إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ؛ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَتُوْبُ إِلَيْهِ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا
وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ،
وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا
اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ؛ صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ
أَجْمَعِيْنَ.
أَمَّا بَعْدُ مَعَاشِرَ المُؤْمِنِيْنَ عِبَادَ اللهِ:
اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى وَرَاقِبُوْهُ فِي السِرِّ وَالعَلَانِيَةِ
وَالغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ مُرَاقَبَةً مَنْ يَعْلَمُ أَنَّ رَبَّهُ
يَسْمَعُهُ وَيَرَاهُ.
Ibadallah,Allah Azza wa Jalla telah memberi anugerah Islam kepada kita. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا
تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ ﴿١٠٢﴾ وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ
اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ
عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ
فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ
مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ
لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ ﴿١٠٣﴾ وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ
أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ
وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ ﴿١٠٤﴾
وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ تَفَرَّقُوا وَاخْتَلَفُوا مِنْ بَعْدِ مَا
جَاءَهُمُ الْبَيِّنَاتُ ۚ وَأُولَٰئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ
Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah
sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati
melainkan dalam keadaan beragama Islam. Dan berpeganglah kamu semuanya
kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan
ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah)
bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu
karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada
di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya.
Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat
petunjuk. Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru
kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang
munkar; merekalah orang-orang yang beruntung. Dan janganlah kamu
menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang
keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang
mendapat siksa yang berat. [Ali Imran/3:102-105].
Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا
Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah
Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama
bagimu. [Al-Ma’idah/5:3].
Juga firman-Nya:
إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ
Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. [Ali Imran/3:19].
Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :
وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ
Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali
tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat
termasuk orang-orang yang rugi. [Ali Imran/3:85].
Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang lain:
وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِ ۚ هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ
عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ ۚ مِلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ ۚ
هُوَ سَمَّاكُمُ الْمُسْلِمِينَ مِنْ قَبْلُ وَفِي هَٰذَا لِيَكُونَ
الرَّسُولُ شَهِيدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ ۚ
فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَاعْتَصِمُوا بِاللَّهِ هُوَ
مَوْلَاكُمْ ۖ فَنِعْمَ الْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ النَّصِيرُ
Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang
sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak
menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama
orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang
muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Alquran) ini, supaya Rasul
itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas
segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan
berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah
sebaik-baik Pelindung dan sebaik- baik Penolong. [Al-Hajj/22:78].
Sungguh, nikmat Islam merupakan nikmat yang tiada tara. Tidak ada
nikmat lain apapun yang bisa menyamainya, kendatipun nikmat-nikmat Allah
yang lain itu begitu agung dan banyak yang tidak sepatutnya kita
menghina dan merendahkannya, bahkan kita wajib untuk ingat dan
bersyukur. Meski demikian, nikmat Islam merupakan nikmat Allah yang
paling agung. Islam yang dimaksud adalah Islam yang dibawa oleh
Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena Islam
merupakan nikmat teragung, maka diutusnya Rasul ini pun juga merupakan
nikmat yang agung. Karena Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang
menjelaskan Islam, yang membawanya, sekaligus yang menyerukannya. Allah
Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا
مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ
وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ
لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ
Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman
ketika Allah mengutus di antara mereka seorang Rasul dari golongan
mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah,
membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka al-Kitab dan
al-Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah
benar-benar dalam kesesatan yang nyata. [Ali Imran /3:164].
Namun perlu diingat bahwa ada rintangan dan halangan yang bisa
menghadang manusia, yang terkadang bisa mengeluarkannya dari pagar
Islam –bila ia sudah termasuk penganut Islam-. Atau bisa melemahkan
cahaya Islam di hatinya, ataupun menghalanginya untuk masuk ke dalam
Islam, bila ia bukan termasuk pemeluk Islam.
Ada banyak fitnah dahsyat yang menghadang manusia. Oleh karena itu,
kita harus mengenali fitnah-fitnah tersebut; sebagaimana kita juga harus
mengetahui jalan keluar dari fitnah-fitnah tersebut bila ia telah
menimpa.
Bertolak dari sinilah seorang Sahabat besar, Hudzaifah bin al-Yaman
Radhiyallahu anhu mengatakan, “Orang-orang bertanya kepada Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kebaikan, sedangkan aku bertanya
kepada Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang keburukan. Karena
khawatir kalau-kalau aku terjatuh ke dalamnya.”
Jadi, mengetahui tentang Islam dan mengenalnya dengan seksama,
mengetahui hukum-hukum dan rinciannya adalah perkara yang wajib.
