Allah ta’ala berfirman :
فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ
بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لا انْفِصَامَ لَهَا
“Barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka
sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak
akan putus” [QS.
Al-Baqarah : 256].
(Sebagian) orang-orang takfiriy (=gemar mengkafirkan
orang) seringkali menggunakan ayat di atas dan ayat-ayat semisal untuk
menstigma orang-orang tertentu sebagai thaaghuut. Dan anggapan
mereka, semua hal yang disebut thaaghuut oleh para ulama
adalah kafir. Atau kongkrit yang akan diangkat dalam artikel ini : Ketika para
ulama menjelaskan salah jenis thaaghuut adalah penguasa yang
tidak berhukum dengan hukum Allah, maka penguasa itu statusnya kafir karena thaaghuut itu
berstatus kafir.
Ini adalah kekeliruan deduksi berat yang banyak menjangkiti orang-orang takfiriy.
Benarkah setiap hal yang dinisbatkan kepada thaaghuut itu
dihukumi kafir ?
Untuk menjawabnya, kita akan bahas lebih dahulu, apa sebenarnya thaaghuut itu
? Para ulama mempunyai ragam perkataan sebagaimana disebutkan di bawah :
Ia bisa berupa berhala/patung yang disembah, sebagaimana
riwayat :
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ، أَخْبَرَنَا
شُعَيْبٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: قَالَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيِّبِ،
أَخْبَرَنِي أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَضْطَرِبَ
أَلَيَاتُ نِسَاءِ دَوْسٍ عَلَى ذِي الْخَلَصَةِ "، وَذُو الْخَلَصَةِ:
طَاغِيَةُ دَوْسٍ الَّتِي كَانُوا يَعْبُدُونَ فِي الْجَاهِلِيَّةِ
Telah menceritakan kepada kami Abul-Yamaan : Telah mengkhabarkan kepada
kami Syu’aib, dari Az-Zuhriy, ia berkata : Telah berkata Sa’iid bin Al-Musayyib
: Telah mengkhabarkan kepadaku Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu :
Bahwasannya Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidak
akan tegak hari kiamat hingga pantat-pantat wanita suku Daus berjoget di
Dzul-Khalashah”. Dzul-Khulashah adalah thaaghuut(berhala) suku
Daus yang mereka sembah pada masa Jaahiliyyah [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy
no. 7116].
Ia bisa berupa syaithaan, sebagaimana riwayat :
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ، عَنْ وَكِيعٍ،
عَنْ زَكَرِيَّا، عَنِ الشَّعْبِيِّ: "الطَّاغُوتِ: الشَّيْطَانُ "
Telah menceritakan kepada kami Abu bakr, dari Wakii’, dari Zakariyyaa, dari
Asy-Sya’biy : “Thaaghuut, yaitu syaithaan” [Ghariibul-Hadiits oleh
Abu Ishaaq Al-Harbiy, 2/643; shahih].
Ibnul-Jauziy rahimahullah berkata :
وقال ابن قتيبة : كل معبود ؛ من حجر أو صورة
أو شيطان : فهو جبتٌ وطاغوتٌ . وكذلك حكى الزجاج عن أهل اللغة
“Ibnu Qutaibah berkata : ‘Segala sesuatu yang disembah baik berupa batu,
patung, ataupun syaithaan, maka ia adalah jibt dan thaaghuut’.
Dan begitulah yang dihikayatkan oleh Az-Zujaaj dari para pakar bahasa” [Nuzhatul-A’yun
An-Nawaadhir, hal. 410].
Ia bisa berupa dukun, sebagaimana riwayat :
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ، حَدَّثَنَا
غُنْدَرٌ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ أَبِي بِشْرٍ، عَنْ سَعِيدٍ: "الطَّاغُوتِ:
الْكَاهِنُ "
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr : Telah menceritakan kepada kami
Ghundar, dari Syu’bah, dari Abu Bisyr, dari Sa’iid : “Thaaghuut, yaitu
dukun” [idem; shahih].
