Terdapat
perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai hal ini. Ada yang
membolehkannya, seperti : Mujaahid, Abu Qilaabah, Al-Hasan, dan
Al-Auza’iy [lihat Al-Mushannaf oleh Ibnu Abi Syaibah 7/386, At-Tibyaan oleh An-Nawawiy hal. 127, danSyarhus-Sunnah oleh Al-Baghawiy 12/166]. Ada pula yang memakruhkannya, seperti : Ibrahim An-Nakha’iy dan Ibnu Siiriin [lihat Syarhus-Sunnah oleh Al-Baghawiy 12/166 dan Al-Mushannaf oleh Ibnu Abi Syaibah 7/387].
عن
ابن عباس قال : إذا عَسِر على المرأة ولدها، فيكتب هاتين الآيتين والكلمات
في صحفة، ثم تُغسل فتسقى منها : بسم الله الذي لا إله إلا هو الحليم
الكريم، سبحان الله ربِّ السماوات السبع، وربِّ العرش العظيم، كَأَنَّهُمْ
يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا -
كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلا سَاعَةً
مِنْ نَهَارٍ بَلاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ
Dari
Ibnu ‘Abbas ia berkata : “Apabila ada seorang wanita yang
kesulitan dalam proses persalinan anaknya, hendaklah ditulis dua ayat
dan beberapa kalimat dalam secarik kertas (yang direndam dalam bejana).
Kemudian (air bejana itu) dibasuhkan dan diminumkan kepadanya. Kalimat
tersebut adalah : “Dengan
menyebut nama Allah, tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan
Dia, Yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah, Rabb langit
yang tujuh dan Rabb ‘Arsy yang agung - Pada hari mereka melihat
hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia)
melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari (QS.
An-Naazi’aat : 46) - Pada hari mereka melihat ‘adzab yang
diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia)
melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup,
maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik (QS. Al-Ahqaaf :
35)”[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf 7/385 dan Ibnus-Sunniy dalam‘Amalul-Yaum wal-Lailah no. 619. Lihat juga Majmu’ Al-Fataawaa oleh Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah 19/64-65].
Di antara ulama yang membolehkan adalah Syaikhul-Islam rahimahullah dimana beliau berkata :
ويجوز أن يكتب للمصاب وغيره من المريض شيئاً من كتاب الله وذكره بالمداد المباح ويغسل ويسقى، كما نص على ذلك أحمد وغيره.
“Diperbolehkan
untuk menuliskan ayat Al-Qur’an dan dzikir-Nya (pada bejana yang
berisi air) bagi orang yang sedang sakit atau yang lainnya dengan tinta
yang diperbolehkan, kemudian membasuhkannya dan meminumkannya.
Sebagaimana hal itu ditegaskan Ahmad dan yang lainnya” [Majmu’ Al-Fataawaa, 19/64].
Setelah menyebutkan atsar Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma di atas, Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah membawakan perkataan ‘Abdullah bin Ahmad rahimahumulllah :
رأيتُ أبي يكتب للمرأة في جَامٍ أو شيء نظيف.
“Aku
pernah melihat ayahku (yaitu Ahmad bin Hanbal) menulis di dalam bejana
air atau sesuatu yang bersih untuk seorang wanita” [idem].
Al-Haafidh Ibnul-Qayyim rahimahullah mengisyaratkan kebolehan cara ini dengan perkataannya :
ورأى
جماعة من السَّلَف أن تُكتب له الآياتُ مِن القرآن، ثم يشربَها. قال
مجاهد: لا بأس أن يكتُبَ القرآنَ، ويغسِلَه، وَيْسقِيَه المريضَ، ومثلُه
عن أبى قِلابَةَ. ويذكر عن ابن عباس: أنه أمر أن يُكَتبَ لامرأة تَعَسَّرَ
عليها
وِلادُها أثرٌ من القرآن، ثم يُغسل وتُسقى. وقال أيوب: رأيتُ أبا قِلابَةَ كتب كتاباً من القرآن، ثم غسله بماء، وسقاه رجلاً كان به وجعٌ.
وِلادُها أثرٌ من القرآن، ثم يُغسل وتُسقى. وقال أيوب: رأيتُ أبا قِلابَةَ كتب كتاباً من القرآن، ثم غسله بماء، وسقاه رجلاً كان به وجعٌ.
“Banyak
di kalangan salaf yang berpendapat agar dituliskan baginya ayat-ayat
Al-Qur’an, kemudian diminumkan kepadanya. Mujaahid berkata :
‘Tidak mengapa menulis ayat Al-Qur’an (pada bejana air),
lalu membasuh dengannya dan meminumkannya kepada orang yang
sakit’. Ada riwayat yang semisal dari Abi Qilaabah. Disebutkan
dari Ibnu ‘Abbas, bahwasannya ia memerintahkan agar dituliskan
ayat Al-Qur’an (pada bejana air) bagi wanita yang kesulitan dalam
persalinan, yang kemudian membasuhkan airnya dan meminumkannya. Ayyub
berkata : ‘Aku pernah melihat Abu Qilaabah menulis sebagian ayat
Al-Qur’an (pada sebuah bejana air), kemudian ia membasuh dirinya
dengan air itu dan meminumkannya pada seorang laki-laki yang sedang
sakit” [Ath-Thibbun-Nabawiy, hal. 147, tahqiq : As-Sayyid Al-Jumailiy; Daarul-Kitaab Al-‘Arabiy, Cet. 1/1410 H].
