Alasan para demonstran menolak kedatangan dai tersebut dikarenakan sang dai mengkafirkan kedua orang tua Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam.
Syarah Shahih Muslim0
Minhaj, Syarah Shahih Muslim.
Malam ini beranda saya penuh dengan gambar demonstran di Samarinda yang menolak dakwah salah seorang dai disana. Bukan masalah penolakan itu yang menarik bagi saya, akan tetapi alasan para demonstran menolak kedatangan dai tersebut dikarenakan sang dai mengkafirkan kedua orang tua Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam.
Betul memang Al Hafizh As Suyuthi rahmatullah ‘alaihi berpendapat tentang keislaman kedua orang tua Nabi, akan tetapi hanya berpegang kepada pendapat Al Hafizh As Suyuthi semata dan mengintimidasi pendapat yang berseberangan dengannya dalam masalah ini adalah sebuah sikap yang dekat dengan keamatiran dalam ranah ilmiah, terlebih lagi masalah ini adalah masalah khilafiyah yang justru pendapat Al Hafizh As Suyuthi-lah yang lemah.
Lho siapa anda melemahkan pendapat Al Hafizh As Suyuthi ? Iya jelas saya bukan siapa-siapa, apalagi jika dibanding dengan Al Hafizh As Suyuthi rahmatullah ‘alaihi.
Thayyib, saya akan membawakan perkataan Al Imam An Nawawi Asy Syafi’i rahmatullah ‘alaihi dalam kitab beliau Syarah Shahih Muslim dalam perkara ini. Berhubung saya sedang malas mengetik tulisan beliau yang termaktub dalam kitab dengan tulisan Arab, maka saya mencukupkan untuk memfoto saja apa yang beliau katakan dalam masalah ini.
*Gambar pertama (terjemah matan dari Sahabat Anas) :

حدّثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا عَفَّانُ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ؛ أنَّ رَجُلاً قَالَ: يَا رسُولَ اللهِ، أيْنَ أَبِى؟ قَالَ: ” فِى النَّارِ “، فَلَمَّا قَفَّى دَعَاةُ فَقَالَ: ” إن أَبِى وَأبَاكَ فِى النّارِ “.

Dari Anas (bin Malik), bahwas ada seseorang bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, di manakah tempat ayahku (yang telah meninggal) sekarang berada?”
Beliau menjawab, “Di neraka.”
Ketika orang tersebut menyingkir berpaling, maka beliau memanggilnya lalu bersabda : “Sesungguhnya AYAHKU dan ayahmu DI NERAKA”
Al Imam An Nawawi rahmatullah ‘alaihi mengomentari hadits ini :

قَوْلُهُ (أَنَّ رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيْنَ أَبِي قَالَ فِي النَّارِ فَلَمَّا قَفَّى دعاه فقال إِنَّ أَبِي وَأَبَاكَ فِي النَّارِ) فِيهِ أَنَّ مَنْ مَاتَ عَلَى الْكُفْرِ فَهُوَ فِي النَّارِ وَلَا تَنْفَعُهُ قَرَابَةُ الْمُقَرَّبِينَ وَفِيهِ أَنَّ مَنْ مَاتَ فِي الْفَتْرَةِ عَلَى مَا كَانَتْ عَلَيْهِ الْعَرَبُ مِنْ عِبَادَةِ الْأَوْثَانِ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ وَلَيْسَ هَذَا مُؤَاخَذَةٌ قَبْلَ بُلُوغِ الدَّعْوَةِ فَإِنَّ هَؤُلَاءِ كَانَتْ قَدْ بَلَغَتْهُمْ دَعْوَةُ إِبْرَاهِيمَ وَغَيْرِهِ مِنَ الْأَنْبِيَاءِ صَلَوَاتُ اللَّهِ تَعَالَى وَسَلَامُهُ عَلَيْهِمْ وَقَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَبِي وَأَبَاكَ فِي النَّارِ هُوَ مِنْ حُسْنِ الْعِشْرَةِ لِلتَّسْلِيَةِ بِالِاشْتِرَاكِ فِي الْمُصِيبَةِ وَمَعْنَى قَفَّى ولى قفاه منصرفا

Dalam hadits ini terdapat penjelasan bahwa barang siapa yang MATI DIATAS KEKAFIRAN maka ia berada di neraka, tidak bermanfaat baginya kekerabatan. Dalam hadits ini juga terdapat penjelasan barang siapa yang mati dalam masa fatrah (masa jeda antara diutusnya dua nabi) dari kalangan orang Arab yang mereka menyembah berhala, maka ia adalah termasuk diantara penduduk neraka…. dst.
*Gambar kedua adalah penjelasan
hadits Abu Hurairah yang beliau berkata :

قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (اسْتَأْذَنْتُ رَبِّي أَنْ أَسْتَغْفِرَ لِأُمِّي فَلَمْ يَأْذَنْ لِي وَاسْتَأْذَنْتُهُ أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا فَأَذِنَ لِي)

 “Nabi pernah menziarahi kubur ibunya, lalu beliau menangis dan membuat orang yang berada di sampingnya juga turut menangis kemudian beliau bersabda, ‘Saya tadi meminta izin kepada Rabbku untuk memohon ampun baginya (ibunya) tetapi saya tidak diberi izin, dan saya meminta izin kepada-Nya untuk menziarahi kuburnya (ibunya) kemudian Allah memberiku izin. Berziarahlah karena (ziarah kubur) dapat mengingatkan kematian”. Saya hanya menterjemahkan tulisan yang saya tandai dengan stabilo dan garis
Al Imam An Nawawi rahmatullah ‘alaihi mengomentari hadits ini :

فِيهِ جَوَازُ زِيَارَةِ الْمُشْرِكِينَ فِي الْحَيَاةِ وَقُبُورِهِمْ بَعْدَ الْوَفَاةِ لِأَنَّهُ إِذَا جَازَتْ زِيَارَتُهُمْ بَعْدَ الْوَفَاةِ فَفِي الْحَيَاةِ أَوْلَى وَقَدْ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى وصاحبهما في الدنيا معروفا وَفِيهِ النَّهْيُ عَنِ الِاسْتِغْفَارِ لِلْكُفَّارِ قَالَ الْقَاضِي عِيَاضٌ رَحِمَهُ اللَّهُ سَبَبُ زِيَارَتِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْرَهَا أَنَّهُ قَصَدَ قُوَّةَ الْمَوْعِظَةِ وَالذِّكْرَى بِمُشَاهَدَةِ قَبْرِهَا وَيُؤَيِّدُهُ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي آخِرِ الْحَدِيثِ فَزُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرِكُمُ الْمَوْتَ /شرح النووي على مسلم (7/ 45)

Dalam hadits ini terdapat penjelasan tentang diperkenankannya menziarahi MUSYRIKIN tatkala mereka hidup dan menziarahi kuburan mereka pada waktu mereka telah wafat. Karena jika diperkenankan menziarahi mereka setelah wafat, maka twroebih lagi mengunjungi mereka ketika masih hidup. Allah berfirman : “Dan pergauilah mereka berdua (kedua ortu) dengan baik”. (Luqman : 15). Dalam hadits ini juga terdapat penjelasan larangan memohon ampunan untuk ORANG ORANG KAFIR. Al Qadhy ‘Iyadh berkata : Sebab ziarahnya beliau ke kuburan Ibunda beliau ialah bahwa beliau bermaksud menguatkan nasihat dan peringatan dengan cara melihat langsung kuburannya…..dst.

قَوْلُهُ (فَبَكَى وَأَبْكَى مَنْ حَوْلَهُ) قَالَ الْقَاضِي بُكَاؤُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى مَا فَاتَهَا مِنْ إِدْرَاكِ أَيَّامِهِ وَالْإِيمَانِ بِهِ/ شرح النووي على مسلم (7/ 46)

Adapaun perkataan Abu Hurairah (maka Nabi menangis dan membuat orang orang disekitar beliau menjadi menangis), maka Al Qadhy mengomentari : Tangisan beliau karena beliau tidak mendapati Ibunda beliau mendapatkan hari hari setelah datangnya Islam dan beriman kepada beliau.”
~selesai kutipan dari Syarah Shahih Muslim~
Maka perhatikanlah saudaraku ! Panutan dalam madzhab Syafi’i yaitu Al Imam An Nawawi dengan gamblang mengatakan bahwa kedua orang tua Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam mati dalam keadaan kafir, dan inilah pendapat para ulama lainnya
Hadanallahu wa iyyakum
***

شرح النووي على مسلم (3/ 79)

(باب بَيَانِ أَنَّ مَنْ مَاتَ عَلَى الْكُفْرِ فَهُوَ فِي النَّارِ)

(وَلَا تَنَالُهُ شَفَاعَةٌ وَلَا تنفعه قرابة المقربين)