Ia bisa berupa tukang sihir, sebagaimana riwayat :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى،
قَالَ: حَدَّثَنِي عَبْدُ الأَعْلَى، قَالَ: ثنا دَاوُدُ، عَنْ أَبِي
الْعَالِيَةِ، أَنَّهُ قَالَ: " الطَّاغُوتُ: السَّاحِرُ "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, ia berkata :
Telah menceritakan kepadaku ‘Abdul-A’laa, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Daawud, dari Abul-‘Aaliyyah, bahwasannya ia berkata : “Thaaghuut,
yaitu tukang sihir” [Tafsir Ath-Thabariy, 4/557; shahih].[1]
Atau berupa segala sesuatu yang disembah selain Allah,
sebagaimana riwayat :
حَدَّثَنَا أَبُو زُرْعَةَ، ثنا يُونُسُ
بْنُ عَبْدِ الأَعْلَى، ثنا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ: قَالَ لِي مَالِكٌ "
الطَّاغُوتُ: مَا يَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ "
Telah menceritakan kepada kami Abu Zur’ah : Telah menceritakan kepada kami
Yuunus bin ‘Abdil-A’laa : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, ia berkata
: Maalik pernah berkata kepadaku : “Thaaghuut adalah segala sesuatu
yang diibadahi selain Allah” [Tafsir Ibni Abi Haatim, no. 2622; shahih].
Beberapa ulama memutlakkannya dengan semua orang yang menyeru
kepada kesesatan, sebagaimana perkataan Al-Qurthubiy rahimahullah :
{وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ} أي اتركوا كل معبود دون الله كالشيطان
والكاهن والصنم، وكل من دعا إلى الضلال
“Ayat : dan jauhilah thaaghuut’, maknanya : tinggalkanlah
segala sesuatu yang diibadahi selain Allah, seperti syaithaan, dukun, berhala,
dan semua yang menyeru kepada kesesatan” [Tafsiir Al-Qurthubiy,
10/103].
Atau memutlakkannya pada setiap pemimpin kesesatan :
Ibnul-Mandhur rahimahullah berkata :
الطاغوتُ ما عُبِدَ من دون الله عز وجل
وكلُّ رأْسٍ في الضلالِ طاغوتٌ وقيل الطاغوتُ الأَصْنامُ وقيل الشيطانُ وقيل
الكَهَنةُ وقيل مَرَدةُ أَهل الكتاب
“Thaaghuut adalah segala sesuatu yang disembah selain Allah ‘azza
wa jalla. Dan segala pemimpin kesesatan adalah thaaghuut.
Dikatakan, thaaghuut adalah berhala-berhala. Dikatakan pula :
syaithaan dan dukun” [Lisaanul-‘Arab, hal. 2722 – materi kataطوغ].
Al-Fairuz Aabaadiy rahimahullah berkata :
والطاغوت : اللات , والعزى , والكاهن ,
والشيطان , وكل رأس ضلال , والأصنام ، وما عبد من دون الله , ومردة أهل الكتاب
“Dan thaaghuut adalah Laata, ‘Uzza, dukun, syaithaan,
semua pemimpin kesesatan, berhala, sesuatu yang diibadahi selain Allah, dan
orang-orang durhaka dari Ahlul-Kitaab” [Al-Qaamuus Al-Muhiith, 4/400].
Atau memutlakkannya pada setiap orang yang memalingkan dari jalan
kebaikan/kebenaran.
Ar-Raaghib Al-Asfahaaniy rahimahullah sebagaimana dinukil
dalam Taajul-‘Aarus berkata :
ويُرَادُ بهِ السّاحِرُ والماردُ منَ الجنِّ
والصّارِفُ عنْ طَرِيقِ الخَيْرِ
“Dan yang dimaksudkan dengannya adalah tukang sihir, pentolan jin yang
durhaka, dan orang yang memalingkan dari jalan kebaikan” [Taajul-‘Aarus,
1/5685].
Ibnu ‘Utsaimiin rahimahullah berkata :
“Dan ‘ulama suu’ (yang jelek) yang mengajak kepada
kesesatan dan kekufuran, atau mengajak kepada kebid’ahan, atau mengajak kepada
menghalalkan apa yang diharamkan Allah atau mengharamkan apa yang dihalalkan
Allah, maka mereka disebut thaaghuut” [Syarh Tsalaatsatil-Ushuul,
hal. 151].