Berikut fatwa Asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim rahimahullah saat beliau ditanya tentang hukum menulis ayat Al-Qur’an pada bejana air bagi orang sakit yang kemudian membasuhkan airnya dan meminumkannya :
لا
يظهر في جواز ذلك بأْس, وقد ذكر ابن القيم رحمه الله : أَن جماعة من السلف
رأَوا أَن يكتب للمريض الآيات من القرآن ثم يشربها، قال مجاهد: لا بأْس
أَن يكتب القرآن ويغسله ويسقيه المريض. ومثله عن أَبي قلابة، ويذكر عن ابن
عباس أَنه أَمر أَن يكتب لامرأَة تعسرت عليها ولادتها أَثر من القرآن ثم
يغسل وتسقى. وبالله التوفيق. وصلى الله على محمد.
“Tentang kebolehannya, maka tidak ada satu hal yang melarangnya. Ibnul-Qayyimrahimahullah telah
menyebutkan : Bahwasannya banyak di kalangan salaf yang berpendapat
agar dituliskan baginya ayat-ayat Al-Qur’an, kemudian diminumkan
kepadanya. Mujaahid berkata : ‘Tidak mengapa menulis ayat
Al-Qur’an (pada bejana air), lalu membasuh dengannya dan
meminumkannya kepada orang yang sakit’. Ada riwayat yang semisal
dari Abi Qilaabah. Disebutkan dari Ibnu ‘Abbas, bahwasannya ia
memerintahkan agar dituliskan ayat Al-Qur’an (pada bejana air)
bagi wanita yang kesulitan dalam persalinan, yang kemudian membasuhkan
airnya dan meminumkannya.Wabillaahi-taufiq, wa shallallaahu ‘alaa Muhammad” [Majmu’ Fataawaa wa Rasaail oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim, 1/582, tanggal 28 Shaffar 1384 H].
Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah juga memberikan fatwa tentang kebolehannya apabila orang yang melakukannya dikenal sebagai orang yang baik dan istiqamah.[1]
Akan
tetapi Al-Lajnah Ad-Daaimah memberikan fatwa yang berbeda dengan
beberapa ulama di atas. Mereka (Lajnah) memberikan penjelasan sebagai
berikut :
.....وأما
كتابة سورة أو آيات من القرآن في لوح أو طبق أو قرطاس وغسله بماء أو
زعفران أو غيرهما وشرب تلك الغسلة رجاء البركة أو استفادة علم أو كسب مال
أو صحة وعافية ونحو ذلك - فلم يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه فعله
لنفسه أو غيره ولا أنه أذن فيه لأحد من أصحابه أو رخص فيه لأمته مع وجود
الدواعي التي تدعو إلى ذلك، ولم يثبت في أثر صحيح فيما علمنا عن أحد من
الصحابة رضي الله عنهم أنه فعل ذلك أو رخص فيه، وعلى هذا فالأولى تركه،
.....
“….Adapun
tentang penulisan satu surat atau beberapa ayat Al-Qur’an dalam
sebuah papan, tanah liat, atau kertas, dan dibasuh dengan air, minyak,
za’faran, atau yang lainnya, kemudian air basuhan tersebut
diminum dengan mengharapkan keberkahan atau mengambil faedah keilmuan,
mencari kesehatan atau keselamatan, serta lainnya; maka kami tidak
mengetahui dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa
beliau pernah melakukannya untuk diri beliau sendiri atau orang lain.
Beliau juga tidak mengijinkan untuk melakukannya kepada seorang
shahabat pun radliyallaahu ‘anhumatau
memberikan keringanan mengenainya bagi umat beliau, padahal ada banyak
hal yang mendorong untuk melakukannya. Di samping itu, tidak disebutkan
dari seorang shahabat pun dalam satu atsar yang
shahih – menurut sepengetahuan kami – bahwa beliau pernah
melakukannya atau memberikan keringanan mengenainya. Atas dasar ini,
maka meninggalkan perbuatan itu lebih utama…” [Fataawaa Al-Lajnah Ad-Daaimah,1/245-246].
Mengenai atsar Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma di atas, maka ia berkualitas dla’if. Adapun cacat riwayat tersebut terletak pada Ibnu Abi Lailaa. Al-Haafidh berkata :“Shaduuq (jujur), sayyiul-hifdhi jiddan (hapalannya sangat jelek)” [Taqribut-Tahdzib, hal. 871 no. 6121, tahqiq : Abu Asybal Al-Bakistaniy; Daarul-‘Aashimah]. Atsar ini di-dla’if-kan oleh Basyir Muhammad ‘Uyuun dalam tahqiq-nya terhadap kitab ‘Amalul-Yaum wal-Lailah hal. 292 (Maktabah Daaril-Bayaan, Cet. 1/1407 H). Oleh karena itu, tidak sah berhujjah dengan atsar ini – sebagaimana jumhur ulama berdalil dengannya untuk menyatakan kebolehannya.
Yang raajih lagi selamat di antara dua pendapat tersebut adalah pendapat yang menyatakan status hukum ke-makruh-annya. Dalam hal ruqyah, kita telah dicukupkan dengan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau adalah sebaik-baik contoh untuk ditiru. Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya.
[Abu Al-Jauzaa’ Al-Bogoriy – http://abul-jauzaa.blogspot.com – Perumahan Ciomas Permai, Ciapus, Ciomas, Bogor; 18 Syawwal 1430 H – banyak mengambil manfaat dari buku At-Tabarruk Anwaa’uhu wa Ahkaamuhuoleh
Dr. Naashir bin ‘Abdirrahman bin Muhammad Al-Judai’, hal.
232-235, Maktabah Ar-Rusyd, Cet. Thn. 1411 H; dengan beberapa tambahan].
[1] Lihat Majalah Ad-Da’wah, edisi 997, tanggal 13 Syawwal 1405 H, hal. 27 – terbitan Riyadl.
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2009/10/hukum-menulis-ayat-al-quran-atau-dzikir.html