعِينَ قَوْمَكَ عَلَى الظُّلْمِ "
Telah
menceritakan kepada kami Mahmuud bin Khaalid Ad-Dimasyqiy : Telah menceritakan
kepada kami Al-Faryaabiy : Telah menceritakan kepada kami Salamah bin Bisyr
Ad-Dimasyqiy, dari Bintu Waatsilah bin Al-Asqa’ : Bahwasannya ia mendengar
ayahnya berkata : Aku pernah bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah ashabiyyah itu
?”. Beliau menjawab : “Engkau menolong kaummu dalam kedhaliman” [As-Sunan,
hal. 926 no. 5119 – takhrij selengkapnya bisa dibaca di sini].
Dari
sini kita ketahui bahwa fanatik atau ta’ashshub merupakan
sesuatu yang baathil, menjadikan seseorang selain nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam sebagai tolok ukur pembelaan dan kebenaran serta
memerangi semua pihak yang berbeda pendapat dengannya atau dengan orang yang ia
bela. Hati seorang yang terjangkit penyakit ta’ashshub tidak akan
lega sebelum orang lain menyepakatinya dan menyepakati orang yang ia bela.
Padahal, Allah ta’ala tidak
pernah menjadikan siapapun setelah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjadi
tolok ukur kebenaran, keridlaan, kecintaan, dan permusuhan. Tolok ukur yang diakui oleh syari’at hanyalah Al-Qur’an dan As-Sunnah
(beserta ijma’).
Allah ta’ala berfirman
:
يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَاتَّقُوا
اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
“Hai
orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan
bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha
Mengetahui” [QS. Al-Hujuraat : 1].
يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الأمْرِ
مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ
إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ
وَأَحْسَنُ تَأْوِيلا
“Hai
orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil
amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu,
maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu
benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih
utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya” [QS. An-Nisaa’ : 59].
وَمَا كَانَ
لِمُؤْمِنٍ وَلا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ
لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ
ضَلَّ ضَلالا مُبِينًا
“Dan
tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang
mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada
bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa
mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang
nyata” [QS. Al-Ahzaab : 36].
فَلا وَرَبِّكَ
لا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لا يَجِدُوا
فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
“Maka
demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan
kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak
merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan
mereka menerima dengan sepenuhnya” [QS. An-Nisaa’ : 65].
Allah ta’ala tidak
mengkaruniai sifat kema’shuman pada manusia selain para Nabi dan Rasul ‘alaihimush-shalaatu
was-salaam. Manusia tempatnya salah dan lupa, sehingga perkataan dan perbuatannya dapat diambil
(jika benar) ataupun ditinggalkan (jika salah).
Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda :
كُلُّ بَنِي
آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ
“Setiap
anak Adam (pernah) berbuat salah. Dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah
orang-orang yang bertaubat” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 4251;
dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albaaniy dalam Shahiih At-Targhiib 3/216
no. 3139].
Dari
Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa secara marfuu’ :
لَيْسَ أَحَدٌ
إِلا يُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ وَيَدَعُ غَيْرَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
“Tidak
ada seorang pun kecuali perkataannya dapat diambil dan ditinggalkan, kecuali
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh
Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir11/339 no. 11941. Al-Haitsamiy
berkata : “Para perawinya tsiqaat” (Al-Majma’, 1/430). DR.
‘Aliy Ridlaa mengatakan sanadnya jayyid].[1]
Mujaahid rahimahullah berkata :
لَيْسَ أَحَدٌ
بَعْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلا يُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ،
وَيُتْرَكُ إِلا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Tidak
ada seorang pun setelah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dimana
perkataannya dapat diambil dan ditinggalkan, kecuali Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy dalam Juz’u
Raf’il-Yadain, hal. 153 no. 179; shahih[2]].
Oleh
karena itu, barangsiapa yang menjadikan seseorang atau perkataan dan perbuatan
seseorang selain Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagai
timbangan kebenaran yang mutlak, maka ia termasuk ahlul-bid’ah yang sesat.