Kemudian juga (merupakan hal yang wajib) mengetahui perkara-perkara yang
bisa memalingkan dari Islam, mengetahui hal-hal yang bisa menghalangi
antara seorang hamba dengan Islam; atau penyakit-penyakit yang bisa
melemahkan Islam dalam hatinya. Kita harus mengetahui berbagai hal yang
manfaat agar bisa mengambil manfaat darinya juga mengetahui hal-hal yang
membahayakan agar bisa menghindari semua yang membahayakan. Sungguh,
bila seseorang tidak mengetahui perkara-perkara yang membahayakan dan
yang menyesatkan, bisa jadi, hal tersebut membuatnya binasa tanpa ia
sadari, padahal Allah Azza wa Jalla memerintahkan kita untuk berpegang
teguh pada agama ini sampai ajal datang menjemput. Allah Subhanahu wa
Ta’ala berfirman:
وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
Dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. [Ali Imran/ 3: 102].
Dan tidak diragukan lagi bahwa untuk bisa terus menerus berada dalam
Islam, itu ada di tangan Allah. Kita tidak memiliki kuasa dan kemampuan
untuk terus berada dalam Islam hingga kematian. Ini tidak lain adalah
ada di tangan Allah Azza wa Jalla . Namun kita berusaha menempuh jalan
atau cara yang bisa menyebabkan kita tetap eksis di atas Islam ini
hingga kematian menjemput. Bila kita sudah mengambil sebab-sebab
tersebut, maka sungguh Allah Azza wa Jalla dengan anugerah dan
karunia-Nya akan menyempurnakan nikmat-Nya kepada kita dan akan
mewafatkan kita di atas Islam. Sebab, kita telah mengerahkan daya untuk
mengambil dan melakukan sebab-sebab tersebut, dan kita telah berusaha
untuk menggapai keselamatan, sementara Allah Maha Santun lagi Maha
Pemurah. Bila Allah Azza wa Jalla melihat pada hamba-Nya ada semangat
dan hasrat untuk meraih kebaikan; sekaligus ada kebencian dan
kekhawatiran terhadap keburukan, maka sesungguhnya Allah Subhanahu wa
Ta’ala akan meluruskannya, akan menjaga, melindungi dan menganugerahkan
agama-Nya untuknya, serta menyempurnakan kebaikan baginya.
Namun, bila Allah Azza wa Jalla melihat hamba-Nya berpaling dan tidak
berselera untuk mendapatkan kebaikan serta tidak membenci keburukan,
maka sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan membiarkannya dalam
kesesatan yang menjadi pilihannya; sebagai siksaan baginya, sekaligus
bentuk keadilan dari-Nya. Allah Azza wa Jalla berfirman:
وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَىٰ
وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّىٰ
وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ ۖ وَسَاءَتْ مَصِيرًا
Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya,
dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan
ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami
masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat
kembali. [An-Nisa’/ 4: 115].
Maka di sini tampak jelas, bahwa penyebab itu datang dari arah hamba,
yaitu ia menentang Rasul dan tidak mengikuti jalan kaum Mukminin;
Sedangkan hukuman siksanya datang dari Allah Azza wa Jalla. Allah Azza
wa Jalla berfirman yang artinya, “Kami biarkan ia leluasa terhadap
kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam
Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.
[An-Nisa’/4:115]
Ibadallah,
Sedangkan kata fitan adalah bentuk jamak dari kata fitnah. Maknanya
adalah ujian dan cobaan agar dengan hal itu bisa terlihat benarnya iman
atau justru ia memiliki sifat nifaq. Allah berfirman:
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ آمَنَّا بِاللَّهِ فَإِذَا أُوذِيَ فِي اللَّهِ جَعَلَ فِتْنَةَ النَّاسِ كَعَذَابِ اللَّهِ
Dan di antara manusia ada orang yang berkata: “Kami beriman kepada
Allah”, maka apabila ia disakiti (karena ia beriman) kepada Allah, ia
menganggap fitnah manusia itu sebagai azab Allah. [Al-Ankabut /29: 10]
Ia tidak tabah dan sabar menghadapi fitnah (cobaan) agar bisa berdiri
kokoh di atas kebenaran, bahkan ia lari meninggalkan agamanya dan
menempuh hal-hal yang bisa memalingkannya dari Islam. Ia menyangka bahwa
dengan begitu ia bisa selamat. Namun justru ia hanya keluar dari
keburukan menuju keburukan yang lebih besar dan parah. Perumpamaannya
seperti orang yang menghindari batu yang panas menyengat dengan
berlindung pada api. Ia menjadikan fitnah (cobaan) manusia seolah-olah
ia adalah adzab dari Allah Azza wa Jalla. Apakah cobaan dari manusia
sebanding dengan adzab Allah?! Sesungguhnya bila ia meninggalkan
agamanya, dan merespon seruan orang-orang yang menimbulkan fitnah serta
menyepakati mereka, berarti ia telah keluar untuk menuju pada adzab
Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kalaulah ia bersabar menghadapi gangguan
manusia dan bersabar menghadapi ulah para hamba, dan ia tetap berpegang
teguh pada agamanya, tentu sakit yang ia rasakan hanyalah sementara.