Bahkan, thaaghuut itu mencakup orang yang memakan
uang suap dan beramal tanpa ilmu, sebagaimana dikatakan oleh Asy-Syaikh
Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahullah :
والطواغيت كثيرة , والمتبين لنا منهم خمسة :
أولهم الشيطان وحاكم الجور وآكل الرشوة ومن عُبدَ فرضيَ والعامل بغير علم
“Thaaghuut itu banyak jenisnya, dan yang telah kami jelaskan di
antaranya ada lima, yaitu : syaithaan, hakim yang curang, pemakan risywah (uang
sogok), orang yang diibadahi (selain Allah) dan ia ridlaa, serta orang yang
beramal tanpa ilmu” [Ad-Durarus-Saniyyah, 1/137].
Mencakup juga dinar dan dirham, sebagaimana dikatakan Ibnu
Taimiyyah rahimahullah :
وهو اسمُ جنسٍ يدخل فيه : الشيطان والوثن
والكهان والدرهم والدينار وغير ذلك
“Ia (thaaghuut)
merupakan isim jenis yang masuk padanya : syaithaan, berhala, dukun, dirham,
dinar, dan yang lainnya” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 16/565].
Mencakup
pula orang yang merubah hukum Allah dan/atau tidak berhukum dengan hukum
Allah, sebagaimana perkataan Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahullah yang
lain :
والطاغوت عام، فكل ما عُبد من دون الله،
ورضي بالعبادة من معبود أو متبوع أو مطاع في غير طاعة الله ورسوله، فهو طاغوت.
والطواغيت كثيرة ورؤوسهم خمسة:
(الأول): الشيطان الداعي إلى عبادة غير الله، والدليل قوله تعالى:{أَلَمْ أَعْهَدْ إِلَيْكُمْ يَا بَنِي آدَمَ أَنْ لا تَعْبُدُوا الشَّيْطَانَ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ}.
( الثاني ): الحاكم الجائر المغير لأحكام الله تعالى، والدليل قوله تعالى:{أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ يَزْعُمُونَ أَنَّهُمْ آمَنُوا بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ يُرِيدُونَ أَنْ يَتَحَاكَمُوا إِلَى الطَّاغُوتِ وَقَدْ أُمِرُوا أَنْ يَكْفُرُوا بِهِ وَيُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُضِلَّهُمْ ضَلالاً بَعِيداً}.
( الثالث ): الذي يحكم بغير ما أنزل الله، والدليل قوله تعالى:{وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ}...
( الرابع ): الذي يدعي علم الغيب من دون الله، والدليل قوله تعالى:{عَالِمُ الْغَيْبِ فَلا يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَداً إِلَّا مَنِ ارْتَضَى مِنْ رَسُولٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَداً}. وقال تعالى:{وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لا يَعْلَمُهَا إِلاَّ هُوَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلاَّ يَعْلَمُهَا وَلا حَبَّةٍ فِي ظُلُمَاتِ الأَرْضِ وَلا رَطْبٍ وَلا يَابِسٍ إِلاَّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ}.
( الخامس ): الذي يعبد من دون الله وهو راض بالعبادة، والدليل قوله تعالى:{وَمَنْ يَقُلْ مِنْهُمْ إِنِّي إِلَهٌ مِنْ دُونِهِ فَذَلِكَ نَجْزِيهِ جَهَنَّمَ كَذَلِكَ نَجْزِي الظَّالِمِينَ}.
والطواغيت كثيرة ورؤوسهم خمسة:
(الأول): الشيطان الداعي إلى عبادة غير الله، والدليل قوله تعالى:{أَلَمْ أَعْهَدْ إِلَيْكُمْ يَا بَنِي آدَمَ أَنْ لا تَعْبُدُوا الشَّيْطَانَ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ}.
( الثاني ): الحاكم الجائر المغير لأحكام الله تعالى، والدليل قوله تعالى:{أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ يَزْعُمُونَ أَنَّهُمْ آمَنُوا بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ يُرِيدُونَ أَنْ يَتَحَاكَمُوا إِلَى الطَّاغُوتِ وَقَدْ أُمِرُوا أَنْ يَكْفُرُوا بِهِ وَيُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُضِلَّهُمْ ضَلالاً بَعِيداً}.
( الثالث ): الذي يحكم بغير ما أنزل الله، والدليل قوله تعالى:{وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ}...
