Allah ta’ala berfirman :
لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ
“Supaya
mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka
menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang
Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir” [QS. Al-Hajj : 28].
وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ
“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang
telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang
Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah
kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)” [QS. Al-Hajj : 34].
Bahiimatul-an’aam dalam ayat tersebut maknanya (dalam bahasa ‘Arab) adalah domba, sapi, atau onta. Kurban (udlhiyyah) tidaklah sah kecuali dengan tiga jenis binatang ini. Inilah pendapat jumhur ulama [lihat Al-Mughniy 11/99, Al-Ma’uunah 1/658, danMukhtashar Ikhtilafil-‘Ulamaa oleh Ath-Thahawiy 3/224]. Bahkan Ibnu Rusyd dalamBidaayatul-Mujtahid 2/435 dan Ash-Shan’aniy dalam Subulus-Salaam 4/176 menukil adanya ijma’ akan hal tersebut.
حَدَّثَنَا
الْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ، وَغَيْرُ وَاحِدٍ، قَالُوا: حَدَّثَنَا
الْفَضْلُ بْنُ مُوسَى، عَنْ حُسَيْنِ بْنِ وَاقِدٍ، عَنْ عِلْبَاءَ بْنِ
أَحْمَرَ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: " كُنَّا مَعَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ، فَحَضَرَ
الْأَضْحَى فَاشْتَرَكْنَا فِي الْبَقَرَةِ سَبْعَةً، وَفِي الْجَزُورِ
عَشَرَةً "
Telah
menceritakan kepada kami Al-Husain bin Huraits dan yang lainnya, mereka
berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Fadhl bin Muusaa, dari
Husain bin Waaqid, dari ‘Ilbaa’ bin Ahmar, dari
‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : “Kami
pernah bersama Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam satu perjalanan. Tibalah hari ‘Iedul-Adhlaa. Lalu kami berserikat sebanyak tujuh orang untuk seekor sapi dan sepuluh orang untuk seekor onta”.
Abu ‘Isaa berkata : “Hadits ini hasan ghariib, dan ia adalah hadits Husain bin Waaqid” [As-Sunan, no. 905 dan 1501].
Diriwayatkan
juga oleh Ahmad 1/275, Ibnu Maajah no. 3131, An-Nasaa’iy 7/222,
Ibnu Khuzaimah no. 2908, Ibnu Hibbaan no. 4007, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir no.
11929 dan dalam Al-Ausath no. 8128, Al-Baihaqiy 5/235-236, dan
Al-Baghawiy no. 1132; dari beberapa jalan, semuanya dari Al-Fadhl bin
Muusaa, dan selanjutnya seperti sanad At-Tirmidziy di atas.
Al-Fadhl
bin Muusaa dalam periwayatannya dari Al-Husain bin Waaqid mempunyai
mutaba’ah dari ‘Aliy bin Hasan bin Syaqiiq, sebagaimana
diriwayatkan oleh Al-Haakim 4/230.
Dishahihkan oleh Ibnul-Qaththaan dalam Al-Wahm wal-Iihaam 5/410, Ahmad Syaakir dalam Syarh Musnad Ahmad 3/129, Al-Albaaniy dalam Shahih Sunan At-Tirmidziy 1/466-467; dan dihasankan oleh Basyar ‘Awwaad dalam Takhrij Sunan Ibni Maajah 4/558-559. Ibnul-Mulaqqin berkata : “Seluruh rijaal-nya tsiqaat” – sebagaimana dalam Al-Badrul-Muniir 9/304. Al-Arna’uth berkata : “Sanadnya kuat (qawiy) sesuai persyaratan Muslim” – sebagaimana dalam Takhriij Shahih Ibni Hibbaan, 9/318.
Hadits di atas sebagai dalil yang jelas bahwa sapi dapat dipergunakan sebagai hewan kurban (udlhiyyah). Adapun kerbau, hukumnya disamakan dengan sapi.
حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ مُعَاذٍ، عَنْ أَشْعَثَ، عَنِ الْحَسَنِ، أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ الْجَوَامِيسُ فِي مَنْزِلَةِ الْبَقَر
Telah
menceritakan kepada kami Mu’aadz bin Mu’aadz, dari
Asy’ats, dari Al-Hasan (Al-Bashriy), bahwasannya ia berkata :
“Kerbau kedudukanya sama dengan sapi” [Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Syaibah, 3/219; shahih].
وَحَدَّثَنِي ابْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، قَالَ: " الْجَوَامِيسُ، وَالْبَقَرُ سَوَاءٌ
Dan
telah menceritakan kepadaku Ibnu Bukair, dari Maalik bin Anas, ia
berkata : “Kerbau dan sapi itu sama” [Diriwayatkan oleh
Al-Qaasim bin Sallaam dalam Al-Amwaal, 1029; shahih].
Ibnul-Mundzir rahimahullah berkata:
وأجمعوا على أن حكم الجواميس حكم البقر
“Para ulama sepakat bahwa hukum kerbau sama dengan hukum sapi” [Al-Ijmaa’, 1/45].
Ibnu Qudaamah rahimahullah berkata:
مَسْأَلَةٌ : قَالَ : ( وَالْجَوَامِيسُ كَغَيْرِهَا مِنْ الْبَقَرِ ) لَا خِلَافَ فِي هَذَا نَعْلَمُهُ .
وَقَالَ
ابْنُ الْمُنْذِرِ : أَجْمَعَ كُلُّ مَنْ يُحْفَظُ عَنْهُ مِنْ أَهْلِ
الْعِلْمِ عَلَى هَذَا ، وَلِأَنَّ الْجَوَامِيسَ مِنْ أَنْوَاعِ الْبَقَرِ
“Permasalahan
: ‘Dan kerbau seperti hewan lainnya dari jenis sapi’; tidak
ada perbedaan pendapat dalam hal ini sebatas yang kami ketahui. Dan
telah berkata Ibnul-Mundzir : ‘Para ulama telah sepakat dalam hal
ini, karena kerbau termasuk diantara jenis-jenis sapi” [Al-Mughniy, 2/459].
Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:
والجواميس بمنزلة البقر حكى ابن المنذر فيه الاجماع
“Dan kerbau kedudukannya seperti sapi. Ibnul-Mundzir menghikayatkan adanya ijmaa’dalam permasalahan itu” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 25/37].
Maka di sini dapat diperoleh satu kesimpulan bahwa diperbolehkan berkurban kerbau, karena kedudukannya disamakan dengan sapi.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor - 29041435/01032014 – 00:50].
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2014/03/kurban-kerbau.html
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2014/03/kurban-kerbau.html