Islam Pedoman Hidup: Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam Adalah Al-Qur’an yang Berjalan di Muka Bumi

Kamis, 14 Januari 2016

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam Adalah Al-Qur’an yang Berjalan di Muka Bumi

Pernah ditanyakan kepada Asy-Syaikh Rabii’ Al-Madkhaliy hafidhahullah :
شيخنا حفظكم الله يقول السائل : نسمع بعض الخطباء يجرى على ألسنتهم فى إطلاق وصف النبي صلى الله عليه وسلم كان قرآنا يمشى على الأرض ، أي مطبيقاً لأحكام القرآن ، ما حكم هذا ؟
“Syaikh kami hafidhahullah, penanya berkata : ‘Kami pernah mendengar dari sebagian khaathib yang memutlakkan penyifatan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau adalah Al-Qur’an yang berjalan di muka bumi, yaitu : beliau menerapkan hukum-hukum dalam Al-Qur’an. Bagaimana hukum dalam permasalahan ini ?”.

Beliau hafidhahullah menjawab :
الأحسن أن نقول كان خلقه القرآن كما قالت عائشة ، نقول القرآن كلام الله ليس بمخلوق ومحمد عليه الصلاة والسلام بشر مخلوق.
فما ينبغي أن نقول مثل هذا الكلام ، لأن حاربنا المعتزلة وغيرهم فى قول القرآن مخلوق ؛ فكيف نقول مثل هذا الكلام ، نقول كان صلى الله عليه وسلم يصدق القرآن، كانت أخلاقه مستمدة من القرآن ، كان خلقه القرآن ، يعمل به ويعتقد ما فيه عليه الصلاة والسلام.
نعم ، الله اعلم تعابير غربية يقلدون فيها الغرب. والله أعلم. نعم
“Yang lebih baik, kita mengatakan akhlaq beliau adalah Al-Qur’an sebagaimana yang dikatakan ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa. Kita mengatakan Al-Qur’an adalah Kalaamullah, bukan makhluk. Dan Muhammad ‘alaihis-shalaatu was-salaam adalah manusia, makhluk.
Tidak diperbolehkan kita mengatakan perkataan seperti itu, karena kita memerangi Mu’tazillah dan yang lainnya dalam masalah perkataan mereka Al-Qur’an adalah makhluk. Lantas, bagaimana kita malah mengatakan perkataan seperti itu ?. Kita mengatakan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam membenarkan Al-Qur’an, akhlaq beliau diambil dari Al-Qur’an, dan akhlaq beliau sendiri adalah Al-Qur’an. Beliaushallallaahu ‘alaihi wa sallam mengamalkan dan mempercayai apa yang ada di dalamnya.
Na’amWallaahu a’lam.
[selesai - http://www.salaficall.net/forums/index.php?topic=4784.0 – 07052012].

from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2012/05/nabi-shallallaahu-alaihi-wa-sallam.html