( الرابع ): الذي يدعي علم الغيب من دون الله، والدليل قوله تعالى:{عَالِمُ الْغَيْبِ فَلا يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَداً إِلَّا مَنِ ارْتَضَى مِنْ رَسُولٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَداً}. وقال تعالى:{وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لا يَعْلَمُهَا إِلاَّ هُوَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلاَّ يَعْلَمُهَا وَلا حَبَّةٍ فِي ظُلُمَاتِ الأَرْضِ وَلا رَطْبٍ وَلا يَابِسٍ إِلاَّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ}.
( الخامس ): الذي يعبد من دون الله وهو راض بالعبادة، والدليل قوله تعالى:{وَمَنْ يَقُلْ مِنْهُمْ إِنِّي إِلَهٌ مِنْ دُونِهِ فَذَلِكَ نَجْزِيهِ جَهَنَّمَ كَذَلِكَ نَجْزِي الظَّالِمِينَ}.
“Thaaghuut itu
banyak macamnya, dan biang-biangnya ada lima, yaitu : Pertama,
syaithaan yang mengajak untuk beribadah kepada selain Allah. Dalilnya adalah
firman Allah ta’ala : ‘Bukankah Aku telah memerintahkan
kepada kamu hai bani Adam supaya kamu tidak menyembah syaithaan? Sesungguhnya
syaithaan itu adalah musuh yang nyata bagimu’. (QS. Yasin : 60). Kedua,
penguasa lalim yang merubah hukum-hukum Allah ta’ala, dan dalilnya adalah firman-Nya ta’ala :
‘Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah
beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan
sebelum kamu? Mereka hendak berhakim kepada thaghut, padahal mereka telah
diperintah mengingkari thoghut itu. Dan syaithon bermaksud menyesatkan mereka
(dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya’ (QS. An-Nisaa’ : 60). Ketiga,
orang berhukum dengan selain yang diturunkan Allah, dan dalilnya adalah firman
Allah ta’ala : ‘Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut
apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang yang kafir’ (QS.
Al-Maaidah : 44). Keempat, orang yang mengklaim mengetahui hal yang
ghaib, padahal itu adalah hak khusus Allah; dan dalilnya adalah firman Allah ta’ala : ‘(Dia
adalah Rabb) yang mengetahui hal ghoib, maka dia tidak memperlihatkan kepada
seorang pun tentang yang ghoib itu, kecuali kepada Rasul yang diridhoi-Nya,
maka sesungguhnya dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di
belakangnya’ (QS. Al-Jin : 26-27); dan firman-Nya : ‘Dan pada sisi
Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib. Tidak ada yang mengetahuinya kecuali
Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada
sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh
sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang
kering, melainkan tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)’ (QS.
Al-An’aam : 59). Kelima, segala sesuatu yang disembah selain
Allah, sedangkan dia rela dengan penyembahan tersebut. Adapun dalilnya adalah
firman Allah ta’ala : ‘Dan barangsiapa di antara mereka,
mengatakan, 'Sesungguhnya Aku adalah Tuhan selain daripada Allah', maka orang
itu kami beri balasan dengan Jahannam, demikian kami memberikan pembalasan
kepada orang-orang zalim’ (QS. Al-Anbiyaa’ : 29)” [Majmuu’
Rasaail fit-Tauhiid wal-Iimaan, hal. 377-378].
والطواغيت كثيرة، ورؤوسهم خمسة: إبليس لعنه
الله، ومن عبد وهو راض، ومن دعا الناس إلى عبادة نفسه، ومن ادعى شيئا من علم
الغيب، ومن حكم بغير ما أنزل الله
“Thaaghuut itu
banyak macamnya, dan biangnya ada lima : (1) Iblis la’natullah, (2)
orang yang diibadahi selain Allah dan ia ridlaa kepadanya, (3) orang yang
menyeru manusia untuk meng-ibadahi dirinya, (4) orang yang mengklaim mengetahui
ilmu ghaib, dan (5) orang yang berhukum dengan selain yang diturunkan Allah” [Tsalaatsatul-Ushuul,
hal. 195].