قَوْلُهُ (أَنَّ رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيْنَ أَبِي قَالَ فِي النَّارِ فَلَمَّا قَفَّى دعاه فقال إِنَّ أَبِي وَأَبَاكَ فِي النَّارِ) فِيهِ أَنَّ مَنْ مَاتَ عَلَى الْكُفْرِ فَهُوَ فِي النَّارِ وَلَا تَنْفَعُهُ قَرَابَةُ الْمُقَرَّبِينَ وَفِيهِ أَنَّ مَنْ مَاتَ فِي الْفَتْرَةِ عَلَى مَا كَانَتْ عَلَيْهِ الْعَرَبُ مِنْ عِبَادَةِ الْأَوْثَانِ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ وَلَيْسَ هَذَا مُؤَاخَذَةٌ قَبْلَ بُلُوغِ الدَّعْوَةِ فَإِنَّ هَؤُلَاءِ كَانَتْ قَدْ بَلَغَتْهُمْ دَعْوَةُ إِبْرَاهِيمَ وَغَيْرِهِ مِنَ الْأَنْبِيَاءِ صَلَوَاتُ اللَّهِ تَعَالَى وَسَلَامُهُ عَلَيْهِمْ وَقَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَبِي وَأَبَاكَ فِي النَّارِ هُوَ مِنْ حُسْنِ الْعِشْرَةِ لِلتَّسْلِيَةِ بِالِاشْتِرَاكِ فِي الْمُصِيبَةِ وَمَعْنَى قَفَّى ولى قفاه منصرفا

شرح النووي على مسلم (7/ 45)

قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (اسْتَأْذَنْتُ رَبِّي أَنْ أَسْتَغْفِرَ لِأُمِّي فَلَمْ يَأْذَنْ لِي وَاسْتَأْذَنْتُهُ أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا فَأَذِنَ لِي) فِيهِ جَوَازُ زِيَارَةِ الْمُشْرِكِينَ فِي الْحَيَاةِ وَقُبُورِهِمْ بَعْدَ الْوَفَاةِ لِأَنَّهُ إِذَا جَازَتْ زِيَارَتُهُمْ بَعْدَ الْوَفَاةِ فَفِي الْحَيَاةِ أَوْلَى وَقَدْ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى وصاحبهما في الدنيا معروفا وَفِيهِ النَّهْيُ عَنِ الِاسْتِغْفَارِ لِلْكُفَّارِ قَالَ الْقَاضِي عِيَاضٌ رَحِمَهُ اللَّهُ سَبَبُ زِيَارَتِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْرَهَا أَنَّهُ قَصَدَ قُوَّةَ الْمَوْعِظَةِ وَالذِّكْرَى بِمُشَاهَدَةِ قَبْرِهَا وَيُؤَيِّدُهُ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي آخِرِ الْحَدِيثِ فَزُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرِكُمُ الْمَوْتَ

شرح النووي على مسلم (7/ 46)

106 – (977) حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ نُمَيْرٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، – وَاللَّفْظُ لِأَبِي بَكْرٍ وَابْنِ نُمَيْرٍ – قَالُوا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ، عَنْ أَبِي سِنَانٍ وَهُوَ ضِرَارُ بْنُ مُرَّةَ، عَنْ مُحَارِبِ بْنِ دِثَارٍ، عَنِ ابْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا، وَنَهَيْتُكُمْ عَنْ لُحُومِ الْأَضَاحِيِّ فَوْقَ ثَلَاثٍ، فَأَمْسِكُوا مَا بَدَا لَكُمْ، وَنَهَيْتُكُمْ عَنِ النَّبِيذِ إِلَّا فِي سِقَاءٍ، فَاشْرَبُوا فِي الْأَسْقِيَةِ كُلِّهَا، وَلَا تَشْرَبُوا مُسْكِرًا» قَالَ ابْنُ نُمَيْرٍ فِي رِوَايَتِهِ: عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ،

[شرح محمد فؤاد عبد الباقي]

 [ ش (وكنت نهيتكم عن النبيذ) يعني إلقاء التمر ونحوه في ماء الظروف إلا في سقاء أي إلا في قربة إنما استثناها لأن السقاء يبرد الماء فلا يشتد ما يقع فيه اشتداد ما في الظروف]

