Islam Pedoman Hidup: Menolak Pengamalan Hadits Dla’iif adalah Bid’ah yang Diada-Adakan Al-Albaaniy ?

Kamis, 26 Mei 2016

Menolak Pengamalan Hadits Dla’iif adalah Bid’ah yang Diada-Adakan Al-Albaaniy ?

Asy-Syaikh Dr. ‘Aliy Jumu’ah[1] – semoga Allah memberikan petunjuk kepada kita dan beliau – pernah mengatakan bahwa penolakan secara mutlak haditsdla’iif merupakan bid’ah yang diada-adakan oleh Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah, yang tidak pernah dilakukan oleh seorang imam dari kalangan imam kaum muslimin[2]. Tidak diragukan bahwa perkataan beliau ini mengandung kekeliruan yang amat fatal. Seandainya beliau mengatakan bahwa jumhur ulama menerima dan mengamalkan hadits dla’iif (dalam masalah fadlaailul-a’maal serta targhiib dan tarhiib) – tanpa mengisyaratkan adanya ijmaa’ - , tentu lebih selamat. Berikut akan dibawakan beberapa bukti ketidakvalidan tuduhan Asy-Syaikh ‘Aliy Jumu’ah tersebut.

Muslim bin Al-Hajjaaj rahimahullah berkata :
وإنما ألزموا أنفسهم الكشف عن معايب رواة الحديث ، وناقلي الأخبار ، وأفتوا بذلك حين سئلوا لما فيه من عظيم الخطر ، إذ الأخبار في أمر الدين إنما تأتي بتحليل أو تحريم أو أمر أو نهي أو ترغيب أو ترهيب
“Mereka (para ulama) hanyalah menetapkan pada diri mereka untuk menyingkap aib-aib para perawi hadits dan periwayat khabar, serta berfatwa dengan hal tersebut ketika mereka ditanya, karena besarnya bahaya yang ada padanya. Dikarenakan khabar termasuk perkara agama, maka ia datang dengan penghalalan, pengharaman, perintah, larangan, targhiib, dan tarhiib” [Muqaddimah Shahiih Muslim, hal. 31].
Madzhab Muslim sangat terlihat jelas dalam muqaddimah kitab Shahiih-nya bahwasannya ia mencela para perawi dla’iif sekaligus menolak penggunaan hadits dla’iifsecara mutlak. Oleh karena itu, Ibnu Rajab rahimahullah berkata :
وظاهر ما ذكره مسلم في مقدمة كتابه يقتضي أنه لا يروي أحاديث الترغيب والترهيب إلا عمن تروى عنه الأحكام
“Dan yang nampak dari yang disebutkan Muslim dalam muqaddimah kitab-nya menunjukkan bahwa ia tidak meriwayatkan hadits-hadits targhiib dan tarhiib, kecuali dari orang yang diriwayatkan darinya hadits-hadits ahkaam” [Syarh ‘Ilal At-Tirmidziy, 1/373].
Abu ‘Abdillah An-Naisaabuuriy rahimahullah atau yang lebih terkenal dengan nama Adz-Dzuhliy[3], berkata :
وَلا يَجُوزُ الاحْتِجَاجُ إِلا بِالْحَدِيثِ الْمُوصَلِ غَيْرِ الْمُنْقَطِعِ، الَّذِي لَيْسَ فِيهِ رَجُلٌ مَجْهُولٌ وَلا رَجُلٌ مَجْرُوحٌ
“Dan tidak boleh berhujjah kecuali dengan hadits maushul (bersambung) yang bukanmunqathi’ (terputus), serta tidak terdapat padanya perawi majhuul dan perawi majruuh” [Al-Kifaayah, hal. 56].
لا يُكْتَبُ الْخَبَرُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى يَرْوِيَهُ ثِقَةٌ عَنْ ثِقَةٍ، حَتَّى يَتَنَاهَى الْخَبَرُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِهَذِهِ الصِّفَةِ، وَلا يَكُونُ فِيهِمْ رَجُلٌ مَجْهُولٌ، وَلا رَجُلٌ مَجْرُوحٌ، فَإِذَا ثَبَتَ الْخَبَرُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِهَذِهِ الصِّفَةِ، وَجَبَ قَبُولُهُ وَالْعَمَلُ بِهِ وَتَرْكُ مُخَالَفَتِهِ.
“Tidak boleh ditulis khabar dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam hingga diriwayatkan oleh perawi tsiqah dari perawi tsiqah hingga berakhir pada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dengan sifat ini. Tidak boleh ada dalam sanad khabar itu perawi majhuul dan perawi majruuh. Apabila telah tetap khabar dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallamdengan sifat ini, wajib untuk menerima dan mengamalkannya serta meninggalkan yang bertentangan dengannya” [idem].
Ibnu Abi Haatim rahimahullah berkata :
سَمِعْتُ أَبِي، وَأَبَا زُرْعَةَ، يَقُولَانِ: " لَا يُحْتَجُّ بِالْمَرَاسِيلِ وَلَا تَقُومُ الْحُجَّةُ إِلَّا بِالْأَسَانِيدِ الْصِّحَاحِ الْمُتَّصِلَةِ "، وَكَذَا أَقُولُ أَنَا