Ibnu
Katsiir rahimahullah ketika menafsirkan ayat :
يُرِيدُونَ أَنْ يَتَحَاكَمُوا إِلَى
الطَّاغُوتِ وَقَدْ أُمِرُوا أَنْ يَكْفُرُوا بِهِ وَيُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ
يُضِلَّهُمْ ضَلالا بَعِيدًا
“Mereka
hendak berhakim kepada thaghut, padahal mereka telah diperintah mengingkari
thaghut itu. Dan syaitan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang
sejauh-jauhnya” [QS. An-Nisaa’ : 60].
beliau
berkata :
والآية أعم من ذلك كله، فإنها ذامة لمن عدل
عن الكتاب والسنة، وتحاكموا إلى ما سواهما من الباطل، وهو المراد بالطاغوت هاهنا
“Dan ayat
tersebut lebih umum maknanya dari semua yang disebutkan itu, karena ia
merupakan celaan bagi orang yang menyimpang dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan
mereka berhukum kepada selain keduanya, yaitu kepada kebathilan. Itulah yang
dimaksudkan dengan thaaghuut pada ayat ini” [Tafsir Ibni
Katsiir, 2/346].
Abu Ja’far
Ath-Thabariy rahimahullah mencoba merangkum pendefinisian thaaghuut :
والصواب من القول عندي
في"الطاغوت"، أنه كل ذي طغيان على الله، فعبد من دونه، إما بقهر منه لمن
عبده، وإما بطاعة ممن عبده له، وإنسانا كان ذلك المعبود، أو شيطانا، أو وثنا، أو
صنما، أو كائنا ما كان من شيء
“Dan yang
benar menurutku tentang perkataan thaaghuut, bahwasannya ia adalah
segala sesuatu yang melampaui batas terhadap Allah, lalu diibadahi selain
dari-Nya, baik dengan adanya paksaan kepada orang yang beribadah kepadanya,
atau dengan ketaatan orang yang beribadah kepadanya. Sesuatu yang diibadahi itu
bisa berupa manusia, syaithaan, berhala, patung, atau yang lainnya” [Tafsir
Ath-Thabariy, 5/419].
Dan
kemudian Ibnul-Qayyim rahimahullah memberikan definisi yang
lebih mencakup dengan perkataannya :
والطاغوت كل ما تجاوز به العبد حده من معبود
و متبوع أو مطاع فطاغوت كل قوم من يتحاكمون إليه غير الله ورسوله أو يعبدونه من
دون الله أو يتبعونه على غير بصيرة من الله أو يطيعونه فيما لا يعلمون أنه طاعة
الله
“Thaaghuut adalah
segala sesuatu yang menyebabkan seorang hamba melampaui batas; baik sesuatu itu
dari hal yang diibadahi, diikuti, atau ditaati. Maka thaaghuut itu
setiap kaum yang berhukum kepadanya selain dari Allah dan Rasul-Nya, atau
mereka menyembah selain dari Allah, atau mereka mengikutinya tanpa adanya
pentunjuk dari Allah, atau mereka mentaatinya terhadap segala sesuatu yang
tidak mereka ketahui bahwasannya hal itu merupakan ketaatan kepada Allah” [I’laamul-Muwaqqi’iin,
1/50].
Rekan-rekan,…
dari sini kita dapat tahu kekeliruan orang-orang takfiriy itu.
Tidak semua yang disebut thaaghuut itu adalah kafir. Benar,
bahwasannya syaithaan, dukun, dan tukang sihir itu kafir, karena dalil-dalil
secara jelas menunjukkan akan kekafirannya. Tapi apakah patung itu juga
dihukumi kafir ? Jawabannya : Tentu tidak, karena ia adalah benda mati yang
tidak bisa disifati dengan kekufuran, sebagaimana tidak bisa disifati dengan
lawannya (iman dan Islam). Hal yang sama dengan dinar dan dirham – yang menjadi thaaghuut bagi
orang yang tamak kepadanya.
Begitu juga
dengan ulama suu’ dan mubtadi’ atau
ahlul-bid’ah yang menyeru kepada kesesatan. Mereka tidak bisa dimutlakkan
kafir, karena para Ahlus-Sunnah telah memerincinya, apakah bid’ah yang
didakwakannya itu merupakan bid’ah mukaffirah atau ghairu
mukaffirah.[4]
Begitu juga
dengan penguasa dhaalim, ia tidak bisa dimutlakkan dengan kekafiran.