Syaikhul-Islaam
Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :
ليس لأحد أن ينصب
للأمة شخصا يدعو الى طريقته ويوالي ويعادي عليها غير النبى ولا ينصب لهم كلاما
يوالي عليه يعادي غير كلام الله ورسوله وما اجتمعت عليه الأمة بل هذا من فعل أهل
البدع الذين ينصبون لهم شخصا أو كلاما يفرقون به بين الأمة يوالون به على ذلك
الكلام أو تلك النسبة ويعادون
“Tidak
boleh bagi seorang pun untuk menanamkan bagi umat individu tertentu selain Nabi
untuk menyeru ke jalannya serta berwala’ dan bermusuhan atasnya. Tidak boleh
pula menanamkan bagi umat satu perkataan selain perkataan Allah dan Rasul-Nya
serta ijma’ umat, yang dengannya berwala’ dan bermusuhan. Bahkan perbuatan
tersebut merupakan perbuatan Ahlul-Bid’ah yang telah menanamkan bagi mereka
individu tertentu atau perkataan tertentu yang menyebabkan perpecahan umat.
Mereka berwala’ dan bermusuhan karenanya berdasarkan perkataan dan individu
tersebut” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 20/164].
فإن أهل الحق
والسنة لا يكون متبوعهم إلا رسول الله صلى الله عليه و سلم الذي لا ينطق عن الهوى
إن هو إلا وحي يوحى فهو الذي يجب تصديقه في كل ما أخبر وطاعته في كل ما أمر وليست
هذه المنزلة لغيره من الأئمة بل كل أحد من الناس يؤخذ من قوله ويترك إلا رسول الله
فمن جعل شخصا من الأشخاص غير رسول الله من أحبه ووافقه كان من أهل السنة والجماعة
ومن خالفه كان من أهل البدعة والفرقة كما يوجد ذلك في الطوائف من اتباع أئمة في
الكلام في الدين وغير ذلك كان من أهل البدع والضلال والتفرق
“Sesungguhnya
para pembela kebenaran dan sunnah (ahlul-haq was-sunnah) tidak mengikuti
seseorang kecuali Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang
: ‘beliau tidak berkata-kata dengan hawa nafsunya, ucapannya itu tiada lain
hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)’ (QS. An-Najm : 3-4).
Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang wajib
dibenarkan setiap perkataannya dan wajib ditaati setiap perintahnya. Kedudukan ini tidaklah dimiliki oleh orang selain beliau dari kalangan para
imam. Bahkan setiap orang dapat diambil dan dibuang perkataannya kecuali
Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam. Barangsiapa yang menjadikan
seseorang selain Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam dari
kalangan orang yang mencintainya dan menyepakatinya sebagai Ahlus-Sunnah
wal-Jama’ah, dan orang-orang yang menyelisihinya sebagai Ahlul-Bida’
wal-Furqah sebagaimana fenomena itu ditemui pada sebagian
kelompok yang mengikuti para imam dalam fatwa-fatwa agama dan selainnya;
maka ia lah yang justru termasuk Ahlul-Bida’ wadl-Dlalaal wal-Furqah(penyeru
kebid’ahan, kesesatan, dan perpecahan)” [idem,
3/346-347].
ممن يتعصب لواحد
معين غير النبى كمن يتعصب لمالك أو الشافعى أو أحمد أو أبى حنيفة ويرى أن قول هذا
المعين هو الصواب الذى ينبغى إتباعه دون قول الإمام الذى خالفه فمن فعل هذا كان
جاهلا ضالا بل قد يكون كافرا فإنه متى إعتقد أنه يجب على الناس إتباع واحد بعينه
من هؤلاء الأئمة دون الإمام الآخر فإنه يجب أن يستتاب فإن تاب وإلا قتل
“Barangsiapa
yang fanatik/ta’ashshub terhadap individu tertentu selain
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam seperti orang yang fanatik
terhadap Maalik, Asy-Syaafi’iy, Ahmad, atau Abu Haniifah, lalu ia berpendapat
perkataan imam tersebut adalah benar dan mesti diikuti, sedangkan perkataan
imam lain yang menyelisihinya tidak boleh diikuti; maka siapapun yang melakukan
hal ini, ia seorang yang bodoh lagi sesat. Bahkan, kadang ia bisa menjadi kafir
ketika berkeyakinan wajibnya manusia untuk mengikuti salah seorang imam
tersebut, tanpa boleh mengikuti imam yang lain, sehingga ia wajib diminta untuk
bertaubat. Jika ia bertaubat, maka diterima, dan jika tidak, maka dibunuh” [idem,
22/248-249].
