Pernah diajukan sebuah pertanyaan kepada As-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullahsebagai berikut :
بعض
الناس يكتبون حرف "ص" بين قوسين ويقصدون به الرمز لجملة صلى الله عليه
وسلم ، فهل يصح استعمال حرف "ص" رمزًا لكلمة صلى الله عليه وسلم؟
“Sebagian orang menulis huruf “ص” di antara dua tanda kurung yang mereka maksudkan dengan itu sebagai simbol dari kalimat shallallaahu ‘alaihi wa sallam (صلى الله عليه وسلم). Apakah hal ini dapat dibenarkan menulis huruf “ص” sebagai simbol dalam penulisan shalawat ?
Jawaban beliau rahimahullah adalah sebagai berikut :
من
آداب كتابة الحديث كما نص عليه علماء المصطلح ألا يرمز إلى هذه الجملة
بحرف "ص" وكذلك لا يعبر عنها بالنعت مثل "صلعم"، ولا ريب أن الرمز أو
النعت يفوت الإنسان أجر الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فإنه إذا
كتبها ثم قرأ الكتاب من بعده وتلا القارئ هذه الجملة صار للكاتب الأول نيل
ثواب من قرأها، ولا يخفى علينا أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال فيما
ثبت عنه: "أن من صلى عليه صلى الله عليه وسلم مرة واحدة صلى الله عليه بها
عشرًا". فلا ينبغي للمؤمن أن يحرم نفسه الثواب والأجر ؛ لمجرد أن يسرع في
إنهاء ما كتبه.
Termasuk bagian dari adab-adab menulis hadits sebagaimana dijelaskan oleh para ‘ulama mushthalah (hadits), adalah tidak menyingkat penulisan kalimat shalawatdengan huruf “ص”. Begitu pula tidak dituliskan dengan singkatan “صلعم”[1].
Tidak diragukan lagi bahwasannya penulisan simbol atau singkatan akan
menyebabkan seseorang luput dari pahala bershalawat kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Apabila
ia menulis kalimat shalawat dan kemudian ada orang yang membaca tulisan
tersebut, maka Penulis pertama akan mendapatkan pahala sebagaimana
pahala orang yang membacanya. Tidaklah samar bagi kita apa yang
disabdakan Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam secara shahih :
“Barangsiapa
yang bershalawat kepada beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam
satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali”.[2]
Tidak
sepatutnya bagi seorang mukmin untuk menghalangi dirinya perolehan
pahala dan ganjaran akibat ketergesa-gesaannya untuk menyelesaikan apa
yang akan ia tulis (dari kalimat shalawat).
[Diambil dan diterjemahkan dari Kitaabul-‘Ilmi karya Asy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, pertanyaan no. 72, hal. 128-129, tahqiq : Shalaahuddin Mahmuud; Maktabah Nuurul-Hudaa].