Rasulullah shallallaallhu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda
tentang kemunculan atsarah:
إِنَّكُمْ سَتَلْقَوْنَ بَعْدِيْ أَثَرَةً
فَاصْبِرُوْا حَتَّى تَلْقَوْنِيْ عَلَى الْحَوْضِ
“Sesungguhnya
kalian nanti akan menemui atsarah (yaitu : pemerintah yang tidak memenuhi hak
rakyat – Abu Al-Jauzaa’). Maka bersabarlah hingga kalian
menemuiku di haudl” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 7057 dan
Muslim no. 1845].[5]
Perintah
bersabar (dan larangan keluar dari ketaatan) merupakan nash bahwa atsarah-atsarah tersebut
tidaklah dihukumi kafir (murtad).
dan yang
lainnya….
Jika
demikian,…. maka pensifatan thaaghuut kepada orang yang tidak
berhukum dengan hukum Allah pun demikian, yaitu tidak bisa dimutlakkan kepada
kekafiran, karena ia membutuhkan perincian sebagaimana dimaklumi di kalangan
Ahlus-Sunnah. Telah berlalu beberapa artikel di Blog ini yang membahasnya.[6]
Ringkas
kata, kekafiran thaaghuut itu harus dikembalikan setiap
jenisnya dan dalil yang menopangnya. Barangsiapa yang dikafirkan oleh Allah dan
Rasul-Nya, maka wajib bagi kita menghukuminya kafir; namun sebaliknya,
barangsiapa yang tidak dikafirkan Allah dan Rasul-Nya, tidak boleh seorangpun
yang menghukuminya kafir. Kekafiran bukan semata-mata pensifatan thaaghuut pada
sesuatu.
Jangan Anda
terpedaya dengan sebagian omongan mereka yang dikit-dikit bicara thaaghuut,
lalu ujungnya : kafir.
Ini saja
yang dapat dituliskan, semoga ada manfaatnya.
Wallaahu
a’lam bish-shawwaab.
[abul-jauzaa’
– sardonoharjo, ngaglik, sleman, yk].
_________________________________________________________
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الأَعْلَى، عَنْ دَاوُدَ، عَنْ
أَبِي الْعَالِيَةِ: " الطَّاغُوتِ: الشَّاعِرُ "
Telah
menceritakan kepada kami Abu Bakr : Telah menceritakan kepada kami
‘Abdul-A’laa, dari Daawud, dari Abul-‘Aaliyyah, ia berkata : “Thaaghuut,
yaitu penyair” [Ghariibul-Hadiits oleh Abu Ishaaq Al-Harbiy, 2/643;
shahih].
Kemungkinan,
ada tashhiif dalam riwayat ini, wallaahu a’lam.
حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا أَبُو
عَامِرٍ الْعَقَدِيُّ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ خَالِهِ الْحَارِثِ
بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو،
قَالَ: " لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاشِيَ
وَالْمُرْتَشِيَ ". قَالَ أَبُو عِيسَى: هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
Telah
menceritakan kepada kami Abu Muusaa Muhammad bin Al-Mutsannaa : Telah
menceritakan kepada kami Abu ‘Aamir Al-‘Aqadiy : Telah menceritakan kepada kami
Ibnu Abi Dzi’b, dari pamannya (jalur ibu) Al-Haarits bin ‘Abdirrahmaan, dari
Abu Salamah, dari ‘Abdullah bin ‘Amru, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam melaknat orang yang memberikan uang suap dan orang
yang menerima uang suap” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 1337, dan ia
berkata : “Hadits hasan shahih].
اتَّفق أهل السنة والجماعة – وهم أهل الفقه والأثر – على أنَّ أحداً لا يُخرجه
ذنبُه – وإن عظُمَ – من الإسلام
“Ahlus-Sunnah
wal-Jama’ah – dan mereka adalah ahlul-fiqh wal-atsar - telah
bersepakat bahwasannya seseorang tidaklah dikeluarkan dari wilayah Islam akibat
dosa yang dilakukannya – meskipun itu dosa besar – “ [At-Tamhiid,
16/315].
ثم البدع بحسب إخلالها بالدين قسمان:
مكفرة
لمنتحلها.
وغير
مكفرة.
