Sebagian
penyeru taqlid beranggapan bahwa ajakan untuk berittiba’
kepada dalil (nash Al-Qur’an, As-Sunnah, dan ijma’) mengkonsekuensikan untuk
meninggalkan dan tidak memperdulikan seluruh perkataan ulama madzhab secara
mutlak. Anggapan ini keliru.
Asy-Syaikh
Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah telah membantahnya
dengan jawaban yang sangat bagus sebagai berikut :
إن هذا الزعم
أبعد ما يكون عن الصواب بل هو باطل ظاهر البطلان كما يبدو ذلك جليا من الكلمات
السابقات فإنها كلها تدل على خلافه وأن كل الذي ندعو إليه إنما هو ترك اتخاذ
المذاهب دينا ونصبها مكان الكتاب والسنة بحيث يكون الرجوع إليها عند التنازع أو
عند إرادة استنباط أحكام لحوادث طارئة كما يفعل متفقهة هذا الزمان وعليه وضعوا
الأحكام الجديدة للأحوال الشخصية والنكاح والطلاق وغيرها دون أن يرجعوا فيها إلى
الكتاب والسنة ليعرفوا الصواب منها من الخطأ والحق من الباطل وإنما على طريقة (
اختلافهم رحمة ) وتتبع الرخص والتيسير أو المصلحة - زعموا - وما أحسن قول سليمان
التيمي رحمه الله تعالى :
(إن أخذت برخصة كل عالم اجتمع فيك الشر كله)
رواه ابن عبد البر ( 2 / 91 - 92 ) وقال عقبة :
( هذا إجماع لا أعلم فيه خلافا )
فهذا الذي ننكره وهو وفق الإجماع كما ترى
وأما الرجوع إلى أقوالهم والاستفادة منها والاستعانة بها على تفهم وجه الحق فيما اختلفوا فيه مما ليس عليه نص في الكتاب والسنة أو ما كان منها بحاجة إلى توضيح فأمر لا ننكره بل نأمر به ونحض عليه لأن الفائدة منه مرجوة لمن سلك سبيل الاهتداء بالكتاب والسنة.
(إن أخذت برخصة كل عالم اجتمع فيك الشر كله)
رواه ابن عبد البر ( 2 / 91 - 92 ) وقال عقبة :
( هذا إجماع لا أعلم فيه خلافا )
فهذا الذي ننكره وهو وفق الإجماع كما ترى
وأما الرجوع إلى أقوالهم والاستفادة منها والاستعانة بها على تفهم وجه الحق فيما اختلفوا فيه مما ليس عليه نص في الكتاب والسنة أو ما كان منها بحاجة إلى توضيح فأمر لا ننكره بل نأمر به ونحض عليه لأن الفائدة منه مرجوة لمن سلك سبيل الاهتداء بالكتاب والسنة.
قال العلامة ابن
عبد البر رحمه الله تعالى ( 2 / 172 ) :
( فعليك يا أخي بحفظ الأصول والعناية بها واعلم أن من عني بحفظ السنن والأحكام المنصوصة في القرآن ونظر في أقاويل الفقهاء - فجعله عونا له على اجتهاده ومفتاحا لطرائق النظر وتفسيرا لجمل السنن المحتملة للمعاني - ولم يقلد أحدا منهم تقليد السنن التي يجب الانقياد إليها على كل حال دون نظر ولم يرح نفسه مما أخذ العلماء به أنفسهم من حفظ السنن وتدبرها واقتدى بها في البحث والتفهم والنظر وشكر لهم سعيهم فيما أفادوه ونبهوا عليه وحمدهم على صوابهم الذي هو أكثر أقوالهم ولم يبرئهم من الزلل كما لم يبرؤوا أنفسهم منه فهذا هو الطالب المتمسك بما عليه السلف الصالح وهو المصيب لحظه والمعاين لرشده والمتبع لسنة نبيه صلى الله عليه وسلم وهدي صحابته رضي الله عنهم
ومن أعف نفسه من النظر وأضرب عما ذكرنا وعارض السنن برأيه ورام أن يردها إلى مبلغ نظره فهو ضال مضل ومن جهل ذلك كله أيضا وتقحم في الفتوى بلا علم فهو أشد عمى وأضل سبيلا ).
( فعليك يا أخي بحفظ الأصول والعناية بها واعلم أن من عني بحفظ السنن والأحكام المنصوصة في القرآن ونظر في أقاويل الفقهاء - فجعله عونا له على اجتهاده ومفتاحا لطرائق النظر وتفسيرا لجمل السنن المحتملة للمعاني - ولم يقلد أحدا منهم تقليد السنن التي يجب الانقياد إليها على كل حال دون نظر ولم يرح نفسه مما أخذ العلماء به أنفسهم من حفظ السنن وتدبرها واقتدى بها في البحث والتفهم والنظر وشكر لهم سعيهم فيما أفادوه ونبهوا عليه وحمدهم على صوابهم الذي هو أكثر أقوالهم ولم يبرئهم من الزلل كما لم يبرؤوا أنفسهم منه فهذا هو الطالب المتمسك بما عليه السلف الصالح وهو المصيب لحظه والمعاين لرشده والمتبع لسنة نبيه صلى الله عليه وسلم وهدي صحابته رضي الله عنهم
ومن أعف نفسه من النظر وأضرب عما ذكرنا وعارض السنن برأيه ورام أن يردها إلى مبلغ نظره فهو ضال مضل ومن جهل ذلك كله أيضا وتقحم في الفتوى بلا علم فهو أشد عمى وأضل سبيلا ).
