Islam Pedoman Hidup: Dakwah Secara Bertahap

Senin, 30 Januari 2017

Dakwah Secara Bertahap


Pertanyaan:
Apakah metode bertahap dalam pensyariatan sudah selesai dengan ditutupnya kerasulan? Bolehkah seorang da’i menyampaikan dakwah secara bertahap? Semisal ia bersikap lunak pada orang yang baru masuk Islam, serta bertahap dalam menyampaikan kewajiban-kewajiban agama dan larangan-larangannya, tidak langsung disampaikan semua.
Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta menjawab:
Disyariatkan bertahap dalam menyampaikan dakwah, ini mengamalkan hadits Mu’adz bin Jabal ketika beliau diutus oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam ke Yaman, dan juga hadits-hadits yang semisal, yang diriwayatkan oleh sejumlah rawi dari Ibnu Umar radhiallahu’anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda kepada Mu’adz ketika itu:
إنك ستأتي قوما من أهل الكتاب ، فإذا جئتهم فادعهم أن يشهدوا أن لا إله إلا الله وأن محمدًا رسول الله ، فإن هم أطاعوك بذلك فأخبرهم أن الله قد فرض عليهم خمس صلوات في كل يوم وليلة ، فإن هم أطاعوا لك بذلك فأخبرهم أن الله قد فرض عليهم صدقة تؤخذ من أغنيائهم فترد على فقرائهم ، فإن هم أطاعوا لك بذلك فإياك وكرائم أموالهم ، واتق دعوة المظلوم ؛ فإنه ليس بينها وبين الله حجاب
Sesungguhnya engkau akan mendatangi suatu kaum Ahli Kitab. Ketika engkau datangi mereka, maka ajaklah mereka untuk bersyahadat laailaha illallah wa anna muhammadan rasulullah. Jika mereka mau menaatinya, maka setelah itu kabarkanlah kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka shalat lima waktu  setiap hari. Jika mereka mau menaatinya, maka kabarkanlah kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka zakat yang diambil dari orang-orang kaya untuk  diberikan kepada orang-orang miskin. Jika mereka mau menaati hal itu maka berhati-hatilah engkau terhadap harta berharga mereka, dan hindarilah doanya yang dizhalimi,  karena sungguh tidak ada penghalang antara dia dengan Allah (HR. Bukhari 1458, Muslim 19).
Adapun tasyri‘ (penambahan syariat) telah selesai dengan wafatnya Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Allah Ta’ala berfirman:
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلامَ دِينًا
Pada hari ini telah Ku sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan telah Ku sempurnakan bagi kalian nikmat kalian, dan Aku ridha Islam sebagai agama kalian (QS. Al Maidah: 3).
***
Tertanda,
Ketua: Syaikh Abdul Aziz bin Baz
Wakil: Syaikh Abdurrazzaq Afifi
from=https://kangaswad.wordpress.com/2017/01/30/dakwah-secara-bertahap/