Kebenaran
tidaklah terikat dan melekat pada individu tertentu, karena kebenaran itu mesti
dilihat pada dzatnya, bukan pada subjek yang mengatakan atau melakukannya.‘Aliy
bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu pernah memberikan
nasihat :
إن الحق والباطل
لا يعرفان بأقدار الرجال، اعرف الحق تعرف أهله، واعرف الباطل تعرف من أتاه
“Sesungguhnya
kebenaran dan kebathilan tidak diketahui dari jumlah/kekuatan orang-orang. Ketahuilan kebenaran niscaya engkau akan ketahui
orang-orangnya. Dan ketahuilah kebathilan, niscaya engkau akan ketahui
orang-orang yang menghampirinya” [Diriwayatkan oleh Al-Balaadzuriy dalam Al-Ansaab,
3/63].
Asy-Syaikh
Asy-Syinqithiy rahimahullah berkata :
ونرجح ما ظهر لنا
أنه الراجح بالدليل من غير تعصب لمذهب معين ولا لقول قائل معين لأننا ننظر الى ذات
القول لا إلى قائله
“Kami
merajihkan apa yang nampak pada kami bahwasannya ia lah yang raajih berdasarkan
dalil, tanpa rasa ta’ashshub pada madzhab tertentu, tidak pula
karena perkataan orang tertentu. Karena kami melihat dzat perkataannya, tidak
pada orang yang mengatakannya" [Muqaddimah Adlwaaul-Bayaan, 1/4].
Akan tetapi ikhwah,….
sungguh menyedihkan yang terjadi sekarang. Sebagian orang yang mengerti sunnah
malah mempraktekkannya. Lisan mereka yang basah memperingatkan umat akan
bahaya taqlid dan ta’ashshub, di waktu yang sama
perilaku keseharian mereka mengingkarinya. Kebenaran dan kesalahan versi mereka
mesti ditimbang oleh penilaian individu-individu tertentu, hingga
rujuk/taubatnya seseorang pun baru diakui jika telah ‘disahkan’ olehnya.
Duhai,…. betapa sempit dunia ini……
Wallaahul-musta’aan.
______________________________
حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بْنُ عَمْرٍو الْبَزَّارُ، ثنا زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ، ثنا أَبُو عُبَيْدَةَ
الْحَدَّادُ، عَنْ مَالِكِ بْنِ دِينَارٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ
رَضِي اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمَا، رَفَعَهُ قَالَ: " لَيْسَ أَحَدٌ إِلا
يُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ وَيَدَعُ غَيْرَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ "
Telah
menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Amru Al-Bazzaar : Telah menceritakan kepada
kami Ziyaad bin Ayyuub : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Ubaidah
Al-Haddaad, dari Maalik bin Diinaar, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu
‘anhumaa, dan ia memarfu’kannya, berkata : “Tidak ada seorang pun kecuali
perkataannya dapat diambil dan ditinggalkan, kecuali Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 11/339
no. 11941].
Keterangan
perawinya adalah sebagai berikut :
a. Ahmad bin ‘Amru bin ‘Abdil-Khaaliq bin Khalaad bin ‘Ubaidillah, Abu Bakr
Al-‘Atakiy Al-Bazzaar Al-Bashriy, shaahibul-musnad; seorang
yang tsiqah lagi haafidh, namun mempunyai banyak
kekeliruan dalam hadits. Wafat tahun 291 H [Irsyaadul-Qaadliy wad-Daaniy,
hal. 145-146 no. 155].
b. Ziyaad bin Ayyuub bin Ziyaad Ath-Thuusiy Al-Baghdaadiy, Abu Haasyim –
dengan laqab : Dalwaih; seorang yang tsiqah lagi haafidh.