فهذا هو الحق ما
به خفاء فدعني عن بنيات الطريق
“Anggapan
ini jauh sekali dari kebenaran. Bahkan ia merupakan kebathilan yang sangat
nyata, sebagaimana hal itu tampak jelas dari kalimat-kalimat yang telah lalu.
Semuanya itu menunjukkan kebalikannya. Sesungguhnya semua yang kami serukan
hanyalah ajakan meningalkan madzhab-madzhab untuk dijadikan sebuah dien yang
menggantikan kedudukan Al-Kitab dan As-Sunnah, serta menjadikannya tempat
kembali ketika ada perselisihan atau tempat ber-istinbath (menyimpulkan
hukum) terhadap berbagai peristiwa yang baru, sebagaimana yang dilakukan oleh
orang-orang yang baru belajar fiqh (pemula) di jaman ini. Mereka
bersandar kepada madzhab-madzhab tersebut dalam meletakkan berbagai hukum baru
yang terkait dengan ahwaal syakhsiyyah (perkara perdata),
nikah, thalaq, dan yang lainnya; tanpa mengembalikannya kepada Al-Qur’an dan
As-Sunnah untuk mengetahui yang benar dan yang salah, atau yang haq dan
yang bathil. Mereka hanya mendasarkan perbuatan mereka dengan teori “ikhtilaaf
itu adalah rahmat”. Lalu mereka mengikuti berbagai rukhshah (keringanan), taisir (kemudahan),
atau mashlahat – yang mereka anggap. Oleh karena itu, sungguh
tepat apa yang dikatakan Sulaiman At-Taimiy rahimahullahu ta’ala :
“Apabila
engkau mengambil keringanan (rukhshah) dari setiap orang ‘alim, maka
terkumpullah padamu setiap keburukan”.
Diriwayatkan
oleh Ibnu ‘Abdil-Barr (2/91-92). Kemudian ia berkomentar :
“Ini
adalah satu ijma’ yang tidak aku ketahui adanya perselisihan
di dalamnya”.
Inilah
yang kami ingkari, dimana hal itu berkesesuaian dengan ijma’ sebagaimana yang
engkau lihat.
Adapun ruju’ (kembali)
kepada perkataan mereka (para ulama), mengambil faedah dalam memahami sisi
kebenaran dari apa yang mereka perselisihkan yang tidak ada nash-nya pada
Al-Qur’an dan As-Sunnah, atau dalam rangka memahami sesuatu yang membutuhkan
penjelasan; maka hal itu sama sekali tidak kami ingkari. Bahkan kami turut
memerintahkannya dan menganjurkannya, karena faedah yang ada padanya diharapkan
oleh orang yang menempuh jalan petunjuk dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Al-‘Allamah
Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullahu ta’ala berkata (2/172) :
“Wajib
bagimu - wahai saudaraku - untuk menjaga dan memperhatikan ushul (prinsip)
ini. Ketahuilah, bahwa orang-orang yang menjaga sunnah-sunnah dan hukum-hukum
yang di-nash-kan dalam Al-Qur’an, dan melihat berbagai perkataan fuqahaa’ –
yang kemudian ia jadikan sebagai penolong dalam ijtihadnya, pembuka jalan-jalan
penelitiannya, dan penjelas sunnah-sunnah yang mempunyai berbagai kemungkinan
makna – tanpa bersikap taqlid kepada seorang pun di antara
mereka sebagaimana layaknya ia ‘bertaqlid’ kepada nash-nash As-Sunnah yang
memang wajib diikuti dalam segala keadaan tanpa banyak pertimbangan/penelitian;
tidak merasa puas dengan apa yang telah diambil, dihafal, dan diperhatikan para
ulama; mengikuti mereka (para ulama) dalam pemahaman, pembahasan, dan
penelitian; berterima kasih kepada mereka atas berbagai faedah yang diberikan
dan berbagai peringatan mereka; serta memuji mereka atas kebenaran yang
mendominasi perkataan mereka; serta tidak membebaskan mereka dari segala
kesalahan/ketergelinciran sebagaimana mereka tidak membebaskan hal itu pada
diri mereka sendiri; maka dia adalah penuntut ilmu yang
berpegang teguh dengan apa yang as-salafush-shaalih berada di
atasnya. Dia adalah orang yang benar dalam hal penjagaannya (terhadap agama),
saksi atas petunjuk Allah bagi dirinya, dan muttabi’ (orang
yang mengikuti) atas sunnah Nabinya shallallaahu ‘alaihi wa sallam serta
para shahabatnya radliyallaahu ‘anhum.
Barangsiapa
memaafkan dirinya untuk melakukan penelitian, menyimpang dari apa yang telah
kami sebutkan, serta berpaling dari sunnah-sunnah kepada akalnya dan bermaksud
mengembalikannya kepada kadar pandangannya; maka ia adalah orang yang sesat dan
menyesatkan. Dan barangsiapa yang tidak mengetahui semua itu dan mencela fatwa
tanpa ada pengetahuan, maka ia adalah orang yang lebih buta dan lebih sesat
jalannya”.
Inilah
kebenaran yang tidak ada kesamaran
Biarkan
aku berada dalam jalan yang terang
[selesai
– Lihat : Shifat Shalat Nabi minat-Takbiiri ilat-Tasliimi Ka-annaka
Taraahaa, hal. 69-70; Maktabah Al-Ma’aarif, Cet. 2/1996 M, Riyadl].
Semoga
bermanfaat….
[Ditulis
oleh Abu Al-Jauzaa’ Al-Bogoriy, 6 Rajab 1430 H, Perumahan Ciomas Permai, Bogor
- Supported by : Ummu Humaid Al-Atsariyyah].
from=http://abul-jauzaa.blogspot.fr/2009/06/ittiba-kepada-dalil-bukan-berarti.html