Sedangkan kelapangan dari Allah Azza wa Jalla begitu dekat, dan
kesudahannya justru terpuji. Akan tetapi sebaliknya, bila ia tidak
bersabar menghadapi gangguan dan fitnah manusia, bahkan ia tunduk patuh
pada mereka dalam kemaksiatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan
melayani apa yang mereka minta berupa kufur kepada Allah, maka itu
artinya dia lebih memilih menuju adzab Allah yang sangat pedih.
Jadi, fitnah adalah cobaan dan ujian, agar dengan itu bisa tampak
siapa yang tulus dalam imannya, yang tegar di atas akidahnya, dan siapa
yang ragu lagi bimbang, yang kala badai fitnah baru bergerak pada awal
permulaannya, ia sudah langsung oleng dihantamnya.
Semoga Allah Azza wa Jalla menjadikan kita termasuk orang-orang yang
sabar dan tegar dalam menghadapi berbagai fitnah terus menghempas.
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي القُرْآنِ الكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِي اللهُ
وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ،
وَأَقُوْلُ هَذَا القَوْلَ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ
المُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ يَغْفِرْ لَكُمْ
إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمُ.
Khutbah Kedua:
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ عَظِيْمِ الإِحْسَانِ وَاسِعِ الفَضْلِ وَالْجُوْدِ
وَالْاِمْتِنَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا
شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ؛
صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
أَمَّا بَعْدُ عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى .
Ibadallah,
Paham agama, distilahkan dengan sebutan al-fiqhu fi ad-din. Kata al-fiqh
secara bahasa berarti memahami. Sedangkan secara syara’, fiqh adalah
memahami hukum-hukum Allah Subhanahu wa Ta’ala yang ada dalam Kitabullah
dan Sunnah Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena Allah Azza
wa Jalla menurunkan Alquran ini dan juga menurunkan Sunnah Nabi sebagai
petunjuk bagi manusia. Di dalamnya terdapat petunjuk; juga terdapat
penjelasan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh para hamba dalam urusan
agama mereka; dan juga hal-hal yang bisa membuat mereka bahagia di dunia
dan akhirat. Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan Kitab ini mengandung
segala hal yang dibutuhkan umat manusia. Di samping Kitab ini, terdapat
juga penjelasan dan Sunnah Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang
menjadi penjelas bagi Alquran dan penafsir dari Alquran. Allah Subhanahu
wa Ta’ala berfirman:
وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ
Dan Kami turunkan kepadamu Alquran, agar kamu menerangkan pada umat
manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka. [An-Nahl/16:44]
Rasul yang memberikan penjelasan dan yang menyampaikan serta yang
menafsirkan Kitab yang agung ini. Jadi di dalam al-Kitab dan as-Sunnah
terdapat petunjuk yang mengentaskan kita dari kesesatan; dan terdapat
penjelasan tentang jalan kebaikan dan jalan keburukan.
Jadi, memahami agama, maksudnya kita mengerti dan memahami dari
Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya tentang hukum dari segala problematika
yang menghadang kita, dan segala fitnah yang datang kepada kita.
Sehingga kita bisa menghindari fitnah-fitnah tersebut dan mengambil
jalan keselamatan. Inilah yang dinamakan al-fiqhu fi ad-din.
Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan al-fiqhu fi ad-din
(usaha untuk memahami agama). Dan Allah mencela orang-orang yang tidak
mau ber-tafaqquh fi ad-din. Allah Azza wa Jalla berfirman:
فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا
فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ
لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ
Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa
orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk
memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali
kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. [At-Taubah / 9:122]
Allah Azza wa Jalla menyebutkan sifat kaum munafik yaitu mereka tidak
memahami. Artinya mereka tidak memahami hukum-hukum Allah Subhanahu wa
Ta’ala. Sebab mereka tidak menghendakinya, dan tidak mengindahkan dan
tidak memperhatikannya. Oleh karena itu, mereka menjadi orang-orang yang
tidak memahami.
