Islam Pedoman Hidup: Selalu Gagal Ujian

Minggu, 09 Agustus 2015

Selalu Gagal Ujian


Aku lahir….. 
Otomatis… nama ayahku adalah nama ayah kandungku, tak bisa tidak !
Otomatis … “Sunda” adalah “Suku”-ku, bukan “Asmat” !
TANPA USAHA apapun.. akan melekat kemanapun pergi, TAK LEPAS sampai matipun !!!

Aku lahir ….. lalu ..
Tak pernah pindah, tapi mengatakan warga Arab Saudi …
Tak kuliah, tapi mengatakan mahasiswa perguruan tinggi ..
Hanya dengar ceramah Ustadz A telah mengatakan sebagai muridnya ..
Hanya baca "Al Umm", berani mengatakan ber-Mazhab Imam Syafi’i ..
Telah benarkah yang kukatakan itu?

Aku lahir… kemudian…
Dgn “SOMBONG mengatakan AKU DALAM JALAN KEBENARAN (baca: Ahlus Sunnah)
Dgn “CONGKAK” mengatakan kepada yg BEDA FAHAM.. Mereka KELOMPOK SESAT!!!
Meskipun sebenarnya ..
PEMIKIRANAMAL dan KEYAKINAN-KU itu…
Disandarkan pada KERAGUAN.
Ragu sebab bersandar pd PENJELASAN YG TIDAK JELAS,
Ragu sebab bersandar pd KEYAKINAN YG TANPA HUJJAH, BUKTI dan DALIL,
Meskipun KADANG ADA Dalil …Tapi ternyata SEMUA KELOMPOK juga MENYUGUHKAN DALIL !

Ibaratnya bila “mendapat ujian untuk memilih beberapa minuman” …
Aku tidak berusaha INGIN TAUBERFIKIR dan BERDO'A  untuk memilih...
Aku ternyata TIDAK PEDULI! hanya ngambil yg DEKAT dan MUDAH DIDAPAT.
Sebodo amat! Meskipun berupa ARAK yg memabukkan atau RACUN mematikan
Kukatakan "Aku tak perlu DIUJI” lagi! dan “Aku di JALAN KEBENARAN”  serta akan MELEKAT dan TAKKAN LEPAS!!! Sekalipun TANPA USAHA dan PERJUANGAN!!
Seperti halnya perkataanku pada NASAB dan SUKU ..

Namun ternyata “KESADARAN” mencela “PERKATAANKU” sendiri:
Oh… Aku ternyata hanyalah..
Orang yg tidak bersungguh-sungguh belajar Islam, seperti yg diajarkan Rasul ..
Padahal tau… banyak sekali Beda PENDAPAT, Ragam FAHAM dan ALIRAN …
Yang bakal MENJEGAL dan MENYESATKAN JALAN …

Ooh… Aku ternyata hanya …..
Orang yg tidak berusaha BERAMAL mencontoh Rasul,
Padahal tau… BUAH DARI ILMU ADALAH AMAL,

Oooh… Aku ternyata…
Orang yg HANYA TAU harus takut kepada Allah
Tetapi bukan orang yg hatinya BENAR-BENAR TAKUT ALLAH.

Ya Allah… Aku selalu gagal dalam melewati semua Ujian-MU...
Dan aku takut mempertanggungjawabkan semua perbuatanku..
Ya Allah…  Ampunilah segala dosa dan kesalahanku… Aamiin..

----------------------------------
Hamba Yang Hina Dina
Yg Mengharapkan Petunjuk dan Rahmat Allah