قَبْرَ أُمِّهِ فَبَكَى وَأَبْكَى مَنْ حَوْلَهُ فَقَالَ اسْتَأْذَنْتُ رَبِّي فِي أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَهَا فَلَمْ يؤذن لِي وَاسْتَأْذَنْتُهُ فِي أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا فَأَذِنَ لِي فَزُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمْ الْمَوْتَ) هَذَا الْحَدِيثُ وُجِدَ فِي رِوَايَةِ أَبِي الْعَلَاءِ بْنِ مَاهَانَ لِأَهْلِ الْمَغْرِبِ وَلَمْ يُوجَدْ فِي رِوَايَاتِ بِلَادِنَا مِنْ جِهَةِ عَبْدِ الْغَافِرِ الْفَارِسِيِّ وَلَكِنَّهُ يُوجَدُ فِي كَثِيرٍ مِنَ الْأُصُولِ فِي آخِرِ كِتَابِ الْجَنَائِزِ وَيُصِيبُ عَلَيْهِ وَرُبَّمَا كَتَبَ فِي الْحَاشِيَةِ رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ فِي سُنَنِهِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سُلَيْمَانَ الْأَنْبَارِيِّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عُبَيْدٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ وَرَوَاهُ النَّسَائِيُّ عَنْ قُتَيْبَةَ عن محمد بن عبيد ورواه بن مَاجَهْ عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي شَيْبَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عُبَيْدٍ وَهَؤُلَاءِ كُلُّهُمْ ثِقَاتٌ فَهُوَ حَدِيثٌ صَحِيحٌ بِلَا شَكٍّ قَوْلُهُ (فَبَكَى وَأَبْكَى مَنْ حَوْلَهُ) قَالَ الْقَاضِي بُكَاؤُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى مَا فَاتَهَا مِنْ إِدْرَاكِ أَيَّامِهِ وَالْإِيمَانِ بِهِ

[977] قَوْلُهُ (مُحَارِبِ بْنِ دِثَارٍ) هُوَ بِكَسْرِ الدَّالِ وَتَخْفِيفِ الْمُثَلَّثَةِ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا) هَذَا مِنَ الْأَحَادِيثِ الَّتِي تَجْمَعُ النَّاسِخَ وَالْمَنْسُوخَ وَهُوَ صَرِيحٌ فِي نَسْخِ نَهْيِ الرِّجَالِ عَنْ زِيَارَتِهَا وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ زيارتها

الكتاب: المنهاج شرح صحيح مسلم بن الحجاج

المؤلف: أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي (المتوفى: 676هـ)

***
Alhamdulillah ala kulli haal.. Pasti ada hikmahnya.
#########
Bismillah
Jazakumullahu khairan atas segala dukungan, support dari Asatidzah dan Ikhwan-ikhwan Salafiyah – Hafidzahumullah- dari berbagai daerah Di negeri tercinta Indonesia…
Terima kasih kepada Saudara-saudara kami dari Kalangan ASWAJA dan Habaib atas usaha mereka berletih-letih, panas-panasan dalam demonstrasi yang menghantarkan kami dan Dakwah Mubarakah ini dapat masuk ke Pemerintahan Kalimantan Timur secara resmi tanpa kami harus berdemonstrasi dan berletih-letih, Walhamdulillah.
– Kami bisa menyalurkan dan menyampaikan materi dan visi dakwah ini secara singkat.
– Kami bisa ber”silaturahmi” dengan Para Pejabat Pemerintahan, yang mungkin tanpa sebab dari mereka (yang berdemonstrasi) kami jadi saling mengenal dan saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.
– Kami bisa menyampaikan informasi berkenaan jadwal-jadwal kajian Dakwah Salafiyah di Samarinda
– Kami juga bisa sampaikan media-media dakwah (TV dan Radio-radio) yang terkenal dalam sekala Nasional yang mendukung Dakwah ini.
– Dukungan dan Support untuk Dakwah Kita dari Pihak Keamanan dari Polresta, Sat Intel, Dandim, Satpop PP dll.
– Dan Juga yang tidak kalah penting dan Utama, do’a dan dukungan dari orang tua kami, guru kami Ketua MUI Samarinda Al Ustadz KH. Muhammad Zaini Na’im. (Beliau juga sangat mendukung kedatangan Ust Firanda Andirja)
– dan juga hikmah-hikmah yang lain, yang tidak dapat kami paparkan semua disini.
Atas dasar nasihat dan masukan dari Bapak Kapolresta Samarinda dan yang lain maka kami sepakat untuk mengganti Ust Firanda Andirja dengan Ust Abu Qotadah – Hafidzahumullah-
Maka dari itu Kegiatan Tabligh Akbar akan tetap berjalan sebagaimana jadwal awal, yang Insya Allah akan diisi
Oleh Al Ustadz Abu Qotadah -Hafidzahullah- (Alumni Darul Hadits. Dammaj Yaman. Murid dari Al Muhaddits Muqbil bin Hadi . Pembina Ponpes Ihyaus Sunnah Tasikmalaya. Pengisi di RodjaTV)
Semoga Allah Subhanahu wa Ta a’la selalu menjaga Kota tercinta Samarinda, terkhusus kaum Musliminnya.
Dan Juga do’a kami untuk Para Pemimpin kami di Samarinda
Samarinda, 29 Juli 2016
Tertanda
Panitia Penyelenggara
TIM DAKWAH SUNNAH SAMARINDA
Yayasan Islam Minhajussunnah Samarinda
TOLONG BANTU SEBARKAN!!!
(nahimunkar.com)