وَصَلُّوْا وَسَلِّمُوْا رَعَاكُمُ اللهُ عَلَى مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ
اللهِ كَمَا أَمَرَكُمُ اللهُ بِذَلِكَ فِي كِتَابِهِ فَقَالَ: ﴿ إِنَّ
اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً ﴾ [الأحزاب:٥٦]
، وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (( مَنْ صَلَّى عَلَيَّ
صَلاةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا)) .
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ
عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ،
وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَلْأَئِمَّةَ
المَهْدِيِيْنَ؛ أَبِيْ بَكْرِ الصِّدِّيْقِ، وَعُمَرَ الفَارُوْقِ،
وَعُثْمَانَ ذِيْ النُوْرَيْنِ، وَأَبِيْ الحَسَنَيْنِ عَلِيٍّ, وَارْضَ
اللَّهُمَّ عَنِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ وَعَنِ التَّابِعِيْنَ وَمَنْ
تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنَ، وَعَنَّا مَعَهُمْ
بِمَنِّكَ وَكَرَمِكَ وَإِحْسَانِكَ يَا أَكْرَمَ الأَكْرَمِيْنَ.
اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ
الإِسْلَامَ وَالمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ
وَالمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ انْصُرْ مَنْ نَصَرَ دِيْنَكَ وَكِتَابَكَ
وَسُنَّةَ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،
اَللَّهُمَّ انْصُرْ إِخْوَانَنَا المُسْلِمِيْنَ المُسْتَضْعَفِيْنَ فِي
كُلِّ مَكَانٍ، اَللَّهُمَّ انْصُرْهُمْ فِي أَرْضِ الشَامِ وَفِي كُلِّ
مَكَانٍ، اَللَّهُمَّ كُنْ لَنَا وَلَهُمْ حَافِظاً وَمُعِيْنًا
وَمُسَدِّداً وَمُؤَيِّدًا، اَللَّهُمَّ كُنْ لَنَا وَلَهُمْ وَلَا تَكُنْ
عَلَيْنَا، وَانْصُرْنَا وَلَا تَنْصُرْ عَلَيْنَا، وَامْكُرْ لَنَا وَلَا
تُمْكِرْ عَلَيْنَا، وَاهْدِنَا وَيَسِّرْ الهُدَى لَنَا، وَانْصُرْنَا
عَلَى مَنْ بَغَى عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ انْصُرْنَا عَلَى مَنْ بَغَى
عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ انْصُرْنَا عَلَى مَنْ بَغَى عَلَيْنَا.
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا لَكَ ذَاكِرِيْنَ، لَكَ شَاكِرِيْنَ، إِلَيْكَ
أَوَّاهِيْنَ، لَكَ مُخْبِتِيْنَ، لَكَ مُطِيْعِيْنَ. اَللَّهُمَّ
تَقَبَّلْ تَوْبَتَنَا، وَاغْسِلْ حَوْبَتَنَا، وَثَبِّتْ حُجَّتَنَا،
وَاهْدِ قُلُوْبَنَا، وَسَدِّدْ أَلْسِنَتَنَا، وَاسْلُلْ سَخِيْمَةَ
صُدُوْرِنَا.
اَللَّهُمَّ وَاغْفِرْ لَنَا ذُنُبَنَا كُلَّهُ؛ دِقَّهُ وَجِلَّهُ،
أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ، سِرَّهُ وَعَلَّنَهُ، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا
وَلِوَالِدَيْنَا وَلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ
وَالمُؤْمِنَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ
إِنَّا نَسْأَلُكَ حُبَّكَ، وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ، وَحُبَّ العَمَلَ
الَّذِيْ يُقَرِّبُنَا إِلَى حُبِّكَ. اَللَّهُمَّ زَيِّنَّا بِزِيْنَةِ
الإِيْمَانِ وَاجْعَلْنَا هُدَاةَ مُهْتَدِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ
ذَاتَ بَيْنِنَا وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِنَا، وَاهْدِنَا سُبُلَ
السَّلَامِ، وَأَخْرِجْنَا مِنَ الظُلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ. اَللَّهُمَّ
آتِ نُفُوْسَنَا تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرَ مَنْ زَكَّاهَا،
أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً
وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
عِبَادَ اللهِ: أُذْكُرُوْا اللهَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلَى
نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، { وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ
مَا تَصْنَعُونَ } .
[Diadaptasi dari majalah As-Sunnah Edisi 11/Tahun XIX/1437H/2016M].Share Ulang:
Cisaat, Ciwidey-Bandung