فضابط البدعة المكفرة : من أنكر أمرا مجمعا عليه ، متواترا من الشرع ،
معلوما من الدين بالضرورة ، من جحود مفروض ، أو فرض مالم بفرض ، أو إحلال محرم ،
أو تحريم حلال ،أو اعتقاد ماينزه الله ورسوله وكاتبه عنه...
والبدعة غير المكفرة: هي مالم يلزم منه تكذيب بالكتاب ، ولابشىء مما أرسل به،
ثم مثل لذلك فقال: مثل بدع المروانية، أي – بدع حكام الدولة من بني مروان التي
أنكرها عليهم فضلاء الصحابة ، ولم يقروهم عليها- ومع ذلك لم يكفروهم بشىء منها،
ولم ينزعوا يدا من بيعتهم لأجلها، كتأخير بعض الصوات عن وقتها ، وتقديمهم الخطبة
قبل صلاة العيد...
“Kemudian
bid’ah sesuai dengan pengrusakannya terhadap agama dibagi menjadi dua :
a. Mengkafirkan
pelakunya
b. Tidak
mengkafirkan pelakunya.
Batasan
bid’ah yang mengkafirkan pelakunya adalah bila seseorang mengingkari
perkara-perkara yang telah disepakati, mutawatir dalam syari’at,
diketahui secara pasti termasuk bagian dari agama, mengingkari kewajiban atau
mewajibabkan perkara yang tidak wajib, menghalalkan yang haram atau
mengharamkan yang halal, atau meyakini sesuatu yang telah dibersihkan oleh
Allah dan Rasul-Nya serta kitab-Nya.
Sedangkan
bid’ah yang tidak mengkafirkan pelakunya adalah bid’ah yang tidak menjadikan
seseorang mendustakan Kitab atau sesuatu yang dibawa oleh Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Seperti bid’ah Marwaniyyah, yaitu bid’ah-bid’ah yang
diada-adakan oleh pemerintah Bani Marwan yang diingkari oleh tokoh-tokoh
shahabat. Meskipun demikian, para shahabat tidak mengkafirkan mereka dengan
sebab bid’ah tersebut, dan juga tidak mencabut bai’at dari mereka akibat bid’ah
tadi. Misalnya : bid’ah mengakhirkan waktu shalat dan mendahulukan khutbah
sebelum shalat ‘Ied” [selesai].
Selengkapnya,
silakan baca : Hukum Mubtadi’ (حكم المبتدع)
فيه الحث على السمع والطاعة وإن كان المتولي ظالماً عسوفاً، فيعطي حقه من
الطاعة، ولا يخرج عليه، ولا يخلع، بل يتضرع إلي الله – تعالي – في كشف أذاه، ودفع
شره، وإصلاحه
“Di dalam
(hadits) ini terdapat anjuran untuk mendengar dan taat kepada penguasa,
walaupun ia seorang yang dhalim dan sewenang-wenang. Maka berikan haknya
(sebagai pemimpin) yaitu berupa ketaatan, tidak keluar ketaatan darinya, dan
tidak menggulingkannya. Bahkan (perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh
seorang muslim adalah) dengan sungguh-sungguh lebih mendekatkan diri kepada
Allah ta’ala supaya Dia menyingkirkan gangguan/siksaan
darinya, menolak kejahatannya, dan agar Allah memperbaikinya (kembali taat kepada
Allah meninggalkan kedhalimannya)” [Syarh Shahih Muslim lin-Nawawi, 12/232].
- Shahih Atsar Ibnu ‘Abbas : Kufrun Duuna Kufrin – Menjawab Sebagian Syubhat Takfiiriyyuun
- Menyikapi Penguasa Yang Dhalim – Tanya Jawab
- Penghalalan (Istihlaal) Dalam Amal Perbuatan Yang Mengkonsekuensikan Kekafiran
- QS. An-Nisaa’ Ayat 65 Sebagai Dalil Pengkafiran OrangYang Berhukum Dengan Selain Yang Diturunkan Allah ?
- Tidak Berhukum Dengan Syari’at Yang Diturunkan Allah
- Kafirnya Seorang Haakim Atau Penguasa Tidaklah Melazimkan Kebolehan Keluar Ketaatan Dan Mengangkat Senjata Kepadanya
from = http://abul-jauzaa.blogspot.sg/2011/10/salah-paham-tentang-thaghut.html