Termasuk thabaqah ke 10, lahir tahun 166 H, dan wafat tahun
252 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 343 no. 2067].
c. ‘Abdul-Waahid bin Waashil As-Saduusiy, Abu ‘Ubaidah Al-Haddaad Al-Bashriy;
seorang yangtsiqah, dan ia diperbincangkan oleh Al-Azdiy tanpa hujjah (yang
benar). Termasukthabaqah ke-9, dan wafat tahun 190 H. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 631 no. 4277].
d. Maalik bin Diinaar As-Saamiy An-Naajiy, Abu Yahyaa Al-Bashriy Az-Zaahid;
seorang yangshaduuq. Termasuk thaabqah ke-5 dan wafat
tahun 130 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 915
no. 6475].
e. ‘Ikrimah Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy, Abu ‘Abdillah Al-Madaniy maulaa
‘Abdillah bin ‘Abbaas; seorang yang tsiqah, tsabat,
lagi faqiih. Termasuk thabaqah ke-3, wafat
tahun 104 H, atau dikatakan setelah itu, di Madinah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 687-688 no. 4707].
f. ‘Abdullah bin ‘Abbaas bin ‘Abdil-Muthallib bin Haasyim bin ‘Abdi Manaaf
Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy, Abul-‘Abbaas Al-Madaniy; salah seorang shahabat yang
mulia. Termasukthabaqah ke-1, dan wafat tahun 68 H. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 518 no. 3431].
حَدَّثَنَا
قُتَيْبَةُ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَبْدِ الْكَرِيمِ، عَنْ مُجَاهِدٍ،
قَالَ: " لَيْسَ أَحَدٌ بَعْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِلا يُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ، وَيُتْرَكُ إِلا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ "
Telah
menceritakan kepada kami Qutaibah : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan,
dari ‘Abdul-Kariim, dari Mujaahid, ia berkata : “Tidak ada seorang pun setelah
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dimana perkataannya dapat
diambil dan ditinggalkan, kecuali Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam”.
Keterangan
perawinya adalah sebagai berikut :
a. Qutaibah bin Sa’iid bin Jamiil bin Thariif bin ‘Abdillah Ats-Tsaqafiy, Abu
Rajaa’ Al-Balkhiy Al-Baghlaaniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat.
Termasuk thabaqah ke-10, lahir tahun tahun 150 H, dan wafat
tahun 240 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [lihat : Tahdziibul-Kamaal 23/523-537
no. 4852, Tahdziibut-Tahdziib 8/358-361 no. 641, dan Taqriibut-Tahdziib,
hal. 799 no. 5557].
b. Sufyaan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imraan Al-Hilaaliy, Abu Muhammad Al-Kuufiy
Al-Makkiy; seorang yang tsiqah, haafidh, faqiih, imaam, dan hujjah.
Termasuk thabaqah ke-8, lahir tahun 107 H, dan wafat
tahun 198 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 395 no.
2464].
c. ‘Abdul-Kariim bin Maalik Al-Jazariy, Abu Sa’iid Al-Harraaniy Al-Hadlramiy;
seorang yangtsiqah lagi mutqin. Termasuk thabaqah ke-6,
dan wafat tahun 127 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 619
no. 4182].
d. Mujaahid bin Jabr Al-Makkiy, Abul-Hajjaaj Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy;
seorang yang tsiqahlagi imam di bidang tafsir.
Termasuk thabaqah ke-3 dan wafat tahun 101/102/103/104 H. Dipakai
oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu
Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 921 no. 6523].
Para perawinya tsiqaat dan
sanadnya bersambung (muttashil).
from= http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2013/09/fanatik-taashshub.html