“Aku mendengar ayahku (Abu Haatim Ar-Raaziy) dan Abu Zur’ah berkata : ‘Tidak boleh berhujjah dengan hadits-hadits mursal, dan tidaklah tegak hujjah kecuali dengan hadits dengan sanad yang shahih lagi muttashil (bersambung)’. Dan demikian juga yang aku (Ibnu Abi Haatim) katakan” [Al-Maraasiil no. 15].
Ibnu Hibbaan rahimahullah setelah menyebutkan beberapa hadits tentang larang berdusta atas nama Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam[4], berkata :
فكل شاك فيما يروي أنه صحيح أو غير صحيح داخل في ظاهر خطاب هذه الخبر
“Dan setiap orang yang ragu atas hadits yang ia riwayatkan apakah shahih atau tidak shahih, masuk dalam dhahir khithaab hadits ini” [Al-Majruuhiin, 1/17].
Dan setelah menyebutkan hadits : ‘cukuplah seseorang berdosa apabila ia menceritakan semua yang ia dengar’, Ibnu Hibbaan rahimahullah berkata :
في هذا الخبر زجر للمرء أن يحدث بكل ما يسمع حتى يعلم على اليقين صحته، ثم يحدث به دون لا يصح
“Dalam hadits ini terdapat larangan bagi seseorang untuk menceritakan segala yang ia dengar hingga ia mengetahui secara yakin akan keshahihannya, kemudian ia menceritakannya – tanpa menceritakan yang tidak shahih” [idem].
Saya cukupkan dengan sebagian ulama mutaqaddimiin di atas yang membatalkan tuduhan Asy-Syaikh ‘Aliy Jumu’ah.
Pendapat para imam di atas sangatlah kuat, karena hadits dla’iif hanyalah menghasilkanadh-dhannul-marjuuh (persangkaan yang lemah), sedangkan dhann semacam ini telah dinafikkan oleh Allah ta’ala sebagai jalan untuk mencapai kebenaran :
وَمَا يَتَّبِعُ أَكْثَرُهُمْ إِلا ظَنًّا إِنَّ الظَّنَّ لا يُغْنِي مِنَ الْحَقِّ شَيْئًا
“Dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali persangkaan saja. Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikit pun berguna untuk mencapai kebenaran” [QS. Yuunus : 36].
وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الأرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلا الظَّنَّ
“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka” [QS. Al-An’aam : 116].
Begitu juga Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah melarang mengikuti dhannseperti ini sebagaimana riwayat :
حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيثِ
Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Muhammad : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah : Telah mengkhabarkan kepada kami Ma’mar, dari Hammaam bin Munabbih, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Jauhilah persangkaan, karena persangkaan itu adalah sedusta-dusta perkataan….” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6064].
Selain itu, para ulama hadits sendiri telah mengklasifikasikan hadits dla’iif dalam haditsmarduud. Sungguh aneh jika telah masuk klasifikasi hadits marduud masih dapat untuk diamalkan.
Berikut penjelasan Asy-Syaikh Abu Ishaaq Al-Huwainiy hafidhahullah terkait hukum pengamalan hadits dla’iif :
Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – sardonoharjo, ngaglik, sleman, yk – 04052012].




[1]      Beliau sangat dikenal permusuhannya terhadap dakwah ‘Wahabiy’.
[2]      Berikut rekaman perkataan beliau :
[3]      Muhammad bin Yahyaa bin ‘Abdillah bin Khaalid bin Faaris bin Dzuaib Adz-Dzuhliy, Abu ‘Abdillah An-Naisaabuuriy (محمد بن يحيى بن عبد الله بن خالد بن فارس بن ذؤيب الذهلي ، أبو عبد الله النيسابوري الإمام الحافظ); seorang yang tsiqah, haafidh, lagi jaliil. Termasuk thabaqah ke-11, lahir tahun 172 H, dan wafat tahun 258 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 907 no. 6427].
[4]      Yaitu hadits :
مَنْ حَدَّثَ عَنِّي حَدِيثًا وَهُوَ يَرَى أَنَّهُ كَذِبٌ فَهُوَ أَحَدُ اْلكَذِبَيْنِ
Barangsiapa yang menceritakan dariku suatu hadits, padahal ia tahu hadits itu dusta; maka ia termasuk salah seorang di antara dua pendusta”.

from= http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2012/05/menolak-pengamalan-hadits-dlaiif-adalah.html